Pengertian, Definisi Dan Contoh Kalimat Deduktif, Induktif, dan Campuran

Pengertian,Definisi Dan Contoh Kalimat Deduktif, Induktif, dan Campuran - Paragraf merupakan rangkaian berbagai kalimat yang saling berhubungan dan mengandung sebuah makna atau gagasan alias topik yang mutlak yang sedang dibahas di dalamnya. Ada berbagai tipe Paragraf di dalam bahasa Indonesia yaitu Paragraf deduktif, Induktif, dan campuran.

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan sebuahParagraf yang kalimat utamanya terletak pada awal Paragraf. Pada sebuah pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dibekali dengan penjelasan-penjelasan khusus yang berupa contoh, pembahasan khusus, bukti dan lain-lain. Sebab Paragraf deduktif dikembangkan dari sebuah pernyataan umum, maka pola kalimatnya merupakan dari umum ke khusus.

Ciri-ciri kalimat deduktif:

a. Kalimat mutlak berada di awal paragraf.
b. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul oleh sebuah penjelasan-penjelasan

Pola Paragraf deduktif:
  • Umum
  • Khusus
  • Khusus
  • Khusus
Contoh Paragraf deduktif:

Kemacetan telah menjadi faktor yang biasa di Kota Jakarta. Faktor kemacetan adalh.  yang 
Pertama, jumlah kendaraan yang ada di Jakarta tak sebanding dengan luasnya jalan. Kedua, Minimnya kedisiplinan bagi semua pemakai jalan. Ketiga, Hadirnya sebuah tempat-tempat yang menganggu lalu lintas semacam parkir liar, pedagang kaki lima, pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tak dimanfaatkan, banjir, dan sebagainya. Yang terbaru, Ketidak tegasan aparat yang berwenang dalam menindak pelanggar lalu lintas

2. Paragraf Induktif

Kalimat mutlak Paragraf induktf terletak dibagian akhir Paragraf. Pada paragraf ini diawali kalimat-kalimat penjelas yang berupa sebuah fakta, contoh, pembahasan khusus maupun  bukti yang disimpulkan dan digeneralisasikan pada satu kalimat pada akhir Paragraf. Pada Paragraf Induktif merupakan sebuah perkembangan yang didapat dari pola khusus ke umum.

Ciri-ciri kaliamat Induktif
  • Dimulai dengan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Digeneralisasikan menjadi kesimpulan yang berdasarkan dari penjelasan-penjelasan khusus.
  • Pada sebuah kesimpulan yang merupakan kalimat mutlak tersedia di akhir Paragraf.
Pengertian, Definisi Dan Contoh Kalimat Deduktif, Induktif, dan Campuran
Baca Juga : Pengertian Dan Contoh Kalimat Deklaratif Dalam Bahasa Indonesia

Pola Kalimat Induktif
  • Khusus,
  • Khusus,
  • Khusus,
  • Umum.
Paragraf Induktif terdiri dari berbagai tipe yaitu

a. Generalisasi

Seusai ujian anak-anak di periksa, nyatanya kualitas mereka beragam. Sebnyak 20 siswa kualitasnya melebihi standar kelulusan. 10 siswa mendapat kualitas cocok pada standar kelulusan, dan tak ada seorangpun yang mendapat kualitas dibawah standar. Dapat dikatakan kegiatan belajar di kelas ini lumayan sukses.

b. Analogi

Pendidikan di masa tua membutuhkan sebuah usaha yang ekstra shal ini disebabkan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini telah sangat berminim. Bahkan motivasi yang dimiliki juga telah melemah sebab kekebanyakan pikiran yang mempengaruhi. Itu sebabnya mengapa dikatakan belajar di waktu tua semacam melukis di atas air. 

c. Sebab-dampak

Saat ini kami telah memasuki musim penghujan. Kekebanyakanan sampah yang menumpuk dampak kami sering membuang sampah sembarangan.sehingga mendangkalnya permukaan sungai saat ini. Oleh sebab itu, tak mengherankan banjir rutin datang setiap hari.

d. Perbandingan

Agung suka membantu setiap orang. Dirinya rutin ramah terhadap siapapun. Tak semacam adiknya Agung yang suka menjahili orang. Agung terkanal sebab kenakalannya daripada prestasinya. Itulah mengapa kedua saudara ini mendapat perlakuan beda dari kawan-kawanya.

3. Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang diawali dengan mengemukakan kalimat mutlak yang kemudian di ikuti sebuah kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri oleh kesimpulan dibagian akhir Paragraf. Dengan kata lain Paragraf ini mempunyai 2 kalimat utama.
Ciri-ciri Paragraf campuran:

a. Mempunyai kalimat mutlak pada sebuah awal Paragraf yang kemudian ditekankan kembali pada sebuah akhir paragrapah.
b. Adanya pengulangan alias variasi pada berbagai kata kunci alias keyword pada awal dan akhir paragraf.

Pola Paragraf campuran:
  • Umum,
  • Khusus,
  • Khusus,
  • Umum.
Contoh:
Semua pekerjaan sehari-hari kami membutuhkan manusia lainnya. Umpama saja kami ingin makan, pasti saja kami membutuhkan petani untuk memperoleh nasi, nelayan untuk memperoleh ikan dan peternak untuk memperoleh daging. 

Pengertian, Definisi Dan Contoh Kalimat Deduktif, Induktif, dan Campuran | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar