Pengertian Dan Contoh Majas Eufisme Lengkap


Seperti yang kita ketahui bahwa majas memiliki beberapa jenis dan dari setiap jenis memiliki turunan masing-masing. Secara garis besar majas iyalah sekumpulan kata yang indah yang berfungsi untuk menghasilkan efek-efek tertentu kepada pembaca atau pendengarnya. Majas digunakan dalam penulisan karya sastra, termasuk di dalamnya puisi dan prosa. Umumnya puisi dapat mempergunakan lebih banyak majas dibandingkan dengan prosa. Majas terdiri dari empat golongan atau jenis yaitu majas perbandingan, majas sindiran, majas penegasan dan majas pertentangan.

Seperti yang sudah saya bahas tadi, bawa dari setiap majas memiliki turunan. Nah, artikel saya kali  ini akan membahas salah satu turunan dari majas perbandingan yaitu majas eufisme. Yang akan menjadi pembahasn saya pada artikel ini yaitu pengertian dari majas eufisme, dan contoh dari  majas eufisme. Langsung saja pada pokok pembahasan kita yaitu pengertian dari majas eufisme. Majas eufisme yaitu ucapan yang lebih halus sebagai pengganti ungkapan yang dianggap lebih kasar. Pendapat lain mengatakan bahwa majas eufisme yaitu Pengungkapan kata-kata yang dipandang tabu atau dirasa kasar dengan kata-kata lain yang lebih pantas atau dianggap halus.majas eufisme merupakan turunan dari majas perbandingan karena majas eufisme ini memiliki sifat sebagai pembanding satu sama lain namun dalam bentuk yang lebih halus.


Penggunaan majas eufisme dapat dalam bentuk tulisan maupun lisan. Dalam majas eufisme terjadi pergantian nilai rasa dalam percakapan dari kurang sopan menjadi lebih sopan. Bagaimana dengan pengertian dari majas eufisme, apakah anda semua sudah memahami mengenai pengertian dari  eufisme? Jika sudah, saya akan melanjutkan pembahasan mengenia contoh-contoh dari majas eufisme ini. Sebenarnya untuk pembuatan contoh dari majas eufisme ini sagatlah mudah, karena sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari baik itu secara lisan maupun tulisan. Baiklah agar lebih jelas langsung saja kita masuk pada pokok pembahasan kedua yaitu mengenai contoh dari majas eufisme. Berikut contoh majas eufsme.
  • Dimana kamar kecilnya
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang mengandung majas eufisme karena kalimat di atas menggunakan kata yang sopan sebagai pengganti kata yang tidak sopan. Kata "tempat kencing"(dalam bahasa sehari-hari biasa juga disebut WC) tidak cocok jika akan digunakan untuk percakapan yang sopan. Maka dari itu kata tempat kencing (WC) diganti dnegan kata yang lebih halus namun memiliki arti yang sama yaitu “kamar kecil”.
  • Kalau dalam hutan jangan manggil-manggil nenek.
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang mengandung majas eufisme karena kalimat di atas menggunakan kata yang sopan sebagai pengganti kata yang tidak sopan.  Kata “nenek “ merupakan pengganti kata yang kasar yang memiliki arti “harimau”. Jika dalam kalimat di atas menggunaka kata harimau, tidak cocok dan tidak sopan maka dari itu di ganti dengan kata kiasan yang  lebih halus dan artinya sama.
  • Orang itu memang bertukar akal.
Kalimat di atas termasuk dalam kalimat yang mengandung majas eufisme karena kalimat di atas menggunakan kata yang sopan sebagai dalam kalimat di atas merupakan pengganti untuk kata kasar yang berarti pengganti kata yang tidak sopan.  Kata “bertukar akal” dalam kalimat di atas merupakan pengganti untuk kata kasar yang berarti “gila”.  Jika dalam kalimat di atas menggunakan kata harimau, tidak cocok dan tidak sopan karena kalimat tersebut bernilai kasar sehingga di ganti dengan kata majas yang lebih halus namunjn memiliki arti yang sama.

Nah, sudah selai pembahasan kita,mengenai majas eufis me beserta dengan contohnya. Bagaimana, apakash anda semua sudah memahaminya? Baiklah agar lebih jelas saya akan ulangin pembahsan secara singkat saja. Majas eufisme yaitu majas kiasan halus sebagai pengganti ungkapan yang terasa kasar dan tidak menyenangkan. Eufemisme digunakan untuk menghindarkan diri dari sesuatu yang dianggap tabu atau menggantikan kata lain dengan maksud bersopan santun. Demikian pembahasan tentang majas eufisme, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.

Pengertian Dan Contoh Majas Eufisme Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar