Contoh Ekosistem Sawah dan Rantai Makanan Penjelasan Lengkap


Contoh Ekosistem Sawah dan Rantai Makanan Penjelasan Lengkap - Pertanian memberikan habitat bagi banyak tumbuhan dan hewan untuk hidup di dalamnya. Sawah adalah salat satu contoh habitat bagi hewan air seperti ikan, kutu air, serangga-serangga air, katak, dan hewan darat seperti serangga-serangga yang menjadi hama tanaman sekaligus menjadi media untuk melakukan penyerbukan. Air, tanah, cahaya matahari, angin, adalah komponen penting yang mampu membentuk habitat yang memberikan kehidupan bagi banyak kumpulan makhluk hidup yang saling berinteraksi membentuk suatu ekosistem.
  • Ekosistem Sawah
Ekosistem sawah adalah salah satu ekosistem buatan di darat karena sawah terbentuk karena campur tangan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia. Dalam setiap ekosistem selalu ada komponen pembentuknya, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Berikut penjelasan tentang komponen biotik dan abiotic ekosistem sawah.
    • Komponen Biotik Ekosistem Sawah dan Rantai Makanan di Sawah
Contoh Ekosistem Sawah dan Rantai Makanan Penjelasan Lengkap - Komponen biotik sawah adalah makhluk hidup yang hidup di hatibat persawahan dan membentuk rantai makanan. Rantai makanan terdiri dari produsen, konsumen dan pengurai. Pada setiap ekosistem, peran produsen sangat vital dan jumlahnya harus lebih banyak dari konsumen. Sedangkan konsumen dibagi menjadi konsumen kesatu, kedua dan seterusnya. Jumlah konsumen kesatu harus lebih banyak jumlahnya dari konsumen kedua dan seterusnya agar rantai makanan dapat terus berjalan. Sedangkan pengurai berfungsi, dalam rantai makanan, untuk menguraikan kembali zat-zat yang terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil penguraian dari pengurai inilah yang dijadikan makanan bagi tumbuh-tumbuhan.


Berikut contoh komponen biotik sekaligus rantai makanan pada ekosistem sawah.
      • Produsen
Pada ekosistem sawah, tumbuh-tumbuhan hijau adalah produsen utama yang menghasilkan sumber makanan bagi berbagai hewan omnivora sebagai konsumen 1. Contoh produsen pada ekosistem sawah adalah padi, ubi, sagu, tomat, dan sebagainya. 
      • Konsumen
Anggota rantai makanan pada tingkat konsumen dibagi menjadi konsumen 1, 2, 3 dan seterusnya sampai yang teratas. Berikut penjelasan tentang konsumen.
        • Konsumen I atau disebut juga konsumen primer adalah konsumen yang memakan tumbuhan secara langsung atau disebut juga konsumen primer. Contoh dari hewan ini adalah hewan-hewan pemakan tumbuh-tumbuhan hijau seperti belalang, burung, tikus, burung pemakan biji-bijian dan sebagainya.
        • Konsumen II atau konsumen sekunder adalah hewan yang memakan konsume tingkat pertama. Contoh hewan dalam konsumen II adalah burung pemakan serangga, katak yang memakan belalang, dan hewan-hewan karnivora lainnya.
        • Konsumen III atau konsumen tersier adalah hewan-hewan yang memakan hewan pada konsumen II. Contoh hewan pada tingkat ini adalah ular yang memakan katak dan tikus.
        • Konsumen IV atau konsumen puncak adalah hewan yang memakan hewan pada konsumen tingkat ketiga. Contoh hewan ini adalah elang yang memakan ular. Sesuai pada penjelasan di atas bahwa jumlah produsen harus lebih banyak dari konsumen tingkat satu, dan konsumen tingkat satu lebih banyak dari konsumen tingkat kedua dan seterusnya. Sehingga rantai makanan dapat terus berjalan.

      • Pengurai
Pengurai atau dekomposer adalah organisme heterotroph yang mampu menguraikan bahan organik berasal dari organisme mati untuk mendapatkan energi. Contoh organisme ini adalah bakteri dan jamur.

  • Komponen Abiotik Ekosistem Sawah
Komponen abiotik ekosistem sawah adalah komponen fisik dan kimiawi berupa benda mati yang menjadi medium atau substrat bagi berlangsungnya suatu kehidupan atau lingkungan hidup. Komponen-komponen abiotic ekosistem sawah dapat berupa bahan organic, senyawa organic, dan factor yang mempengaruhi distribusi organisme dalam suatu unit lingkungan. Seperti cahaya matahari, tanah, udara, suhu, dan kelembaban. Berikut penjelasan masing-masing komponen abiotik penyusun ekosistem sawah.
        • Cahaya matahari adalah sumber energi bagi setiap makhluk hidup di bumi yang menjadi medium bagi tanaman untuk mengolah makanan atau berfotosintesis.
        • Tanah adalah pendukung tumbuhan sekaligus sumber makanan karena di dalam tanah tersimpan unsur hara dan air yang dibutuhkan oleh tanaman dan sekaligus sebagai penopang akar.
        • Udara adalah elemen senyawa gas dan partikel yang akan berubah-ubah dengan ketinggian permukaan. Sangat penting fungsinya bagi makhluk hidup karena kandungan dalam udara yang dibutuhkan oleh makhluk hidup seperti oksigen yang digunakan untuk bernafas serta karbondioksida yang diperlukan untuk mengolah makanan oleh tumbuhan hijau.
        • Suhu merupakan temperature atau derajat panas pada suatu benda atau ruang.
        • Kelembaban adalah konsentrasi uap air di udara.
Contoh Ekosistem Sawah dan Rantai Makanan Penjelasan Lengkap - Komponen-komponen tersebut membentuk suatu hubungan dan interaksi secara timbal balik sehingga terbentuklah ekosistem.
Contoh Ekosistem Sawah dan Rantai Makanan Penjelasan Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar