Pengertian Dan Contoh Kalimat Efektif Lengkap

Pengertian Dan Contoh Kalimat Efektif - Kalimat merupakan satuan bahasa yang terkecil yang memiliki makna lengkap, kalimat bisa berbentuk tulisan maupun lisan. Kalimat merupakan susuanan dari beberapa kata yang memiliki sebuah makna, kalimat yaitu gabungan kata yang dapat berdiri sendiri. Kalimat dalam bentuk lisan biasanya dalam penyampaaiannya terdapat tinggi, rendah atau naik turunnya nada, serta terdapat juga sela jeda dan diakhir dengan intonasi akhir. Sedangkan kalimat yang berwujudkan tulisan biasanya dalam suatu kalimat di awali dengan huruf kapital dan di akhiri dengan tanda baca titik (.), apabila kalimat tersebut berbetuk kalimat tanya maka akhir dari kalimat tersebut merupakan tanda tanya (?). untuk membuat sebuah kalimat haruslah sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Suatu tulisan akan disebut dengan sebuah kalimat apabila dalam tulisan tersebut terdapat Subjey dan predikat. Apabila dalam sebuah kalimat tidak memiliki subyek dan predikat maka kalimat tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sebuah kalimat melainkan hanya sebuah frase.

Kalimat dibagi menajdi dua, salah satunya yaitu kalimat efektif.  Nah, jenis dari kalimat inilah yang akan menjadi pokok pembahasan dalam artikel ini. Kalimat efektif itu kalimat yang seperti apa ya? Untuk anda semua yang sedang mencari pembahasan tentang kalimat efektif silahkan dibukak dan dibaca artikel saya karena di dalam artikel ini akan membahas secara lengkap tentang kalimat efektig baik itu dari pengertian serta cntoh dan pembahasannya. Secara umum efektif adalah sesuatu yang bisa berguna apabila digunakan dalam situasi yang tepat. Nah, jika di dalam sebuah kalimat, efektif itu apa? Dalam sebuah kalimat merupakan penggunaan kalimat yang tepat dalam suatu situasi tertentu. Terdapat beberapa ahli yang memiliki pengertian tentang kalimat efektif. Berikut pengertian kalimat efektif menurut beberpa ahli yaitu :
  • Menurut Akhdilah, Arsjad dan Ridwan :2001 kalimat efektif merupakan sebuah kalimat yang jelas dan benar sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh orang lain.
  • Menurut Nasucha, Rohmadi, dan Wahyudi : 2009 kalimat efektif  merupakan sebuah kalimat yang mampu menyampaikan informasi serta informasi yang di sampaikan  dapat dipahami  dengan mudah oleh pembaca.
  • Menurut Arif HP: 2013  kalimat efektif yaitu kalimat yang dapat membantu menjelaskan suatu persoalan secara lebih singkat, jelas dan padat serta mudah di mengerti dan di artikan oleh pembacanya.

Secara garis besar menurut beberapa para ahli kalimat efektif memiliki arti yang sama yaitu sebuah kalimat yang jelas dan benar serta dapat dipahami dengan mudah oleh para pembacanya. Membuat sebuah kalimat efektif bukanlah suatu hal yang sulit namun bukan juga hal yang gampang. Dalam membuat sebuah kalimat harus memenuhi beberapa persyaratannya. Adapun syarat-syarat membuat sebuah kalimat yang efektif yaitu :

  • Harus mampu mewakili pikiran penulis ataupun pembicaranya dengan tepat.
  • Dala kalimat tersebut harus menggunakan pemahaman yang sama anatara pekiran penulis dengan pembacanya.
Adapun ciri-ciri dari kalimat efektif yaitu :
  • Kalimat efektif memiliki kesatuan gagasan yaitu memiliki subyek, predikat serta unsur-unsur kalimat lainnya.
  • Kalimat efektif memiliki kesejajaran yaitu kesamaan antara bentukan. Contohnya apabila kalimat tersebut menggunakan kata kerja yang berimbuhan di- maka bagian lain dari kalimat tersebut harus menggunakan di-.
  • Kalimat efektif harus menggunakan kalimat yang diperlukan saja dengan kata lain kalimat efektif harus hemat tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak perlu.
  • Dalam kalimat efektif harus menggunakan penekanan untuk kalimat yang dianggap penting.
Kalimat efektif harus mudah dipahami dengan kata lain harus logis. Agar anda lebih jelas dalam memahami kalimat efektf ini, berikut akan saya paparkan beberapa contoh dari kalimat efektf. Berikut contoh dari kalimat efektif yaitu :
  • Sejak pagi, Andi duduk di depan Komputer.
  • Saya kurang memahami tugas yang diberikan oleh Bu Dewi.
  • Para tamu datang dari Bandung kemarin.
  • Ani memakai baju ungu.

Pengertian Dan Contoh Kalimat Efektif Lengkap - Berdasarkan pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kalimat efektif yaitu kalimat yang digunakan secara benar dan tepat pada keadaan atau situasi. Semoga dengan adanya pembahasan tentang kalimat efektif ini dapat membantu anda semua. Demikian dan terimakasih.


Pengertian Dan Contoh Kalimat Efektif Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar