Langkah - Langkah Membaca Cepat

Membaca adalah salah satu kegiatan yang paling sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. dalam seharinya mungkin ribuan kata telah kita baca, mulai dari membaca koran, internet, buku, dan lain sebagainya. apakah saat kita membaca dan kita telah mnegerti texbook sudah menjadi pembaca yang  baik? Menurut saya sih tidak., karena menjadi pembaca yang baik itu melakukan kegiatan membaca yang cepat dan efisien tanpa mengurangi inti sari dari apa yang kita baca. Jika ingin menjadi seorang pembaca yang baik, maka hrus mampu melakukan baca cepat. Jika anda tidak mampu melakukan baca cepat maka waktu anda akan terbuang dengan sia-sia hanya untuk melakukan kegiatan membaca saja.  Saya akui, memang tidak semua orang mampu melakukan kegiatan membaca cepat tanpa menghilangkan inti sari dari apa yang kita baca. Nah, maka dari itu dalam artikel ini saya akan membantu anda semua yang kurang  mengerti atau bahkan sama sekali tidak mengetahui cara membaca dengan cepat, saya akan memaparkan pembahasan tentang pengertian dari membaca dengan cepat serta langkah-langkah membaca dengan cepat tanpa menghilangkan inti sari dari apa yang kita baca.

Membaa cepat dapat diartikan suatu tekhnik dalam mbamca yang berguna untuk mendapatkan sebauh informasi dengan cara membaca langsung pada permasalahan atau fakata yang dicari. Membaca cepat dilakuakn dengan cara membaca di dalam hati tanpa ada suara yang keluar dari mulut. Adapun tujuan dari membaca dengan cepat yaitu dapat menghasilkan suatau informasi dalam waktu yang singkat dengan pemahaman yang mendalam. Dalam melakukan baca cepat ini memiliki tingkatan-tingkatan, tergantuk berapa lama kita membutuhkan waktu uuntuk membaca. Jika kita membutuhkan waktu membaca dalam hitugan menit maka dapat disingkat dengan istilah KM.  Untuk menghitung kecepatan membaca memiliki rumus tersendiri. Adapun rumus untuk menghitung kecepatan membaca yaitu : kecepatan =(jumlah kata/jumlah detik ) X 60-= ....... kata permenit.

Terdapat beberapa hal yang perlu dihindari saat  sedang melakukan membaca cepat, adapun hal yang harus dihindari yaitu kita tidak boleh membaca per kata melainkan harus terbiasa dengan membaca menurut kelompok kata saja. Yang kedua yang harus dihindari  yaitu tidak boleh mengulang kata atau kalimat yang telah dibaca, tidak boleh berhenti lama di awal kalimat ataupun paragraf, cari kata kunci yang dapat digunakan untuk menjadi ide pokok dalam kalimat. Sedangkan yang terakhir yaitu abaikan kata-kata lugas yang sifatnya berulang.  Dalam membaca cepat itu bukan hanya sekedar membaca melainkan terdapat tekhinik atau cara-caranya.

Berikut beberapa cara membaca dengan  cepat yaitu :

  • Hal yang paling utama jika akan melakukan membaca cepat yaitu kita harus rileks dan tanpa tekanan dari pihak manapun. Buatlah dirimu senyaman mungkin saat kamu akan melakukan membaca cepat.
  • Tentukan tujuan anda, maksudnya yaitu anda terlebih dahulu harus menentukan tujuan untuk membaca sebuah bacaan tersebut.
  • Kenali terlebih dahulu materi bacaan yang akan anda baca sebelum anda memulai membaca cepat.
  • Kenali terlebih dahulu ide pokok nya, jangan sampai anda terjebak di dalam detail. Jangan sampai anda memiliki prinsip anda akan menghapal bukan membaca karena sesuatu yang di hapal akan cepat lupa sedangkan sesuatu yang di baca dan di pahami akan sulit untuk dilupakan. Saat anda melakukan membaca cepat kuasai ide pokok terlebih dahulu sehingga anda akan mendapatkan pemahaman tentang apa yang dibaca. Jika dalam menguasai detail anda mengalami kebingungan maka tinggalkan terlebih dahulu karena banyak orang yang terjebak di sini dan mereka membaca secara berulang-ulang.
  • Hindari kebiasaan buruk dalam membaca, seperti membaca dengan bersuara, menggerak-gerakan bibir,tangan dan kepala Serta mengulang-ngulang apa yang telah dibaca.
  • Kenali beberapa kata sekaligus. Dalam membaca cepat  kita harus terbiasa dengan mebaca dua kata sekaligus atau bahkan lebih  bukan perkata.
  • Lakukan pergerakan mata dengan cepat, saat melakukan membaca cepat mata kita dituntut untuk lebih jeli dalam melihat satu baris ke baris lainnya, satu paragraf ke paragraf lainnya bahkaan dari satu halman  ke halaman berikutnya. Apabila mata lebih cepat untuk melihat, maka otakpun akan lebih cepat untuk memahami apa yang dibaca.
Nah, demikianlah pembahasan tentang cara membaca cepat. Cara membaca cepat itu memiliki tujuh langkah yaitu rileks, tentukan tujuan, kenali materi yang akan dibaca, kenali ide pokok, hindari kebiasaan buruk dalam membaca , kenali beberapa kata sekaligus dan yang terakhir yaitu lakukan pergerakan mata dengan cepat. Semoga dengan adanya pembahasan tentang langkah-langkah membaca dengan cepat dapat berguna untuk kita semua. Terimakasih. 


Langkah - Langkah Membaca Cepat | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar