Macam-Macam Akar Pada Tumbuhan dan Fungsinya

Macam-Macam Akar Pada Tumbuhan dan Fungsinya- Pernahkah teman-teman memperhatikan dari beberap jenis tanaman yang pernah teman-teman tanam memiliki bentuk akar yang berbeda-beda? Jika teman-teman suka berkebun, teman-teman pasti meperhatikan perbedaan pada bentuk akar pohon mangga, kelapa, anggrek, pohon beringin, serta bunga melati. Bebagai tanaman tersebut memiliki jenis akar yang berbeda-beda dan memiliki fungsi yan bebeda-beda pula bagi tanaman itu sendiri dan bagi makhluk hidup lain di sekitarnya.

Akar merupakan salah satu bagian tanaman yang memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi tanaman itu sendiri. Selain sebagai penyerap unsur hara tanah dan air, akar juga berfungsi sebagai penopang tanaman yang memperkokoh berdirinya tanaman serta menahan tanaman tersebut dari terjangan angin dan air hujan. Bagian dari tanaman yang tumbuhnya mengarah ke dalam tanah ini memiliki berbagai macam berdasarkan bentuknya dan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Berikut macam-macam akar berdasarkan bentuknya

  • Akar Tunggang
Akar tunggang adalah salah satu jenis akar yang paling banyak dimiliki oleh tumbuhan. Akar tunggang adalah akar pokok yang menghujam tegak lurus ke tanah. Akar tunggang sebenarnya adalah terusan dari batang yang secara vertical menembus tanah. Pada umumnya akar ini dimiliki oleh tumbuhan dikotil atau tumbuhan berkeping dua dan tumbuhan berbiji terbuka. Bila dibandingkan dengan jenis akar yang lain pad tumbuhan, akar tunggang terlihat lebih besar karena juga merupakan akar primer dan tumbuh besar mengujam ke dalam tanah. Sehingga, akar tunggang dapa berfungsi untuk memperkokoh tanaman, penyerap air, dan unsur hara pada tanah, sarana reproduksi, dan pada beberapa jenis tanaman, akar tunggang berfungsi untuk menyimpan makanan.
  • Akar Serabut
Akar serabut berbeda dari akar tungang, bila akar tunggang adalah akar primer yang tumbuh menghujam tanah, akar serabut merupakan akar samping yang tumbuh menyebar ke segala arah. Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah pada jenis tumbuhan monokotil seperti pohon jagung, kelapa, palem, anggrek, dan sebagainya. Akar serbut tumbuh seperti anyaman benang menyebar ke di bawah permukaan tanah. Sama seperti akar tunggang, akar serabut juga memiliki fungsi sebagai pengokoh tanaman yang memperkuat berdirinya tanaman dan menyerap air disekitar pohon.

Jenis-jenis akar lain berdasarkan fungsinya dikelompokkan sebagai berikut.
    • Akar Gantung
Berbeda dengan akar tunggang dan akar serabut yang tumbuh menghujam ke dalam tanah, akar gantung tumbuh di bagian batang atau ranting di bagian atas tanah dan menggantung di udara. Jenis akar ini akan terus tumbuh ke arah tanah hingga dapat mencapai tanah. Akar ini biasanya di temukan di pohon beringin dan tanaman anggrek. Akar ini berfungsi sebagai penyerap air dan gas yang ada di udara dan memiliki jaringan khusus untuk menimbun air atau udara di selaput felamen. Setelah mencapai tanah, akar ini akan berfungsi sebagai akar biasa yang menyerap air dan unsur hara pada tanah.
    • Akar Napas
Akar napas adalah akar yang tumbuh dari dalam tanah dan muncul di permukaan tanah berfungsii sebagai pembantu pernafasan tanaman. Akar napas biasanya tumbuh pada hutan-hutan rawa seperti akar pohon bakau (mangrove), tanaman bogem (Sonneratia sp), dan kayu apai (avicennia sp). Karena berfungsi sebagai pembantu pernafasan, akar ini biasanya memiliki pori-pori sebagai celah tempat masuknya udara.
    • Akar Penghisap
Akar penghisap adalah akar yang befungsi sebagai tempat melekatkan diri dan untuk menghisap sari-sari makanan dari tumbuhan yang dilekatkan. Akar jenis ini biasanya tumbuh pada tumbuhan parasit seperti benalu.
    • Akar Pelekat
Akar pelekat seperti pada tanaman siri, merica, tanaman buah naga, beberapa jenis anggrek, dan tanaman memanjat lainnya. Akar pelekat adalah akar yang tumbuh disepanjang batang dan melekat pada batang pohon, kayu, atau tembok yang dirambatinya.  Akar jenis ini berfungsi sebagai penobang daun, perapan air,  tempat pembentukan daun, dan sebagai sarana mendapatkan makanan.
    • Akar Bangir
Akar bangir adalah akar yang berbentuk seperti papan menonjol di bagian pangkal pohon berukuran lebih besar dari batang pohonnya. Akar bangir memiliki fungsi untuk membantu tegak berdirinya batang tumbuhan. Kebanyakan pohon yang memiliki akar jenis ini adalah pohon yang tumbuh di hutan tropis. Contoh: Pohon kenari dan pohon randu.

Macam-Macam Akar Pada Tumbuhan dan Fungsinya- Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis akar tanaman dan penjelasannya beserta fungsinya bagi tanaman. semoga penjelasan tersebut memberikan tambahan wawasan bagi teman-teman dalam memahami tanaman.
Macam-Macam Akar Pada Tumbuhan dan Fungsinya | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar