Definisi Teks Laporan Hasil Observasi

Dalam sebuahproses pembelajaran tentunya kita pernah diajarkan tentang bagaimana mengamati sebuah objek untuk dijadikan sebagai bahan observasi.  Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan definisi teks laporan hasil observasi dalam mengamati sebuah objek. Observasi sendiri memiliki struktur,diskripsi umum, dan diskripsi manfaat.  Untuk mendapatkan sebuah hasil yang baik tentunya para pelaku observasi harus menuliskan hasil pengamatan mereka dan disampaikan kepada orang yang memintanya melakukan observasi.  Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang bagaimana melakukan penulisan teks laporan hasil opservasi alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu bagian - bagian terpenting dalam melakukan penulisan teks hasil observasi.

Teks Laporan Observasi merupakan teks yang membahas dan menjelaskan secara umum atau melaporkan suatu hasil pengamatan dan kegiatan yang dilakukan.  Dalam laporan teks observasi terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian,dan deskripsi manfaat.  Dalam laporan teks hasil observasi melaporkan dan menyajikan hasil observasi yang sifatnya factual atau berdasarkan fakta (kenyataan).

Struktur Teks Observasi
  • Definisi Umum
Definisi umum berisi tentang pengertian atau konsep kebersihan lingkungan, sehingga kita harus menjabarkan dahulu tentang devinisi atau konsep kebersihan lingkungan secara umum, sehingga pelaku observasi apat memberikan penyataan dan dapa dipercayai sebagai prinsip dalam kebersihan lingkungan.
  • Deskripsi Bagian
Dalam deskripsi bagian berisi tentang bagian - bagian yang lebih detail tentang sebuah konsep atau isi ari topic yang dijadikan sebuah laporan
  • Deskripsi Manfaat
Dalam deskripsi manfaat berisikan sebuah manfaat dari objek observasi dan manfaaat yang bias diambil dan dijadikan menjadi sebuah proses observasi yang telah ditentukan

Contoh Laporan eks Observasi :


Laporan Hasil Observasi Kehijauan Alam Lingkungan Desa Seputih Raman Lampung Tengah
Pelapor : Andini Pamungkas
Objek yang diamati : Kehijauan alami lingkungan
Waktu Pengamatan : Senin - Rabu, 12-14 Mei 2016
Tempat pengamatan : Desa Rama Murti
Tujuan Pengamatan : Mengetahui kondisi kehijauan alam dan bagaimana warga menjaga kehijauan alam di lingkungan tempat tinggal mereka.


Definisi umum :

Hijau alam adalah suatu tanda kesuburan tanah. Selain indah dipandang mata, kehijauan alam yang ditandai dengan masih lestarinya tanaman-tanaman juga dapat menambah produksi gas oksigen untuk lingkungan sehingga udara menjadi bersih dan segar.

Deskripsi bagian :

Kondisi kehijauan alam di desa Subur Makmur agak memprihantinkan. Meskipun belum masuk dalam wilayah kota, namun sudah banyak gedung-gedung ruko tempat warga berdagang yang pembangunannya mengambil lahan hijau. Hal tersebut menyebabkan udara menjadi lebih panas. Kurangnya pohon-pohon rindang juga turut menjadi faktor menurunnya kualitas udara dan lingkungan di desa tersebut. Sudah jarang kami temui taman-taman yang hijau yang dulu nya menjadi area bermain anak-anak. Lahan tersebut kini sudah berganti menjadi pasar. Mayoritas warga desa Subur Makmur adalah para pedagang. Sampah-sampah yang berserakan di sekitar pasar juga cukup mengganggu penciuman hidung dan pemandangan mata. Petugas kebersihan juga tampak sangat sedikit sehingga sampah-sampah tersebut tidak teratasi secara maksimal dan kurangnya kesadaran para pedagang serta warga untuk menjaga kebersihan juga memperparah kondisi. Tanaman-tanaman yang disumbang oleh pemerintah kota juga nampaknya tidak dirawat dengan baik. Banyak yang layu dan mati karena tidak pernah disirami air. Setalah melakukan observasi ini, hasil nya akan dilaporkan kepada pihak pemerintah/instansi terkait untuk ditindaklanjuti dan diberi solusi untuk ke depannya.


Deskripsi manfaat :

 Kehijauan alam lingkungan dapat membantu mengurangi efek rumah kaca. Dampak hari kehijauan lingkungan juga banyak bagi kemaslahatan umat manusa di bumi, terutama kebebasan dan kesegaran paru-paru kita dalam menghiup udara dari luar. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kehijauan alam, yaitu mengurangi sampah rumah tangga, mendaur ulang sampah, menghemat penggunaan air, melakukan penghijauan dengan menanam pohon dan merawatnya dengan baik, mengurangi penggunaan pendingin ruangan, tidak menebang pohon atau memetik tanaman secara sembarangan, menanam pohon atau tanaman di setiap rumah, mengurangi penggunaan kantong plastic yang sulit di daur ulang, dan menciptakan kesadaran diri akan pentingnya menjaga kehijauan alam agar aksi tersebut dapat berjalan secara kontinu.
Definisi Teks Laporan Hasil Observasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar