Proses Metabolisme (Sintesis) Protein Dan Asam Amino


Proses sintesis protein merupakan sebuah proses yang amat penting bagi sel yang ada di dalam tubuh dikarenakan protein tidak hanya berfungsi sebagai pembangun struktur sel melainkan juga membantu proses penyusunan enzim-enzim yang nantinya berperan di dalam proses katalisis produksi biomolekul organic di dalam sel.



Sintetis protein yang nantinya akan membentuk asam amino amat bergantung kepada DNA atau gen. Mengapa demikian? Karena proses ini berkaitan erat dengan ekspresi gen  yang merupakan proses penerjemaham informasi yang berlangsung di dalam gen yang nantinya akan menjadi urutan asam amino yang berlangsung selama proses sintetis protein. Proses ekspresi gen ini memiliki dua tahapan penting yaitu:



Proses Transkripsi

Proses ini berlangsing di nukleus dimana berlangsung suatu peristiwa pencetakan urutan rantai nukleotida yang ada pada DNA kemudian nantinya akan menjadi drna. Di dalam tahap ini kode genetik yang ada akan di salin dan dicetak dengan mengikuti serangkaian urutan yang ada sehingga pada akhirnya akan terbentuk drna. Akan tetapi, ketika proses ini berlangsung akan terjadi perubahan pada basa nitrogen Timin (T) yang ada pada DNA menjadi Urasil (U) pada RNA.





Adapun rangkaian tahapan transkripsi adalah:



Inisiasi

Merupakan tahapan permulaan dimana proses dimulai dari promoter yang berfungsi dalam menentukan tempat dimana nantinya RNA polimerase akan melekat.



Elongasi

Merupakan tahapan pemanjangan dimana RNA polimerase akan membuka pilinan ganda pada DNA. Selama berlangsungnya proses ini, RNA akan berdatangan dan secara bertahap mencetak urutan rantai nukleotida sehingga pada akhirnya terbentuklah rantai dRNA. Kemudian setelah proses sintesis dRNA ini selesai, DNA akan  terbentuk kembali sedangkan RNA akan terlepas sendiri dari cetakannya.



Terminasi

Seluruh proses pencetakan tersebut akan selesai ketika sampai pada terminator. Terminator merupakan urutan DNA yang fungsinya adalah untuk melakukan penghentian pada transkripsi.









Translasi

Tahapan ini berlangsung pada sitoplasma adapun rangkaian dalam proses translasi adalah:



Inisiasi

Pada tahap ini ribosom kecil akan mengikatkan dirinya pada dRNA dan tRNA. Ketika proses pelekatan terjadi akan ada kodon start AUG yang berfungsi memberikan sinyal bahwa proses translasi telah dimulai.



Elongasi

tRNA tersebut akan membawa asam amino sesuai dengan kode genetik yang dibutuhkan. Lalu anticodon akan ditempelkan kepada kodon yang sesuai pada dRNA. Asam amino akan terbentuk dan saling berikatan dengan asam amino metionin. rRNA yang dihasilkan dari ribosom besar akan memiliki fungsi sebagai enzim yang nantinya akan mengkatalis proses pembentukan ikatan peptida yang berfungsi menggabungkan asam amino yang dibawa oleh tRNA sehingga terbentuklah polipeptida. Lalu setelah tRNA menerjemahkan kodon menjadi asam amino ia akan melepaskan diri dari dRNA. Lalu tRNA tersebut akan keluar dengan sendirinya dari ribosom.



Terminasi

Serangkaian proses elongasi akan dihentikan ketika proses tersebut sampai pada stop kodon dan mencapai kodon UAA, UAG, atau UGA. Selanjutnya polipeptida yang terbentuk akan terlepas dari ribosom.



Sekian pembahasan mengenai serangkaian Proses Metabolisme (Sintesis) Protein Dan Asam Aminoyang terjadi di dalam tubuh manusia. Proses sintetis tersebut bertujuan untuk membentuk protein-protein baru yang diperlukan oleh tubuh. Tanpa kita sadari ternyata di dalam tubuh kita terjadi proses yang cukup rumit seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga kalian dapat menyerap informasi dan pengetahuan dari apa yang telah di sampaikan pada materi biologi di atas. Selamat belajar!!!
Proses Metabolisme (Sintesis) Protein Dan Asam Amino | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar