Macam - macam adaptasi morfologi pada tumbuhan


Macam - macam adaptasi morfologi pada tumbuhan - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam- macam adaptasi morfologi pada tumbuhan. Kawan- kawan mungki pasti masih ada yang ingat ataupun juga ada yang lupa karena pada pembahasan atau materi tentang adaptasi kita sudah pernhah mengulas tentang adaptasi fisiologi yang telah lalu tersebut. Nah kali ini kawan- kawan masih akan diberikan seputar kajian mata pelajaran biologi yaitu tentang adaptasi morfologi. Namun jenis adaptasi morfologi yang akan kita bahas masih tentang adaptasi morfologi pada tumbuhan bukan adaptasi morfologi terhadap hewan atau manusia. Mari kita mulai pembahasannya ya kawan- kawan, sebelum menjelaskan atau memberikan macam- macam adaptasi morfologi yang terjadi pada tumbuhan ada baiknya kita harus tahu tentang pengertian dari adaptasi morfologi tersebut. Berikut ini ulasan lengkapnya:
  • Pengertian adapatasi Morfologi
Pada dasarnya sebagai maklhuk hidup di bumi ini tentunya kita memerlukan yang namanya adaptasi untuk mempertahankan hidup dan terhindar dari kepunahan. Pada zaman dahulu kala Dinosaurus merupakan makhluk hidup yang tinggal di bumi ini, namun karena Dinosaurus tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya dalam mempertahankan hidup makanya mereka mengalami kepunahan. Jadi adaptasi merupakan penyesuaian diri yang dilakukan individu atau sekelompok makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi ini sangat diperlukan sesuai dengan kondisi yang ada di bumi. Tentunya bumi kita yang kita tempati ini memiliki sifat atau karakterisitik yang berbeda- beda di setiap wilayahnya. Ada tempat di bumi ini yang beriklim dingin, panas, gersang, lembab, dan iklim ekstrim lainnya. Kalau kita amati Tuhan sudah memberikan ciri khusus dari makhluknya agar bisa beradaptasi dengan lingkungannya misalnya beruang kutub yang Tuhan ciptakan dengan bulu yang tebal agar tahan dingin dan bisa beradaptasi dengan iklim di kutub sana. Lalu apa yang dimaksud dengan adaptasi morfolgi dan apa saja macam-macam dari aaptasi morfologi terhadap tumbuhan?
Yang dimaksud dengan adap tasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh atau alat- akat tubuh yang ada di makhluk hidup tertentu agar dapat menyesuaikan atau bertahan hidup sesuai dengan lingkungan hidupnya. Jadi jika lingkungan hidup yang berbeda tentunya akan membuat adaptasinya berbeda pula.


Lalu macam-macam adaptasi morfologi terhadap tumbuhan ada beberapa karena hal ini dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggalnya. Ada tumbuhan yang tinggal di daerah air, kering, dan lembap. Berikut ini macam- macam adaptasi morfologi terhadap tumbuhan berdasarkan tempat tinggalnya:

  • Adaptasi morfologi tumbuhan yang hidup di daerah air
Pada dasarnya tumbuhan yang hidup di air atau hidrofit memiliki rongga antar sel yang berisi udara, hal ini digunakan agar mereka dapat mengapung di daerah air sedangkan ciri- ciri daunnya berukuran lebar dan tangka daun yang mengembung karena berisi udara. Contoh tumbuhan ini adalah tumbuhan eceng gondok yang biasa di sungai, atau di danau.

Lalu ada juga tumbuhan yang terendam di dalam air memiliki dinding sel yang begitu serta tebal karena untuk perlindungan atau pengurangan proses osmosis ke dalam sel. Conto- contoh dari tumbuhannya adalah vallisneria dan hydrilla

sedangkan untuk tumbuhan teratai dan kangkung memiliki rongga udara dalam batang tangkai daun yang membuat tidak tenggelam dalam air sehingga tetap muncul dipermukaan air. Lalu tumbuhan bakau yang tinggal di daerah pasang surut air memiliki ciri khas yaitu memiliki perakaran yang lebat serta kuat agar tidak rusak atau roboh ketika ada ombak besar.

  • Adaptasi morfologi tumbuhan yang hidup di daerah kering
Pada adaptasi ini di daerah kering atau yang disebut xerofit memiliki beberapa ciri-cirinya adalah sebgai berikut. Pada batangnya tebal memiliki jaringan spons yang digunakan untuk menyimpan air dan akarnya panjang mempunyai jangkauan yang begitu luas. Sedangkan seluruh permukaan tubuhnya termasuk daunnya tertupi oleh lapisan lilin atau juga yang disebut kutikula. Hal ini terjadi supaya tidak akan terjadi penguapan air yang dalam jumlah besar. Dan bentuk daunnya pada tumbuhan ini memiliki bentuk yang tebal, sempit dan terkadang berubah menjadi duri atau bahkan tidak memiliki daun hal ini terjadi karena proses penguapan akan semakin sedikit. Contoh dari tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan lingkungan kering adalah tumbuhan kaktus.

  • Adaptasi morfologi tumbuhan yang hidup di daerah lembap
Tumbuhan yang hidup di daerah lembap atau biasa yang disebut juga dengan higrofit. Salah satu contoh tumbuhan higrofit adalah tumbuhan keladi yang beradaptasi karena memiliki ciri- ciri tampak daunnya tipis dan lebar serta permukaan daun mempunyai stomata atau mulut daun hal ini supaya dapat mempercepat proses penguapan.

Macam - macam adaptasi morfologi pada tumbuhan - Demikianlah tadi penjelsan tentang macam-macam adaptasi morfolgi terhadap tumbuhan. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang ingin mencari informasi tentang materi macam- macam adaptasi morfologi pada tumbuhan. Terima kasih.
Macam - macam adaptasi morfologi pada tumbuhan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar