Proses Pencernaan Mekanik Dan Kimiawi Pada Manusia

Proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh manusia mengalami serangkaian proses. Ada dua jenis proses pencernaan yang berlangsung yaitu secara mekanik dan secara kimiawi.Kedua proses tersebut tentunya memiliki tahapan serta fungsi yang berbeda. Pada artikel ini akan dibahas secara  mendalam mengenai perbedaan antara pencernaan secara mekanik dan kimiawi serta akan dijelaskan juga secara mendalam mengenai serangkaian tahapan yang berlangsung ketika kedua jenis pencernaan tersebut berlangsung di dalam tubuh kita. Oleh sebab itu pastikan kalian menyimak dengan baik rangkuman materi biologi yang ada di bawahini:

PerbedaanPencernaan Kimia Dan Mekanik

Pencernaanmekanik merupakan proses pencernaan yang bertujuan untuk menghancurkan makanan menjadi bentuk yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk selanjutnya dicerna tubuh melalui proses pencernaankimiawi. Contoh  dari pencernaan mekanik adalah ketika kita mengunyah makanan di dalam mulut yang kemudian dilanjutkan dengan gerakan peristaltik di kerongkongan saat menelan makanan tersebut.

Pencernaan kimiawi atau disebut juga pencernaan enzimatik merupakan proses pencernaan yang berlangsung dengan bantuan zat-zat kimia yang ada di dalam tubuh. Pencernaan kimiawilebih bersifat molecular yaitu memecah molekul bahan makanan dari yang kompleksmen jadi molekul yang lebih sederhana. Ketika molekul tersebut telah dipecah kedalam bentuk yang lebih kecil maka darah dan cairan getah bening akan lebih mudah untuk mengedarkannya keseluruh bagian tubuh yang membutuhkan.


Adapunenzim - enzim yang membantu proses pencernaankimiawiadalah:

Enzimptialin
Enzim ini terdapat pada air liuratau air ludah. Fungsi dari enzim ini adalah untuk mengubah zat tepung di dalam makanan menjadi glukosa.

Enzimamilase
Enzim ini dihasilkan oleh kelenjar pancreas dan juga kelenjar ludah. Enzim ini dapat memecah molekul amilum menjadi maltosa.

Enzim Maltase
Enzim yang terdapat di dalam usus dua belas jari ini berfungsi memecah maltose  menjadi glukosa.

Enzim Pepsin
Enzim ini dihasilkan oleh kelenjar lambung dan fungsinya adalah menyederhan  akan molekul protein menjadi molekul pepton.

Enzimtripsin
Enzim ini dihasilkan oleh kelenjar pancreas dan disalurkan menuju usus dua belasjari. Berfungsi menyederhanakan molekul pepton menjadi molekul  asam amino.


Enzim Lipase
Enzim yang diproduksi oleh kelenjar pancreas ini memiliki fungsi memecah molekul lipid menjadi gliserol dan asam lemak.

Enzim renin
Dihasilkan oleh kelenjar yang ada pada dinding lambung. Enzim ini dapat mengendapkan kasein dari air susu.

AsamKlorida
Biasa disebut sebagai asam lambung. Enzim ini berfungsi membunuh mikroorganisme yang mengganggu pada makanan.

CairanEmpedu
Dihasilkan oleh hati dan memiliki fungsi memcah lemak menjadi butiran yang lebih halus.

Enzim-enzim tersebut memiliki sifat kerja ketika berperan di dalam pencernaan kimiawi, antara lain:

- bekerja dengan dipengaruhi kondisi ph dan suhu
- bergantung kepada inhibitor dan aktivator
- bersifats pesifikartin yabekerja dengan substrat tertentu
- tidak ikut serta di dalam proses reaksi karena enzim hanya berfungsi menghantarkan reaksi

Demikianlah bahasan materi mengenai Proses Pencernaan Mekanik  dan Kimia pada Manusia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat membantu kalian untuk lebih memahami perbedaan dari kedua jenis proses pencernaan tersebut. . Update terus pengetahuan kalian mengenai materi-materi biologi lainnya  denga nterus mengakses . Sampai jumpa lagi di dalam pem bahasan materi-materi selanjutnya.
Proses Pencernaan Mekanik Dan Kimiawi Pada Manusia | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar