Jenis - Jenis Puisi lama dan Pengertian lengkap


Jenis - Jenis Puisi lama dan Pengertian lengkap - Pada artikel kali ini kita akan bicara tentang puisi. Mungkin kata puisi sudah terdengar tidak asing di telinga kita. Atau mungkin dari kawan- kawan semua sudah pernah membaca atau bahkan membuat sebuah puisi terutama bagi kawan- kawan yang menyenangi sebuah karya sastra pastinya puisi menjadi salah satu media untuk mengekspresikan atau mengungkapkan suatu ide, gagasan, emosi, atau semua rasa yang ada di dalam diri kita. Nah tahukah kawan- kawan apa itu puisi menurut pengertiannya.  Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang puisi lama mulai dari pengertiannya sampai jenis- jenis dari puasa lama tersebut.  Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya puisi merupakan salah satu jenis karya sastra. Di dalam puisi karya sastra ini diungkapan melalui kata- kata indah yang mewakili suatu gagasan atau ide, emosi dan perasaan dari si pembuat puisi tersebut yang disusun atau terikat dengan irama, ritma, rima, bait, larik dan ditandai dengan bahasa kiasan yang padat.

Dalam sejarahnya puisi sudah ada dari zaman kerajaan terdahulu. Hampir di semua suku yang ada di Indonesia dalam adat istiadatnya banyak mempunyai ciri khas sendiri dalam penggunaan karya satra ini. Puisi pada zaman dahulu telah dipergunaka atau diwariskan dari turun- temurun oleh nenek moyang dalam acara- acara adat seperti pernikahan. Biasanya puisi yang digunakan adalah berupa pantun dan pantun merupakan salah satu dari jenis- jenis puisi lama.
Tentunya kita sudah mengenal dua jenis puisi yang ada yaitu puisi lama dan puisi baru. Selanjutnya kita hanya akan fokus pada penjelasan tentang puisi lama. Pada pengertiannya puisi lama merupakan puisi yang terikat dengan rima, atau jumlah baris yang kemudian padat makna. Rima atau juga bunyi akhiran yang tersusun.

 Adapun aturan- aturan pada puisi lama akan diuraikan atau dijelaskan sebagai berikut:
  • Pada puisi lama hanya tergantung atau mempunyai keterikatan dari jumlah barisnya baik ada 2, 4, ataupun lebih.
  • Masih dibatasi dengan jumlah suku kata dan rima
  • Sangat dibatasi atau memiliki keterikatan jumlah baris dalam satu bait
  • Serta sangat tergantung dengan irama.

Pada puisi dapat kita identifikasi atau kita lihat pada ciri- ciri yang ada. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Biasanya di dalam puisi lama tidak diketahu siapa yang mengarang atau membuat puisi tersebut dan puisinya bertema tentang kerakyatan.
  2. Dalam penyebarannya puisi lama tersebar secara lisan. Sehingga puisi lama tergolong sebagai suatu karya sastra lisan.
  3. Di dalam isinya puisi lama masih sangatlah terikat dari jumlah suku kata, persajakan, rima, dan lain- lainnya.


Jenis- jenis puisi lama:
Ada beberapa jenis- jenis puisi lama diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Pantun adalah jenis puisi lama yang memiliki aturan pada baitnya terdiri 4 baris dan di 2 baris pertamanya merupakan sampiran dan di dua baris keduanya merupakan isinya.
  • Talibun adalah sejenis pantun namun memiliki jumlah baris yang genap seperti 6, 8, 10 dst. Seandainya satu bait berisi delapan baris, susunannya empat sampiran dan empat isi
  • Mantra merupakan salah satu jenis karya satra tergolong puisi lama yang berisikan ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan ghaib.
  • Karmina Merupakan karya satra puisi lama yang terdiri dari dua baris dan memiliki rima aa atau bb. Pada karmina biasanya membicarakan tentang kepahlawanan atau epic dan tidak memiliki sampiran melainkan semuanya isi. Karmina juga seperti pantun tetapi lebih pendek.
  • Gurindam merupakan puisi lama yang mana pada tiap bait terdiri dari 2 baris, bersajakkan a-a-a-a, dan dalam isi kandungannya adalah nasihat.
  • Syair bersumber dari Arab merupakan karya sastra dengan ciri tiap bait 4 baris, bersajak a-a-a-a, berisi nasihat atau sebuah cerita. Syair memiliki 4 baris yang mana dari ke empat barisnya mengandung maksud atau arti dari sang penyair tersebut.
  • Seloka sebetulnya mirip dengan pantun tetapi memiliki rima yang berbeda. Dalam hal ini, jumlah baris seloka biasanya lebih dari 4 baris.

Jenis - Jenis Puisi lama dan Pengertian lengkap - Itulah tadi ulasan tentang pengertian puisi lama dan jenis- jenisnya kawan- kawan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua. Aamiin. Terima Kasih.
Jenis - Jenis Puisi lama dan Pengertian lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar