Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang

Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang - Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki tulang belakang atau disebut juga vertebrata. Inilah yang menyebabkan kita bisa berdiri tegak. Tulang belakang yang menegakkan kita ini bersifat kuat tetapi lentur. Banyak sekali tugas yang harus ditanggung oleh tulang belakang. Hampir dua pertiga dari berat badan kita ditopang oleh tulang belakang. Selain itu, tulang belakang juga berfungsi melindungi saraf-saraf yang berada pada tulang belakang ini. Tulang-tulang yang terdiri dari 33 ruas ini membentuk kesatuan yang memanjang dan membentuk sumbu tubuh dan menopang tengkorak.  Dari ke 33 ruas tulang belakang yang mampu menopang berat badan ini kita dapat membaginya menjadi beberapa bagian. Berikut penjelasan bagian-bagian tulang belakang dan fungsinya.
  •  Tulang leher
Bagian tulang belakang yang paling atas ini terdiri dari 7 ruas dengan fungsi untuk menyokong kepala yang memiliki berat kira-kira 10 kilogram. Ketujuh tulang ini mampu melakukan gerakan dengan leluasa karena ada dua ruas tulang khusus yang terhubung ke tengkorak. Ketujuh tulang leher ini diberi nama C1 hingga C7. Tulang leher paling atas (C1) atau yang disebut tulang atlas, memiliki persendian yang memungkinkan melakukan gerakan mengangguk. Sedangkan C2 memiliki persendian yang mampu melakukan gerakan menggeleng.
  • Tulang Dada
Tulang dada berada dibawah tulang leher dan memiliki jumlah ruasnya 12 ruas. Kedua belas tulang ini diberi nama T1 sampai T2. Fungsi dari kedua belas ruas tulang ini adalah untuk melindungi organ dada. Pergerakan pada 12 ruas tulang ini sangat terbatas.

  • Tulang Lumbar
Tulang lumbar berada di bawahnya tulang dada dan memiliki jumlah ruasnya adalah 5 ruas. Lima ruas tulang lumbar ini diberi nama L1 hingga L5. Kelima ruas tulang ini berfungsi sebagai penyokong berat tubuh. Karena fungsinya sebagai penyokong tubuh, kelima ruas tulang ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bagian tulang belakang yang lain.
  • Tulang Sakral
Tulang sakaral memiliki jumlah 5 ruas dan berfungsi sebagai perlekatan tulang panggul dan melindungi organ panggul. Kelima tulang tersebut adalah satu kesatuan.
  • Tulang Ekor
Tulang belakang yang berada paling bawah ini terdiri dari 4 ruas tulang. Keempat tulang ini menyatu dan tidak memiliki fungsi khusus.   


Organ lain di bagian punggung yang tak kalah penting perannya bagi tubuh adalah sumsum tulang belakang. Jaringan lunak yang ditemukan pada rongga interior tulang ini adalah tempat produksi sebagian besar sel darah baru. Sumsum tulang belakang adalah sumsum yang memiliki fungsi yang sangat vital dibandingkan dengan sumsum tulang di bagian lain. Hal ini dikarenakan sumsum tulang belakang yang berkerja sama dengan otak mengirim informasi ke seluruh tubuh sebagai sinyal listrik. Hal inilah yang mengakibatkan otak tau apa yang tubuh rasakan.

Bersama dengan otak, sumsum tulang belakang membentuk sistem saraf pusat menyerupai tali berwarna krem yang tebal dan terdiri dari saraf yang menyampaikan pesan antara otak ke seluruh tubuh.  Ukuran sumsum tulang belakang pada manusia dewasa panjangnya mencapai sekitar 44 cm dan lebar kira-kira seukuran ibu jari di bagian atas dan setipis sedotan di bagian bawah. Berkas saraf yang ada pada sumsum tulang belakang ini dilindungi oleh tiga lapisan membrane yang disebut meninges menyerupai tali goni kasar dengan selubung roti sosis tebal sekitarnya. Terdapat pula cairan bernama serebrospinal di antara bundel inti saraf dan meninges. Sumsum tulang belakang berakhir di riam saraf menyerupai ekor kuda. Oleh sebab inilah bagian ini disebut kauda ekuina. Berikut fungsi sumsum tulang belakang.

Sistem kerja sumsum tulang belakang adalah seperti operator switchboard telepon. Ia berkerja sebagai perantara komunikasi otak dengan bagian-bagian berbeda dari tubuh dan sebaliknya. Berikut fungsi utama sumsum tulang belakang
  1. Untuk menyampaikan informasi dari otak ke berbagai bagian tubuh agar melakukan tindakan.
  2. Untuk menyampaikan informasi dari reseptor sensorik dari seluruh tubuh ke otak.
  3. Untuk melakukan koordinasi reflek berupa respon cepat terhadap rangsangan luar yang tidak melalui otak. Respon semacam ini dikelola oleh sumsum tulang belakang saja.
Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang - Demikian informasi dan penjelasan mengenai fungsi tulang belakang dan sumsum tulang belakang. Semoga informasi dan penjelasan tersebut mudah dipahami dan dapat menambah wawasan teman-teman sekalian.
Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar