Jenis - jenis tumbuhan karnivora (pemakan serangga)


Jenis - jenis tumbuhan karnivora (pemakan serangga) - Pada pembahasan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang jenis- jenis hewan berdasarkan makanannya yaitu herbivora dan karnivora. Di dalam pembahasannya sudah dijelaskan pengertian, jenis- jenis, dan contoh-contoh hewan yang merupakan karnivora serta herbivora. Nah kawan-kawan tahukah kamu ternyata ada jenis makhluk hidup yang merupakan kingdom tumbuhan masuk ke dalam golongan karnivora atau pemakan serangga? ada yang tahu apa saja jenis- jenisnya beserta contoh-contohnya?

Pada artikel ini kita akan fokuskan tentang kajian biologi yang terkait tentang jenis-jenis tumbuhan yang merupakan pemakan serangga atau juga karnivora dan juga sebutan lainnya adalah insectivora. Tidak seperti halnya tumbuhan lainnya memang jenis tumbuhan ini nampak beda yaitu dari jenis makanannya. Lalu apa sajakah dari jenis-jenis tumbuhan tersebut?


Mari kita bahas yang merupakan jenis-jenis tumbuhan pemakan serangga tersebut atau tumbuhan golongan karnivora serta juga bisa disebut insectivora. Berikut ini jenis-jenisnya:
  • Tumbuhan Kantong Semar
Pastinya kalau kalian tinggal di pulau Sumatera atau Kalimantan akan sering menjumpai atau menemukan salah satu tumbuhankantong semar yang merupakan tumbuhan karnivora. Kantong semar memiliki nama latin yaitu Nepenthes. Indonesia merupakan salah satu negara yang merupakan tempat hidup atau populasi yang besar. Kantong semar merupakan jenis tumbuhan parasit artinya tumbuhan kantong semar ini hidupnya menjadi parasit tumbuhan lain dan kantong semar bisa memiliki tinggi 15-20 meter dengan cara hidup parasitnya tersebut. Kantong semar memiliki daun yang menyerupai sebuah kantong dan merupakan alat untuk memangsa serangga yang datang untuk melanjutkan hidupnya. Proses kantong semar dalam memangsa mangsanya adalah dengan menghasilkan aroma harum sehingga membuat beberapa serangga hinggap di pinggiran daun yang berbentuk kantong tersebut. Lalu ketika serangga itu terpeleset masuk ke dalam tumbuhan kantong semar dan akan dicerna oleh cairan yang ada di dalamnya dan dari serangga tersebut akan diambil nutrisi-nutrisinya.

  • Tumbuhan kincir air
Tumbuhan juga merupakan salah satu jenis dari tumbuhan yang tergolong karnivora. Tanaman ini adalah tanaman yang tidak memiliki akar dan hidup di air. Tanaman ini memiliki daun perangkap yang dapat memanjang hingga mencapai 2-3mm tumbuh dari 5-9, Tumbuhan kincir air memiliki sebuah perangkap yang melekat pada petioles, merupakan kandungan yang berupa udara hal ini untuk membantu dalam pengapungan di air. Perangkap yang dimiliki tumbuhan kincir air tersusun  dari dua lobus yang sama untuk membuat perangkap menjadi menutup, Bukan dari perangkap keluar titik, dan cakupannya di dalam lapisan yang memicu rambut, proses ini dapat menyebabkan suatu perangkap atau jebakan untuk bertepuk menutup saat setiap mangsa yang datang dengan jarak yang terlalu dekat. Tumbuhan kinci air mempunyai kecepatan perngkapnya dalam menutup untuk memangsa mangsanya adalah 10 mili/detik ini merupakan gerakan yang tercepat sehingga bisa memangsa dari jenis serangga.

  • Tumbuhan venus flytrap
Dionea muscipula merupakan nama latin yang dimiliki oleh tumbuhan ini. Tumbuhan venus flytrap merupakan salah satu jenis tumbuhan karnivora atau pemangsa yang memiliki ukuran kecil dan hidup merambat di tumbuhan lainnya. Sebagai perangkap dari mangsanya tumbuhan ini mempunyai daun yang berbentuk sepasang lobus yang seperti engsel. Untuk menarik perhatiannya yang berupa serangga, tumbuhan ini mempunyai cairan berlendir yang dikeluarkan dari ujung daunnya yang mana juga ciri lain dari tumbuhan ini permukaan dari dalam lobus mengandung pigmen yang memproduksi warna merah tersebut. Ketika menutup daunnya di saat mangsa tertangkap, tumbuhan ini hanya membutuhkan waktu satu detik saja. Tumbuhan ini memiliki tonjolan-tonjolan berbentuk duri yang ada di sisi-sisi daunnya berfungsi mengunci mangsa di dalam lobus tersebut dan tidak akan bisa keluar lagi semakin mangsanya ingin keluar makin akan membuat cepat mati. Tumbuhan ini memangsa serangga untuk diambil nitrogennya.

Jenis - jenis tumbuhan karnivora (pemakan serangga) - Itulah tadi kawan- kawan beberap jenis- jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam golongan karnivora atau pemakan serangga. Kalau kita pahami dari penjelasannya tentunya kita kagum akan tumbuhan- tumbuhan karnivora tersebut karena memiliki teknik dan kecepatan memangsa yang luar biasa. Semoga pembahasan ini menjadi ilmu penegtahuan yang bermanfaat bagi kita ya kawan-kawan. Terima kasih
Jenis - jenis tumbuhan karnivora (pemakan serangga) | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar