5 Perspektif Yang Digunakan Sebagai Tolok Ukur Kepemimpinan Yang Efektif



Effective Leadership

Dalam suatu organisasi dibutuhkan manajemen serta ‘suatu hal’ guna mengendalikan agar manajemen itu dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaiaan tujuan organisasi itu sendiri. ‘suatu hal’ yang saya maksudkan adalah kepemimpinan. Apabila diperhatikan lebih jauh kepemimpinan bukan berarti sosok seorang pemimpin, melainkan suatu kemampuan dan keterampilan dalam mempengaruhi orang lain.

Materi mengenai kepemimpinan ini digunakan tidak hanya terbatas dalam suatu organisasi saja, melainkan juga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa? Karena pada dasarnya kepemimpinan itu berarti berkaitan dengan orang lain. Dan kita hidup pun banyak melakukan interaksi dengan orang lain. Oleh sebab itu, hal-hal mengenai kepemimpinan menjadi suatu pengetahuan yang bagi saya pribadi sangat bermanfaat. Sebenarnya semua orang memiliki kemampuan dalam kepemimpianan, hanya saja yang membedakannya adalah kuantitas dari konteks/perspektif.
Ada beberapa perspektif yang dapat kita gunakan sebagi tolok ukur kepemimpinan yang efektif, antara lain:
  1. Perspektif sifat/kesifatan
  2. Perspektif prilaku
  3. Perspektif kekuatan pengaruh
  4. Perspektif perubahan
  5. Perspektif situasional

Berdasarkan perspektif sifat/kesifatan dan prilaku, apabila seseorang memiliki sifat-sifat dan prilaku tertentu—kesadaran, pendirian, keberanian, kreativitas, keingintahuan, dll—akan terlihat sebagai sosok pemimpin dalam situasi apapun di mana ia berada. Dari konteks kekuatan pengaruh, kepemimpinan seseorang terlihat dari kemampuan memmpengaruhi orang lain untuk melakukan hal yang kita inginkan. Kemudian melihat dari pandangan orang lain bahwa perubahan yang terjadi berkat dirinya. Namun perspektif kepemimpinan tersebut akan terlihat berbeda-beda mengingat situasi dan kondisi tertentu. Ada kalanya seseorang memiliki efektifitas kepemimpinan pada situasi tertentu, tetapi tidak di situasi yang lain. Yang perlu diperhatikan, kita tidak bisa menapikkan bahwa perspektif tersebut tidak dapat kita pisahkan, karena antara perspektif yang satu dengan yang lain merupakan satu kesatuan yang saling menentukan.

5 Perspektif Yang Digunakan Sebagai Tolok Ukur Kepemimpinan Yang Efektif - Dengan merefleksikan dan menelaah lebih jauh dasar-dasar kepribadian kita, gaya kepemimpinan yang kita miliki pun dapat dengan mudah kita ketahui dan dapat kita gunakan dalam pencapaian tujuan dalam kehidupan kita.
5 Perspektif Yang Digunakan Sebagai Tolok Ukur Kepemimpinan Yang Efektif | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar