Daftar Taksonomi hewan dan pembahasan lengkap


Daftar Taksonomi hewan dan pembahasan lengkap - Pada artikel yang pernah kita bahas sebelumnya kita sudah tentang klasifkasi makhluk hidup. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang taksonomi pada makhluk hidup khusunya hewan. Lalu apakah yang dimaksud dengan taksonomi tersebut?  Seperti yang kita ketahui kawan- kawan, di bumi ini pada dasarnya Tuhan menciptakan makhluk- makhluknya tidak ada yang sama. Makhluk hidup di bumi memiliki beragam atau variasi jenis yang khas di setiap individu atau kelompoknya. Namun selain memiliki perbedaan dari setiap ciri- ciri di setiap makhluk hidup tentunya ada hal- hal yang menjadi persamaan dari setiap makhluk hidup tersebut. Berdasarkan perbedaan dan persamaan makhluk itulah yang merupakan pengklasifikasian makhluk hidup. Nah, ilmu yang mempelajari pengelompokkan makhluk hidup inilah yang disebut dengan taksonomi.

 Persamaan dan perbedaan ciri-ciri morfologi, anatomi, fisiologi, tingkah laku, dan lain-lain merupakan sebagai dasar pengelompokkan makhluk hidup ini. Proses atau cara pengelompokkan makhluk hidup ini di dalam ilmu taksonomi dapat dilakukan dengan membentuk suatu takson.  Sedangkan Takson memeiliki pengertian sebagaia suatu kelompok makhluk hidup yang individunya atau anggota dari makhluk hidup tersebut dominasinya mempunyai persamaan ciri- ciri. Untuk mencari takson ini yaitu dengan cara melakukan pengamatan terhadap makhluk semisal hewan. Di dalam takson memiliki beberapa tingkatan untuk mengklasifikasikan dari hewan tersebut. Tingkatan takson tersebut yakni kingdom disebut juga kerajaanatau regnum, filum(tingkat takson untuk hewan), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (keluarga), genus (marga), species (spesies atau jenis), dan yang terakhir merupakan varietas atau ras.
Berikut ini akan disajikan beberapa daftar taksonomi Hewan:


Daftar Taksonomi Hewan:
  • HARIMAU
  1. Klasifikasi ilmiah
  2. Kerajaan : Animalia
  3. Filum : Chordata
  4. Kelas : Mammalia
  5. Ordo : Carnivora
  6. Familia : Felidae
  7. Genus : Panthera
  8. Spesies : Panthera tigris

Harimau adalah hewan yang masuk dalam kelompok dengan kerajaan hewan serta filum kordata atau hewan yang mempunyai saraf tulang belakang, sub-filum vertebrata yang artinya memiliki tulang belakang, kelas mamalia yang berarti berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu, pemakan daging atau masuk ordo karnivora, keluarga felidae (kucing), genus panthera, spesies tigris (harimau).
  • BADAK JAWA
  1. Klasifikasi ilmiah
  2. Kerajaan : Animalia
  3. Filum : Chordata
  4. Kelas : Mammalia
  5. Ordo : Perissodactyla
  6. Familia : Rhinocerotidae
  7. Genus : Rhinoceros
  8. Spesies : R. sondaicus

Badak Jawa termasuk salah satu jenis Badak bercula-satu kecil merupakan anggota famili Rhinocerotidae yang termasuk jenis badak yang masih hidup di bumi ini dari tinggal beberapa jenisnya yang tingal sedikit. Badak ini struktur atau bentuk fisiknya mempunyai panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Ukuran dari badak jawa dominan lebih kecil daripada jenis badak India dan hanpir sama dalam bentuk tubuhnya dengan badak Hitam. Untuk ukuran cula merupakan jenis badak yang mana ukuran cula paling kecil dibanding jenis badak lainnya.
  • KIJANG
  1. Klasifikasi ilmiah
  2. Kerajaan : Animalia
  3. Filum : Chordata
  4. Kelas : Mammalia
  5. Ordo : Artiodactyla
  6. Familia : Cervidae
  7. Genus : Muntiacus
  8. Spesies : Muntiacus muntjak

Kijang merupakan jenis hewan yang sangat dekat atau memiliki persamaan dengan hewan rusa dan juga tergabung dengan genus yang sama yakni Muntiacus. Kijang dianggap salah satu jenis hewan yang merupakan sebagai jenis rusa tertua, diperkirsakan kijang telah ada sejak 15-35 juta tahun yang lalu.

  • ANOA
  1. Klasifikasi ilmiah
  2. Kerajaan : Animalia
  3. Filum : Chordata
  4. Kelas : Mammalia
  5. Ordo : Artiodactyla
  6. Familia : Bovidae
  7. Genus : Bubalus
  8. Spesies : Bubalus quarlesi

Anoa merupakan hewan endemik atau khas dari pulau Sulawesi. Hanya ada duan jenis anoa yang dapat hidup sekarang ini yaitu jenis Anoa Pegunungan atau bahasa latinnya Bubalus quarlesi dan jenis Anoa yang hidup di dataran rendah yang memiliki nama latinnya Bubalus depressicornis. Anoa sebenarnya memiliki penampakan atau penampilan yang mrip dengan rusa.

Daftar Taksonomi hewan dan pembahasan lengkap - Demikian kawan- kawan penjelasan tentang daftar Taksonomi hewan dan pembahasan lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berbagi ilmu dengan yang lainnya ya. Terima kasih.

Daftar Taksonomi hewan dan pembahasan lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar