Jenis - jenis otot pada manusia beserta fungsinya


Jenis - jenis otot pada manusia beserta fungsinya - Pembasan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian, fungsi, jenis-jenisnya dan ciri-ciri otot manusia. Sebelum pembhasan jenis-jenis otot manusia. Tahukah kalian apa itu pengertian atau yang dimaksud dengan otot itu sendiri ?... pengertian atau penjelesan tentang otot adalah otot merupakan jaringan yang terdapat di dalam tubuh manusia dan hewan yang melekat pada tulang yang dapat menyebabkan tulang dapat bergerak. Otot juga disebut sebagai alat gerak aktif tentunya Otot bekerja dengan cara berkontraksi dan beleraksasi. Setelah kita tahu apa itu oto berikut ini akan diuraikan tentang fungsi otot dan jenis-jenisnya:
  1. Fungsi Otot pada Manusia adalah menjalankan serta melaksanakan kerja contohnya disaat berjalan, mengangkat, dan memegang. Fungsi otot selanjutnya adalah dapat menggerakkan jantung  serta dapat mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat baik itu nutrisi, oksigen dan lain-lain.
  2. Jenis-jenis Otot Pada Manusia
Pada dasarnya ada 3 jenis otot manusia yakni otot polos,otot lurik, dan otot jantung adapun penjelesannya akan dijelaskan seperti yang ada dibawah ini.
 
Gambar di atas merupakan gambar dari ketiga jenis otot yaitu; otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

  • Otot Polos
Otot Polos merupakan otot yang bekerja tanpa kesadaran kita karena dipengaruhi oleh sistem saraf tak adar atau juga yang disebut saraf otonom. Otot polos disusun oleh sel-sel yang berbentuk gelendong yang mana kedua ujungnya runcing serta mempunyai 1 inti sel.
Ciri-ciri Otot Polos
  1. Waktu kontraksi antara 3 sampai 180 detik
  2. Bentuk dari otot polos seperti perahu
  3. Terletak pada organ dalam
  4. Memiliki satu inti sel yang berada ditengah
  5. Pergerakannya dari otot polos lambat, dan mudah lelah
  6. Dipengaruhi oleh saraf otonom
  7. Otot polos biasanya berada pada bagian usus, saluran peredaran darah, otot di saluran kemih, 
  8. Tidak diperintah oleh otak atau tidak dipengaruhi oleh otak 

B. Otot Lurik
Otot lurik merupakan otot yang dapat menempel pada rangka tubuh manusia yang digunakan untuk pergerakan dimana otot lurik yaitu otot yang bekerja dibawah kesadaran atau juga yang disebut volunter. Otot lurik juga dinamakan otot rangka karena otot lurik menempel pada rangka. Dan juga dinamakan otot lurik karena adanya sisi gelap terang yang berselang seling.
Ciri-Ciri Otot Lurik
  1. Bentuk selindris dengan garis gelap terang
  2. Melekat pada rangka
  3. Bekerja secara sadar dengan perintah otak
  4. Cepat dan mudah lelah
  5. Bentuk yang panjang dan memiliki banyak inti sel (multi sel)
  6. Mempunya pigmen mioglobin
  7. Inti sel yang berada di tepi
C. Otot Jantung
Otot jantung atau dengan nama lain myocardium merupakan otot yang bekerja secara terus menerus tanpa berhenti. Otot jantung adalah perpaduan antara otot lurik dan otot polos karena adanya persamaan yang ada pada otot jantung misalnya, memiliki sisi gelap terang dan inti sel yang berada ditengah. Otot jantung juga berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot Jantung bekerja dibawah kesadaran manusia saraf yang memengaruhi otot jantung adalah saraf simpatik dan parasimpatik.

Ciri-Ciri Otot Jantung
  1. Otot jantung yang berbentuk silindris
  2. Memiliki percabangan disebut sinsitium
  3. Otot Jantung terletak pada jantung
  4. Memiliki satu Inti sel yang berada ditengah
  5. Bekerja tampa kesadaran manusia

 Jenis - jenis otot pada manusia beserta fungsinya - Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis otot dan fungsinya pada manusia. Semoga dapat bermanfaat dan bisa saling membagi atau share ke sobat lainnya ya. Terima kasih..

Jenis - jenis otot pada manusia beserta fungsinya | Widia Muliadi | 5

1 komentar: