pengertian, struktur, Dan fungsi karbohidrat Lengkap

Tentu kalian sering mendengar istilah karbohidrat. Namun tahukah kalian apa yang dimaksud dengan karbohidrat? Dan apa manfaatnya bagi tubuh kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya kalian manyimak dengan baik pembahasan yang akan diberikan di dalam postingan ini karena kami akan membahas mengenai pengertian, struktur, serta fungsi karbohidrat secara lengkap dan detail. So simak dengan baik ulasan berikut ini:

Pengertian karbohidrat
Secara kimiawi, karbohidrat dapat dijelaskan sebagai suatu zat yang dihasilkan dari bergabungnya CO2 dengan H2O yang dibantu oleh kehadiran sinar matahari serta klorofil di dalam proses fotosintesis. Karbohidrat merupakan zat makanan yang amat dibutuhkan oleh organisme heterotrof sebagai sumber energi utama.

Struktur karbohidrat
Unsur-unsur utama yang membentuk karbohidrat adalah karbon, hidrogen, serta oksigen. Karbohidrat dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan kepada gugus gula yang menyusunnya. Ada 3 kelompok karbohidrat yaitu:

Monosakarida
Monosakarida merupakan karbohidrat yang di dalamnya hanya terdapat satu gugus gula. Monosakarida meiliki sifat yang mudah larut dalam air dan rasanya cenderung manis. Contoh dari karbohidrat monosakarida adalah galaktosa, fruktosa, heksosa, glukosa, ribosa, deoksiribosa dan monosa.


Disakarida
Disakarida merupakan karbohidrat yang tersusun atas dua gugus gula. Mirip dengan monosakarida, karbohidrat ini memiliki rasa yang cenderung manis serta mudah larut di dalam air. Contoh dari karboohidrat disakarida adalah laktosa yang merupakan gabungan dari galaktosa dan glukosa serta maltosa yang berupa gabungan dari dua glukosa.

Polisakarida
Karbohidrat pada golongan ini tersusun atas banyak gugus gula. Rata-rata polisakarida terdiri atas lebih dari 10 gugusan gula. Berbeda dengan dua jenis karbohidrat sebelumnya, polisakarida cenderung tidak memiliki rasa dan terkadang berasa pahit selain itu karbohidrat ini juga sulit untuk bisa larut di dalam air. Contoh dari karbohidrat polisakarida adalah amilum (60-300 gugus gula) dan glikogen (12 - 16 gugus gula).

Fungsi Karbohidrat
Berikut adalah beberapa fungsi atau manfaat dari karbohidrat:

·         Pada beberapa organ tubuh, glukosa merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan agar organ-organ tersebut dapat bekerja secara maksimal. Oleh karenanya, karbohidrat memiliki fungsi utama sebagai sumber energi.
·         Karbohidrat juga memegang peranan yang penting di dalam proses metabolisme dimana karbohidrat dibutuhkan guna menyeimbangkan kadar asam basa serta berperan dalam proses pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh.

·         Karbohidrat juga bisa membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh.
·         Selulosa dan polisakarida sebenarnya merupakan jenis karbohidrat yang sulit untuk dicerna, akan tetapi kehadirannya dapat menghindarkan kita dari sakit sembelit (konstipasi).
·         Karbohidrat berperan di dalam proses penyusunan lemak dan asam amino.
·         Karbohidrat juga merupakan komponen penyusun gen yang ada di dalam inti sel.

Proses Pencernaan Karbohidrat Dalam Tubuh
Tiap-tiap organisme memiliki proses metabolisme yang berbeda bik itu secara mekanis ataupun secara kimiawi. Namun, pada umumnya metabolisme berlangsung pada dua tahapan proses yang pertama adalah anabolisme atau pembentukan molekul dan katabolisme atau penguraian molekul. Di dalam proses pencernaan, karbohidrat akan menjalani sebuah proses yang dinamakan dengan hidrolisis dimana karbohidrat akan diuraikan dengan bantuan molekul air yang ada di dalam tubuh. Karbohidrat akan dicerna setelah polisakarida terurai ke dalam bentuk monosakarida.

Itulah kiranya penjelasan tentang pengertian, struktur, serta fungsi karbohidratyang dilengkapi dengan penjelasan singkat tentang proses penyerapannya di dalam tubuh. Jadi perlu diingat kembali bahwa karbihidrat adalah sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat dapat kita peroleh dari beras, jagung, serta beragam jenis umbi-umbian. So, jika kalian sekarang merasa letih dan kurang bersemangat mungkin kalian harus mengonsumsi banyak karbohidrat untuk mengembalikan energi kalian agar dapat beraktifitas dengan maksimal.

pengertian, struktur, Dan fungsi karbohidrat Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar