Pengertian Pronomina Dan Nomina Secara Lengkap

Kalimat merupakan gabungan kata yang memiliki arti tersendiri. Dalam sebuah kalimat yang menjadi unsur utama yaitu kata. Kata merupakan sekumpulan huruf yang memiliki arti. Sekumpulan huruf belum tentu bisa disebut dengan kata, apabila terdapat sekumpulan huruf tapi tidak memiliki makna maka sekumpulan huruf tersebut dapat  dikatakan bukan sebuah kata, namun apabila sekumpulan huruf tersebut megandung makna, maka sekumpulan huruf tersebut dapat dikatakan sebuah kata. Dalam proses pembentukannya kata dapat diproses melalui proses morfologis yaitu afiksasi (pengimbuhan), reduplikasi (perulangan), dan komposisi (penggambungan) untuk menyampaikan maksud yang terdapat  di dalam sebuah  kalimat.  Apabila di dalam sebuah kalimat memiliki kelas kata maka katapun memiliki kelas tersendiri. Berdasarkan kelas nya kata terbagi menjadi lima kelas. Dari kelima kelas kata ini, saya akan memaparkan salah satu jenis kelas yaitu nomina dan pronomina.

Di dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai nomina dan pronomina.  Apabila terdapat di antara anda semua yang sedang mencari pembahasan tentang nomina dan pronomina, silahkan dibaca artikel ini. Dijamin setelah anda membaca artikel ini ilmu yang anda miliki tentang nomina dan pronomina akan bertambah. Adapun sub pembahasan pada artikel ini terbagi menjadi dua bentuk yang pertama yaitu akan membahas tentang nomina beserta dengan contohnya dan yang kedua yaitu akan membahas tentang pronomina beserta dengan contohnya. Langsung saja kita masuk pada pokok pembahasan yang pertama yaitu nomina.

Apasih yang dimaksud dengan nomina?. Nomina merupakan sebutan lain untuk kata benda. Kata benda yaitu kata yang fungsinya untuk menyatakan sebuah benda atau sesuatau yang dianggap sebuah benda. Nomina atau kata benda memiliki beberapa ciri-ciri. Adapun ciri-ciri dari kata benda yaitu :
  • Kata benda atau nomini tidak dapat disatukan dengan kata tidak.
  • Kata benda dapat diikuti dengan kata sifat atau diikuti dengan kata “yang” ditambah dengan kata sifat.
  • Kata benda atau nomina biasanya menduduki sebagai fungsi subjek, objek, atau pelengkap dalam kalimat yang berpredikat verba.

Pada dasarnya nomina terbagi menjadi beberapa bentuk, adapun bentu-bentuk dari nomina yaitu :
  • Nomina atau kata benda dasar , contoh dari nomina dasar yaitu buku, tas, pensil, penggaris, meja, bantal, gulinh, kasur, dan lain sebagainya.
  • Nomina turunan, nomina atau kata benda turunan ini memiliki tiga macam. Berikut jenis dan contoh dari nomina turunan.
  • Jenis yang pertama yaitu nomina berafiks, adapun contoh dari nomina jenis ini yaitu keahlian, perbuatan, dan lain sebagainya.
  • Jenis nomina turunan yang kedua yaitu nomina reduplikasi. Adapun contoh dari nomina reduplikasi yaitu meja-meja, tamu-tamu, gerak-gerik, dll.
  • Jenis nomina turunan yang terakhir yaitu nomina majemuk. Adapun contoh dari nomina majemuk yaitu tanah air, rumah sakit, dll.
  • Nomina berwujud (kongkrit). Contoh dari nomina kongkrit yaitu hewan, jawa,dll
  • Nomina tak berwujud (abstrak), contoh dari nomina abstrak yaitu sifat, keyakinan, ilmu, dll.
  • Nomina bernyawa, contohnya yaitu manusia.
  • Nomina ukuran, contohnya yaitu pucuk, kilogram, panjang, pendek

Setelah kita membahas tentang nomina sekarang saatnya kita membahas tentang pronomina. Pronomina sering disebut dengan kata ganti yang memilki arti kata yang berfungsi untuk mengucapkan kata ganti dari kata nomina. Pronomina memiliki beberapa jenis, adapun jenis dari kata pronomina yaitu
Pronomina persona yaitu kata ganti orang, kata ganti orang memiliki dua jenis yaitu kata ganti orang pertama contohnya saya, aku, kita, kami,  Pronomia penunjang yang terbagi menjadi tiga jenis yaitu
  • Pronomina penunjuk umum, yaitu itu, ini.
  • Pronominal penunjuk ihwal, yaitu begitu, begini.
  • Pronomina penunjuk tempat, yaitu sini, sana, dan situ.
Promina yang terakhir yaitu promina penanya. Contohnya yaitu siapa, bagaimana, di mana.

Berdasarkan pemaparan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa nomina yaitu kata yang menyatakan suatu benda sednagkan pronomina yaitu kata yang memiliki fungsi sebagai pengganti dari kata nomina. Demikian pembahasan tentang nomina dan pronomina, semoga bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.
Pengertian Pronomina Dan Nomina Secara Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar