Manfaat Air Bagi Tumbuhan, Hewan dan Manusia (Makhluk Hidup)


Manfaat Air Bagi Tumbuhan, Hewan dan Manusia - Di dalam kesempatan ini atau pada artikel kali ini akan menerangkan serta membahas manfaat air bagi tumbuhan, hewan, dan manusia. Kajian kali sangatlah penting bagi kita mungkin sebagian besar dari kita sudah banyak yang mengetahui manfat besar air bagi dunia ini. Air sangatlah bisa dikatakan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup baik itu tumbuh-tumbuhan, hewan sekaligus manusia. Tidak ada satupun makhluk hidup di dunia ini yang tidak memerlukan air. Supaya kita lebih memahami lagi dan bisa belajar untuk bersyukur terhadap air maka kita simak penjelasan-penjelasan berikut ini.

  • Manfaat air bagi tumbuhan
Seperti halnya kita manusia makhluk hidup lain yang sangat memerlukan air adalah makhluk hidup jenis tumbuhan. Tumbuhan memerlukan air untuk melakukan proses fotosintesis dan air merupakan hal yang paling penting di dalam proses fotosintesis. Karena di dalam proses fotosintesi air akan dibawa oleh akar ke dalam batang dan sampai ke daun. Berikut ini beberapa rincian kegunaan air bagi tumbuhan:
    • Air merupakan pelarut untuk proses masuknya mineral dari tanah ke tumbuhan tersebut.
    • Air juga merupakan sebagai pembentuk potoplasma pada tumbuhan
    • Air juga menghasilkan hidrogen ketika proses fotosintesis
    • Air juga berfungsi untuk rektan pada beberapa jumlah reaksi pada metabolism, misalnya pada siklus asam trikarboksilat
    • Air juga bisa menghasilkan tenaga mekanik pada proses pembesaran suatu sel karean air menjaga turgiditas pada sel
    • Air juga mengatur proses pergerakan membuka dan menutup di dalam stomata pada tumbuhan 
    • air juga berguna untuk membantu berlangsungnya respirasi serta  perpanjangan sel tumbuhan

Itulah ulasan tentang beberapa kegunaan air bagi tumbuhan. Bayngkan saja jika tumbuhan tidak menerima air dengan baik, tentunya tumbuhan tersebut akan menjadi mati. Selanjutnya adalah penjelasan tentang manfaat air bagi hewan.
  • Manfaat air bagi hewan
Air juga begitu memiliki peranan penting bagi makhluk hidup berjenis hewan. Tentunya peran yang sangat primer bagi hewan dalam hal menggunakan air untuk keberlangsungan hidupnya. Hewan juga memerlukan air sebagai kebutuhan primer yaitu minum. Hewan juga biasanya menggunakan air untuk mereka mandi hak ini sebagai kebutuhan sekunder bagi hewa. Serta hewan memerlukan bagi proses metabolisme yang ada di dalam tubuh mereka. Ada beberapa hewan juga sangatlah memerlukan air bagi tempat tinggalnya yaitu ikan serta hewan- hewan yang berjenis amfibi juga sebagian menggunakan air sebagai habitatnya.

  • Manfaat air bagi manusia
Manusia menempatkan air sebagai kebutuhan pokok yang harus diutamakan dalam keberlangsungan hidup. Manusia dan makhluk hidup lain tentunya sangatlah tergantung pada air. Manusia biasanya memanfaatkan air untuk diminum hal ini diperlukan untuk proses pencernaan dan metabolisme yang lebih baik. Jika manusia tidak mengonsumsi air dengan cukup maka proses metabolismenya terganggu dan akan terjadi dehidrasi. Selain untuk diminum manusia juga menggunakan air untuk berbagai banyak hal demi berlangsungnya kehidupan. Air digunakan untuk mandi, memasak, proses berkebun, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menunjang kehidupan manusia.

Manfaat Air Bagi Tumbuhan, Hewan dan Manusia - Yang perlu kita ingat kawan- kawan adalah air merupakan sumber kehidupan yang begitu penting tidak ada satu pun makhluk hidup di dunia ini yang bisa terlepas dari kebutuhan air tesebut. Mungkin kalau kita bisa bayangkan dunia tanpa air sudah pasti dunia ini akan binasa. Maka itu kawan- kawan semua semoga pembahasan tentang air tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa membuat kita lebih bersyukur dalam penggunaannya. Semoga bermanfaat ya kawan- kawan artikel ini. Terima Kasih.




Manfaat Air Bagi Tumbuhan, Hewan dan Manusia (Makhluk Hidup) | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar