Pengertian Bilangan Prima Dan Cara Mencari Bilangan Prima


Pada kesempatan kali kita masih dalam pembahasan pelajaran matematika tetapi kita kali ini akan membahas tentang bilangan prima dan bagaimana cara mencari bilangannya. Tentunya kita akan menggunakan cara yang mudah dimengerti bagi kawan- kawan semuanya. Sebenarnya materi bilangan prima sudah kita dapatkan ketika kita berada di bangku sekolah dasar. Mungkin bagi kawan- kawan yang sudah berada pada tahap sekolah menengah sudah menganggap materi bilangan prima adalah materi yang gampang atau malahan kawan- kawan yang sudah ditahap sekolah menengah sudah lupa bahkan tidak tahu lagi karena melupakannya. Untuk itu kita di sini akan kembali membahasnya supaya kita ingat lagi bagi yang lupa dan akan menjadi tahu bagi yang sedang mempelajarinya.
Seperti biasanya pembahasan yang pertama adalah tentang pengertian dari bilangan prima itu sendiri. Apa yang dimaksud dengan bilangan prima?
Bilangan prima adalah bilangan yang nilainya lebih besar dari 1 (satu) yang memiliki ciri yaitu bilangan tersebut hanya dapat dibagi dengan angka satu dan bilangan itu sendiri. Atau dengan kata lain jika bilangan itu bisa dibagi dengan angka 1 (satu) atau bilangan yang lainnya selain bilangannya sendiri maka hal itu bukanlah yang disebut dengan bilangan prima. Contoh angka atau bilangan yang bukan termasuk bilangan prima adalah angka 4 karena alasannya adalah angka 4 bisa dibagi dengan bilangan lainnya selain 4 itu sendiri atau bisa dibagi dengan 2 maka 4 bukanlah suatu bilangan prima.
Lalu bagaimanakah cara mudah untuk mencari bilangan prima tersebut?? mau tahu kah kawan- kawan??
Untuk mengetahuinya cara pertama adalah dengan menggunakan tabel atau yang lebih dikenal dengan saringan Erasthotenes yaitu dengan membuat tabel dengan menuliskan angka 1- 100 terlebih dahulu. Supaya lebih jelas mari kita lihat tabelnya da penjelesannya berikut ini:


Terus bagaimana langkah untuk mencari bilangan primanya?  untuk melakukan langkah tersebut sebelumnya kalian siapkan satu lembar kertas dan buat tabel seperti di atas lalu setelah itu kita bisa mengikuti langkah- langkah berikutnya. Tahapan untuk mencari bilangan prima adalah langkah pertama dengan mencoret angka satu dan mencoret angka kelipatan 2 tetapi angka 2 tidak dicoret. Selanjutnya mencoret kelipatan 3, 5, dan 7 tetapi ingat jangan sampai mencoret angkan 3, 5, 7. Ingat kelipatan dari angka- angka tersebut yang harus kita coret. Jika kita melakukan langkah- langkah tersebut maka tabel akan menjadi seperti ini:



Coba kalian perhatikan gambar tersebut di atas jadi bilangan yang tidak tercoret tersebut merupakan yang dinamakan bilangan prima. Angka 1 (satu) bukanlah bilangan prima karena kita harus ingat bilangan prima harus lebih dari satu. Jadi bilangan primanya adalah 2, 3,5,7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53, 59, 61, 67, 71, 73, 79, 83, 89 dan 97.
Demikianlah tadi kawan- kawan merupakan salah satu cara termudah yang digunakan untuk mencari bilangan prima yaitu dengan membuat lalu menuliskan angka satu sampai seratus serta menyaringnya sesuai peraturan yang sudah dijelaskan diatas  dan cara tersebut juga dinamakan dengan saringan Erasthotenes. Jadi kawan- kawan sekarang sudah jelas bukan untuk mencari bilangan prima?? kalau seandainya sudah jelas jangan berbagi ilmu dengan kawan- kawan yang lainnya ya!!. Semoga bermanfaat ya dan terima kasih.

Pengertian Bilangan Prima Dan Cara Mencari Bilangan Prima | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar