Pengertian Dan Fungsi Anatomi Jantung Lengkap

Tahukah kalian bahwa di dalam rongga dada terdapat sebuah organ yang sangat vital yang biasa kitasebut sebagai jantung. Organ ini memiliki ukuran kurang lebih sebesar kepala ntangan dan beratnya adalah sekitar 300 gram. Jantung sendiri memiliki fungsi sebagai pemompa darah di dalam sistem sirkulasi tubuh manusia. Jantung dapat berdetak sebanyak 72 kali dalamwaktu 60 detik dan mampu memompa sekitar 5 liter darah pada setiap menitnya ketika  kita sedang berisitirahat atau tertidur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai bagian-bagian apa saja yang terdapat di dalam jantung serta fungsi dari masing-masing bagian tersebut simaklah pembahasan berikut ini:

StrukturJantungManusia

Jantung terdiri atas dua rongga yaitu rongga kanan dan kiri. Kedua rongga tersebut dipisah kan oleh otot yang disebut sebagai dinding septum. Kedua rongga jantun tersebut memiliki dua buah kamar atau bilik. Bilik yang posisinya berada di atas disebut sebagai atrium sementara bilik yang berada di bawah disebut sebagai ventrikel. Rongga kanan jantung berfungsi menerima darah de-oksigen yang berasal dari beragam anggota tubuh lalu memompa darah tersebut menuju paru-paru. Sementara rongga yang sebela kiri menerima darah yang mengandung oksigen dari paru-paru kemudian memompa kannya keseluruh tubuh. Berikut adalah gambaran atomi dari jantung:

Di atas sudah dijelaskan mengenai bagian dalam dari jantung, sekarang kita akan mempelajari bagian luar dari jantung yang meliputi:
Perikardium
Jantung diselubungi oleh kantung yang disebut sebagai perikardium. Perikardium tersusun atas lapisan mesotel pada bagian dalam serta fibrosa pada bagian uar. Fungsi utama dari perikardium adalah untuk membungkus dan melindungi bagian dalam jantung. Di samping itu, bagian ini juga berfungsi menahan posisi jantung karena serat perikardium menempel erat pada diafragma tulang belakang, dan bagian lain dari tubuh.
DindingJantung
Bagianiniterbagiatastigalapisanjaringanyaitu:
  • Epikadriumyang berfungsisebagailapisanpelindungpadadindingjantung.
  • Miokadriummerupakanbagianutamapadadindingjantungdanmemilikifungsiuntukmelakukankontraksidanmemompadarah.
  • Endokadriumbefungsiuntukmengaturkontraksipadajantungdankomposisidarah yang mengalirdarijantung.
Anatomi Jantung

BilikJantung
Seperti yang kita ketahui bahwa jantung manusia terdiri atas empat bagian yaitu ventrikel kiri dan kanan serta atrium kiri dan kanan. Dinding atrium cenderung lebih tipis bila dibandingkan dengan dinding ventrikel. darah yang terdeoksi genasi dibawa oleh vena kava superior dan inferior dari bagian atas dan bawah tubuh menuju atrium kanan kemudian memompa kan darah tersebut melalui katup trikuspid menuju ventrikel kanan. Lalu ventrikel kanan akan memompa kan darah tersebut menuju arteri pulmonalisme lalui katup pulmonal untuk kemudian dikirim menuju paru-paru.
Darah yang beroksigen dari paru-paru akan diterima oleh atrium kiri melalui pembuluh darah paru lalu darah tersebut akan dipompa kan melewati bikuspid menuju ventrikel kiri, kemudian ventrikel kiri memompakan darah itu melalui katup aorta untuk kemudian di alirkan keseluruh tubuh.
Katup jantung
Katup yang ada di dalam jantung terdiri atas dua jenis yang pertama adalah katupatrioventrikular yang berada diantara atrium dan ventrikel. Sedangkan katup yang kedua adalah seminlunar yang posisinya ada pada bagian bawah ventrikel. Katup-katup tersebut mengatur darah agar hanya bisa mengalir menuju satuarah dan tidak berbalik kearah yang berlawanan.
Dari pembahasan mengenai anatomi serta cara kerja bagian-bagian yang ada di dalamjantung di atas kita dapat mengetahui bahwasannya jantung memiliki peranan yang amat penting di dalam tubuh kita olehkarenanya kita harus menjaga dengan baik kesehatan organ yang satu ini dengan menjalankan hidup sehat dan selalu menjaga pola makan yang baik.
Pengertian Dan Fungsi Anatomi Jantung Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar