Pengertian, Cara Kerja Lambung dan Fungsi Lambung pada Manusia

Pengertian, Cara Kerja Lambung dan Fungsi Lambung pada Manusia – Halo sobat pecinta pelajaran biologi, di dalam kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai salah satu organ pencernaan yang memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita yaitu lambung. Lambung disebut juga sebagai ventrikulus, organ yang berbentuk seperti buah manga ini terletak di bagian kiri bawah rongga perut. Ingin tahu lebih banyak mengenai organ pencernaan yang satu ini? Yuk kita simak bersama pembahasannya di bawah ini:

Struktur Lambung
Lambung terbagi atas empat bagian utama yakni:

  1. Bagian atas dimana terletak kardia yang merupakan jalur masuknya makanan yang berasal dari kerongkongan.
  2. Di bagian tengah terletak fundus yang bentuknya tampak membulat.
  3. Setelah bagian fundus terdapat badan lambung.
  4. Pada bagian paling bawah ada pilorus yang menghubungkan lambung dengan usus halus.

 Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar berikut:

Cara Kerja Lambung
Makanan yang telah dikunyah di dalam mulut kemudian ditelan dan dialirkan melalui kerongkongan sebelum akhirnya sampai di lambung. Ketika makanan tersebut sampai dilambung maka akan berlangsung proses pencernaan kimiawi. Di dalam lambung terdapat tiga lapisan otot yang bentuknya berbeda beda yaitu melingkar, menyerong, serta memanjang. Ketika ketiga otot terebut berkontraksi, maka akan terjadi gerakan peristaltik yang akan membantu proses pemecahan makanan ke dalam ukuran yang lebih kecil. Ketika otot lambung berkontraksi, maka makanan yang ada di dalam lambung akan teraduk dan bercampur dengan getah lambung yang dikeluarkan dari dinding lambung. Getah lambung tersebut tersusun atas air, enzim pepsin, enzim renin dan enzim lipase. Getah lambung ini bersifat sangat asam sehingga mampu mengubah makanan tadi menjadi lunak seperti bubur. Kemudian makanan yang sudah halus dan dicerna tersebut dikeluarkan sedikit demi sedikit oleh pilorus menuju usus halus. Setelah menjalani proses tersebut maka lambung akan menjadi kosong kembai dan baru akan bekerja lagi ketika ada makanan baru yang masuk.


Fungsi Lambung
Setela mengetahui bagaimana lambung bekerja mencerna makanan di dalam tubuh kita, sekarang mari kita simak fungsi yang dimiliki oleh lambung berikut ini:

1.    Tempat penampungan sementara makanan.
2.    Memecah dan menguraikan makanan menjadi beragam jenis zat gizi.
3.    Membantu proses penyerapan zat gizi ke dalam darah.
4.    Membuang bagian-bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Pengertian, Cara Kerja Lambung dan Fungsi Lambung pada Manusia- Itulah tadi rangkuman materi mengenai Struktur, Cara Kerja Lambung dan Fungsi Lambung pada Manusia. Untuk menjaga lambung agar tetap bisa bekerja dengan normal adalah dengan menjaga jadwal makan yang teratur. Mungkin kalian pernah mendengar mengenai penyakit maag. Penyakit tersebut dikarenakan lambung terlalu lama berada dalam kondisi kosong artinya tidak ada makanan yang dapat dicerna. Ketika lambung kosong, lambung tetap mengeluarkan getah lambung. Karena getah lambung bersifat asam, maka itu bisa melukai dinding lambung sehingga terjadilah penyakit maag. Oleh karenanya, kalian jangan sampai telat untuk makan setiap harinya agar terhindar dari masalah lambung seperti salah satunya adalah penyakit maag tersebut.
Pengertian, Cara Kerja Lambung dan Fungsi Lambung pada Manusia | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar