Pengertian Dan Contoh Kalimat Sumbang Lengkap


Apakah anda semua pernah menemukan di dalam suatu paragraf sebuah kalimat yang bertolak belakang dengan  pokok pembahasannya? Saya rasa sih pasti sering., karena saya sendiri sering menemukan kalimat yang keluar dari pokok pembahasan bahkan bertolak belakang dari pokok pemasalahan yang sedang di bahas. Jika anda semua sering menemukan kalimat yang berbeda dengan ide pokoknya maka kalimat itu merupakan kalimat sumbang. Nah,  jika artikel sebelumnya saya telah membahas tentang klimat konotasi dan kalimat denotasi., maka pada artikel kali ini saya akan membahas tentang kalimat sumbang. Yang akan menjadi pembahasan pada artikel ini yaitu pertama akan membahas tentang pengertian dari kalimat sumbang, yang kedua yaitu bagaimana cara menemukan kalimat sumbang yang terdapat di dalam sebuah paragraf dan yang terakhir yaitu contoh dari kalimat sumbang.

 


Kalimat sumbang sering disebut dengan kalimat tidak padu, hal ini karena kalimat sumbang ini merupakan sebuah kalimat yang bertolak belakang dengan ide pokok yang terdapat di dalam sebuah paragraf. Jika diartikan kalimat sumbang yaitu sebuah kalimat yang terdapat di dalam suatu paragraf, namun kalimat tersebut tidak mendukung bahkan kalimat tersebut bertentangan dengan ide pokok yang terdapat di dalam suatu paragraf. Kalimat sumbang ini  ada karena kesalahan dari sang penulisnya dalam proses penuangan ide, kalimat sumbang ini dapat juga ada kerena unsur kesengajaan yang ditulis oleh sang penulis sebagai umpan balik untuk para pembacanya. Kalimat sumbang yang ada karena faktor umpan balik ini baiasanya berbentuk humor dan sebagai informas tambahan semata.

Jika anda mengalami kebingungan untu menemukan kalimat sumbang yang terdapat di dalam sebuah paragraf, berikut ada beberapa cara untuk menemukan kalimat sumbang yang terdapat di dalam sebuah paragraf. Adapun cara-cara untuk menemukan kalimat sumbang di dalam suatu paragraf yaitu dengan cara ;
  • Jika anda ingin menemukan kalimat sumbang di dalam suatu paragraf maka anda wajib terlebih dahulu membaca paragraf secara keseluruhan, setelah itu temukan ide pokok dan kalimat utama yang terdapat di dalam paragraf tersebut.
  • Selanjutnya setelah anda mengetahui ide pokok dan kalimat utamanya baru anda baca dan sambungkan , apakah mereka saling keterkaitan satu sama lain atau tidak, apabila di saat anda memahami dan menghubungkan kalimat satu dengan kalimat lainnya terdapat salah satu kalimat yang rancu atau tidak berkaitan maka kalimat tersebut merupakan kalimat sumbang.
  • Langkah yang terakhir yaitu baca ulanglah kalimat-kalimat tersebut untuk memastikana kalimat mana yang merupakan kalimat sumbang.

Sangat mudah bukan untuk menemukan kalimat sumbang yang terdapat di dalam sebuah paragraf. Namun, Jika anda kurang memahami tentang kalimat sumbang dengan pembahasan-pembahasan di atas maka saya akan memberikan contoh kalimat sumbang seperti yang sudah saya paparkan di atas. Berikut ini saya akan menulis sebuah paragraf yang memiliki ide pokok, kalimat utama dan kalimat sumbang, berikut paragrafnya.

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak kebudayaan dan hasil bumi yang melimpah. Kebudayaan yang dimiliki mulai dari tari-tarian, musik daerah, baju daerah, hingga kebiasaan-kebiasan dari setiap daerah. Kebudayaan yang khas dari Indonesia yaitu kebudayaan tari-tarian yang terdapat di setiap daerahnya. Penduduk-penduduk Indonesia pun sangat lah ramah dan memiliki hati yang mulia. Selain memiliki kebudayaan yang begitu banyak nan indah, Indonesia juga memiliki hasil bumi yang luar biasa yang dapat di  ekspor ke negara-negara tetangga. Salah satu jenis hasil bumi yang dapat di ekspor yaitu kopi.

Pembahasan

Gagasan utama yang terdapat di dalam paragraf tersebut yaitu kalimat pertama yang menyatakan bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak kebudayaan dan hasil bumi yang melimpah.  Sedangkan kalimat lainnya yaitu merupakan kalimat penjelas yang merupakan pendukung dari kalimat utama. Lalu yang menjadi kalimat sumbang yang mana? Baiklah, kalimat sumbang terdapat pada kalimat empat yang menyatakan bahwa Penduduk-penduduk Indonesia pun sangat lah ramah dan memiliki hati yang mulia. Kalimat nomer  empat ini tidak berkaitan dengan kalimat utama.

Demikian lah pembahasan tentang kalimat sumbang. Jadi kalimat sumbang yaitu kalimat yang tidak berkaitan dengan ide pokok. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu anda semua dalam memahami tentang kalimat sumbang. Terimakasih.



Pengertian Dan Contoh Kalimat Sumbang Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar