Pengertian Beserta Dengan Contoh Dari Kalimat Konotasi


Pengertian Beserta Dengan Contoh Dari Kalimat Konotasi - Kalimat merupakan gabungan dari beberapa kata yang tersusun secara sistematis yang mampu menghasilkan sebuah pengertian atau makna. Kalimat memiliki berbagai  jenis. Salah satu jenis dari kalimat yaitu kalimat konotasi. Di dalam pendidikan bahasa Indonesia kita pasti sering mendengar istilah tentang kalimat konotasi. Lalu sebenarnya apa sih yang di maksud dengan kalimat konotasi ini? Untuk anda yang belum memahami tentang kalimat konotasi ini silahkan di bukak serta di baca artikel saya ini karena di dalam artikel ini saya akan membahas tentang salah satu jenis dari kalimat yaitu kalimat konotasi. Dan bagi anda yang sudah memahami tentang kalimat konotasi ini, jika ingin membaca serta  menambah ilmu  tentang kalimat konotasi tidak ada salahnya jika anda juga membaca artikel ini, karena di dalam artikel ini akan di bahas secara lengkap mengenai kalimat konotasi beserta dengan contoh dari kalimat konotasi.

Di dalam artikel ini terdapat dua sub pokok pembahasan yaitu pertama-tama kita akan membahas tentang pengertian dari kalimat konotasi itu sendiri sedangkan yang kedua kita akan membahas tentang contoh dari kalimat konotasi. Baiklah sekarang langsung saja kita masuk pada pokok pembahasan yang pertama yaitu pengertian tentang kalimat konotasi. Kalimat konotasi  merupakan jenis kalimat yang dilihat dari sudut pandang makna yang dimiliki oleh sebuah kalimat. Kalimat Konotasi yaitu kalimat yang memiliki arti bukan yang sebenarnya (konotatif). Kalimat konotasi merupakan kalimat kiasan yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu kepada orang lain namun arti yang dimilikinya bukanlah arti yang sesungguhnya. Jika saya memberikan pembahasan tentang pengertian saja, apakah anda semua sudah memahami tentang kalimat konotasi ini?. Baiklah agar anda semua lebih memahami tentang kalimat konotasi ini saya akan memberikan beberapa contoh  yang akan diserta dengan pembahasannya.

Berikut beberapa contoh tentang kalimat konotasi yaitu :
  • Tomy adalah seorang pria yang panjang  tangan.
  • Panjang tangan yang terdapat di dalam kalimat di atas bukanlah tangan Tomy yang panjang, tangan panjang di sini memiliki arti bahwa suka mencuri. Jadi kalimat di atas memiliki arti bahwa Tomy adalah seorang pria yang suka mencuri barang milik orang lain.
  • Aini adalah seorang siswa kutu buku, ia selalu mendapat juara umum di sekolahnya.
  • Kutu buku di sini memiliki arti seseorang yang rajin, bukan kutu dari buku. Jadi kalimat di atas memiliki arti bahwa Aini adalah seorang siswa yang rajin, ia selalu mendapatkan juara umum di sekolahnya.
  • Karena besar kepala, anton tidak memiliki teman di lingkungannya.
  • Besar kepala bukanlah kepalanya yang besar, namun besar kepala di sini memiliki arti sombong. Jadi kalimat di atas memiliki arti bahwa karena sombong, Anton tidak memiliki teman di lingkungannya. 

  • Para tikus kantor, seharusnya mendapatkan hukuman yang berat.
  • Tikus kantor di sini bukanlah tikus yang berada di kantor-kantor. Tikus kantor di sini memiliki arti seornag koruptor. Jadi pengertin dari kalimat di atas yaitu para koruptor, seharusnya mendapatkan hukuman yang berat.
  • Desi adalah kembang desa di kota Bandung.
  • Kembang desa memiliki arti adalah seorang gadis yang tercantik di desa nya, bunga desa bukanlah bunga yang tumbuh di desa. Jadi kalimat di atas yaitu Desi adalah seorang gadis yang tercantik di kota Bandung.
Pengertian Beserta Dengan Contoh Dari Kalimat Konotasi - Berdasarkan penegrtian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa kalimat konotasi adalah sebuah kalimat yang memiliki arti bukan yang sebenarnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua yang kurang memahami tentang kalimat, khususnya tentang kalimat konotasi. Jika terdapat saran dan tambahan silahkan untuk di sampaikan. Demikian dan terimakasih.
Pengertian Beserta Dengan Contoh Dari Kalimat Konotasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar