Berita Tentang Bencana Alam Dan Kesehatan

Berita yaitu laporan yang diberikan kepada khalayak ramai mengenai suatu pristiwa atau kejadian yang telah terjadi. berita yang disampaikan harus berupa hal yang sangat akurat dan dianggap penting sehingga dapat diterima oleh khalayak ramai. Berita dapat berupa tulisan dan lisan tergantung penyajian berita tersebut. apapun yang telah terjadi dapat dibuat untuk menjadi sebuah berita. Salah satu contoh berita yang sangat terpopuler yaitu berita tentang bencana alam dan tentang kesehatan. Berita dapat kita jumpai pada media-media sosial seperti televisi, koran, radio dan lain sebagainya. dalam artikel ini saya akan memberikan contoh dari salah satu jenis berita yaitu berita tentang bencana alam dan berita tentang kesehatan. Namun, sebelum saya memberikan contoh tentang berita, terlebih dahulu saya akan memeberikan sedikit pembahasan tentang berita.  Hal ini berfungsi agar anda semua tidak mengalami kebingungan  dan akan mampu menambah wawasan anda mengenai berita.

Dalam membuat sebuah tulisan tentang berita, maka tulisan tersebut harus  mampu menjawab pertanyaan  tentang 5 W + 1 H yaitu what, who,why, when, where dan how. Apabila tulisan tersebut sudah mampu menjawab 5 W+1 H maka tulisan tersebut baru dapat dikatan sebuah berita.  Jika sebuah tulisan akan dianggap menjadi sebuah berita maka harus memenuhi beberpa syarat, adapun syarat dari sebuah berita yaitu :

  • Berita harus merupakan sebuah fakta yaitu berupa kejadian yang benar-benar terjadi dan tidak adanya rekayasa.
  • Berita yang disajikan harus terkini artinya berita yang kita sajikan kejadiannya tidak terlalu jauh dengan waktu kita menyajikan berita tersebut.
  • Berita haruslah seimbang dan tidak memihak kepala salah satu pihak.
  • Berita yang disajikan harus lengkap  dengan memenuhi unsur-unsur berita.
  • Berita harus dibuat menarik, agar para pembaca meras berminat untuk menerima berita yang akan kita sampaikan.
  • Berita harus sistematis dengan urutan yang jelas agar tidak membingungkan dalam memahami berita tersebut.
Ingat apabila ingin membuat sebuah berita jangan lupa perhatikan sisilainnya yaitu berita harus menggunakan struktur dan tatanan bahasa yang digukan haruslah benar, selain itu juga dalam pemilihan kata juga pilihlah dan gunakan kata yang tepat jangan sampai menggunakan kata yang ambigu , jangan sampai anda salah memilih kata. Dalam pembuatan sebuah berita juga menggunakan penalaran yang logis. Syarat dan unsur-unsur yang telah saya sampaikan merupakan syarat dan unsur-unsur dari berita baik itu berita tentang bencana alam, sosial, budaya dan lain sebagainya. seluruh jenis berita harus memperhatikan unsur-unsur yang telah ditetapkan.


Seperti yang telah saya sampaikan dalam pembahasan di atas bahwa saya akan memberikan salah satu contoh dari berita yaitu berita tentang bencana alam  dan berita tentang kesehatan.  Yang pertama yaitu berita tentang bencana alam, berikut contohnya.

Gempa Yang Terjadi Pada Saat 10 November 2015 Di Jawa Barat
Pada tanggal 10 November 2015 sejak siang hingga malam telah terjadi  huja yang deras di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang mengakibatkan terjadinya longsor sehingga membuat puluhan  bangunan warga rusak dan dua tempat ibadah, satu kantor rusak berat. Namun, kejadian ini tidak merenggut nyawa sehingga tidak terdapat korban jiwa dari terjadinya longsor di desa di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Terdapat beberapa titik longsor yang terbesar yang terdapat di beberapa kampung seperti Kampung Cikudamulya RT 01/05 sebanyak 12 rumah rusak, Kampung Cipamuputan RT 04/04  terdapat  4 rumah rusak, sedangkan di Kampung Panday RT 01/04 dan Kampung Campedak RT 03/04 masing-masing 1 rumah yang rusak. Papar kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo di Bogor, Jumat (20/11/2015) saat di wawancarai.

Nah, berita tentang bencana alam sudah saya paparkan sekarang saatnya masuk pada pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang berita kesehatan. Kesehatan sangat mahal harganya, maka dari itu jagalah kesehatan sebelum terlambat. Berikut contoh dari berita tentang kesehaan.

“Bahaya Meminum Air Yang Berlebihan”
Dalam dunia kesehatan mengkonsumsi air 8 gelas sehari itu sangat dianjurkan , gunanya agar dapat membantu untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan mampu menjaga tubuh untuk tetap sehat. Akan tetapi penelitian baru saja dilakukan bahwa apabila mengkonsumsi air yang berlebihan akan membuat dampak buruk untuk tubuh kita. Apabila mengkonsumsi air yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang lebih tinggi yang mengalir ke daerah ginjal, dan sistem predaran darah juga akan terganggu karena terdapat penyaringan air yang keluar terlalu banyak.

Hal yang lebih fatal apabila mengkonsumsi air terlalu bayak yaitu akan mengakibatkan kematian, hal ini terjadi karena cairan yang terdapat di dalam tubuh akan mengencer atau mencair sehingga mengakibatkan jumlah natrium di dalam tubuh akan berkurang dan sel-sel yang tedapat di dalam tubuh akan membengkak. Sel-sel otak juga akan mengalami gangguan, dampaknya akan mengalami hilang ingatan, kejang, koma bahkan dapat merenggut nyawa seserorang. Oleh karena itu kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi air yang berlebihan.

Demikian pembahasan tentang berita bencana alam dan berita kesehatan, semoga dengan adanya pembaahasan ini dapat membantu anda semua dalam hal menulis. Terimakasih.
Berita Tentang Bencana Alam Dan Kesehatan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar