12 Dasar Pengantar Keuangan Dalam Ekonomi Akutansi Lengkap

Pengantar Keuangan Perusahaan
  1. Tiga jenis keputusan manajemen keuangan
    1.  Penganggaran modal, proses perencanaan dan pengelolaan investasi jangka panjang sebuah perusahaan. Contoh: keputusan untuk membuka satu toko pada perusahaan Wal-Mart.
    2. Struktur modal, kombinasi spesifik ekuitas dan utang jangka panjang yang digunakan perusahaan untuk mendanai operasinya. Contoh: menentukan besaran persentase kombinasi antara ekuitas dan utang.
    3. Manajemen modal kerja, perencanaan dan pengelolaan asset jangka pendek sebuah perusahaan. Contoh: keputusan pembelian persediaan secara kredit atau tunai.
  2.  Empat kelemahan bentuk organisasi bisnis perusahaan perseorangan
    1. Pemilik memiliki kewajiban tak terbatas atas utang-utang bisnisnya.
    2. Tidak ada pembedaan antara pendapatan pribadi dengan usaha.
    3. Kelangsungan perusahaan terbatas pada rentang usia pemiliknya, dan jumlah ekuitas yang dapat dihimpun terbatas pada kekayaan pribadi pemilik.
    4. Kepemilikian atas perusahaan akan sulit untuk dipindahkan karena perpindahan ini mengharuskan penjualan keseluruhan bisnis kepada seorang pemilik baru.
    5. Empat kelemahan bentuk organisasi bisnis perusahaan persekutuan
    6. Pengantar Keuangan Perusahaan
      1. Persekutuan akan berakhir ketika seorang sekutu umum ingin menjual kepemilikannya atau meninggal dunia.
      2. Para sekutu umum memiliki kewajiban yang tidak terbatas.
      3. Jumlah ekuitas yang dapat dihimpun akan terbatas pada gabungan kekayaan para sekutu.
      4. Kepemilikan seorang sekutu dapat dapat dijual tanpa harus melebur perusahaan, akan tetapi mungkin sulit menemukan pembelinya.
      5. Keuntungan bentuk organisasi bisnis perusahaan perseorangan dan persekutuan dibandingkan perseroan.  Bentuk organisasi yang sederhana untuk dimulai, serta akan menjad mudah dan murah untuk didirikan.
  3.  Kelemahan utama bentuk organisasi bisnis perusahaan perseroan.  Uang yang dibayarkan kepada pemegang saham dalam bentuk deviden akan dikenakan pajak lagi sebagai pendapatan bagi para pemegang saham tersebut, yang artinya laba perseroan dikenakan pajak dua kali (double taxation).  Keuntungan bentuk organisasi bisnis perusahaan perseroan
    1. Perseroan memiliki banyak hak, kewajiban, dan fasilitas seperti seorang manusia.
    2. Perseroan dapat menjadi sekutu umum atau sekutu terbatas di dalam suatu orsekutuan
    3. Perseroan dapat memiliki saham perseroan yang lain.
    4. Kepemilikan dapat dengan segera dipindahkan dan masa perseroan karenanya menjadi tidak terbatas.
    5. Pemegang saham memiliki hutang yang terbatas atas utang-utang perseroan. Kerugian terbesar yang dapat mereka tanggung adalah sebesar apa yang telah mereka investasikan
  4.  Biaya kepatuhan yang diterapkan oleh Sarbanes-Oxley, atau yang bisa disebut Sarbox, dinilai terlalu besar. Bagi perusahaan besar dengan pendapatan miliaran dolar, biaya kepatuhan tersebut mungkin hanya 0,05 persen dari pendapatannya. Namun bagi perusahaan-perusahaan kecil, biaya tersebut bisa mencapai skitar 4,5 persen, suatu biaya yang sangat besar. Keluarnya perusahaan-perusahaan kecil dari bursa saham menjadi keputusan untuk melakukan penghematan.Harga saham perusahaan-perusahaan yang menyatakan akan keluar bursa pada umumnya akan jatuh.  Lebih jauh, perusahaan-perusahaan seperti itu memiliki akses yang terbatas ke pasar modal dan biasanya memiliki biaya bunga atas pinjaman bank yang lebih  tinggi.
  5. Manajerial dan pemegang saham. Pihak yang berfokus pada keuangan perusahaan adalah manajerial.
  6. Memaksimalkan nilai per lembar saham saat ini dari saham yang ada.
  7. Perusahaan dimiliki oleh pemegang saham, dan hubungan antara pemegang saham dengan manajemen terjadi ketika seorang pemilik perusahaan mempekerjakan orang lain untuk mewakili kepentingannya.  Pemegang saham memilih dewa direksi, yang lau akan mempekerjakan dan memecat manajer. Dalam semua hubungan seperti ini, terdapat kemungkinan adanya konflik kepentingan diantara pemegang saham dan manajer, konflik ini disebut masalah keagenan.
  8. Initial Public Offering atau IPO merupakan penjualan sekuritas untuk pertama kalinya oleh perusahaan dan pemerintah yang disebut juga dengan pasar primer atau perdana.
  9. Bursa Saham New York merupakan pasar lelang tempat perdagangan saham ekuitas dari kebanyakan perusahaan besar di Amerika Serikat secara teroganisir.  Pasar lelang memiliki dua perbedaan dibandingkan dengan paar diler. Pertama, pasar atau bursa lelang memiliki lokasi fisik. Kedua, pada pasar diler, kebanyakan pembelian dan penjualan dilakukan oleh diler. Di lain pihak, pasar lelang bertujuan mempertemukan penjual dan pembeli. Sedangkan pasar diler hanya memainkan peranan yang terbatas. NASDAQ itu sendiri adalah asosiasi diler sekuritas nasional (pasar diler)
  10. Sasaran manajemen keuangan perusahaan nirlaba adalah mengambil keputusan yang akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional.
  11. Manajer yang hanya memfokuskan diri pada pencapaian nilai saham saat ini, bisa dikatakan bahwa manajer tersebut melakukan penekanan untuk kepentingan mendapatkan insentif ekonomis semata. Selain itu, factor promosi juga menjadi alas an manajer focus pada nilai saham saat ini.
  12. Era bisnis  saat ini sudah memasuki periode dimana konsumen/pelanggan adalah pihak yang harus diutamakan untuk keberlangsungan bisnis. Oleh sebab itu, kepuasan konsumen/pelanggan tidak bisa dikesampingkan. Selain itu, isu lingkungan hidup yang saat ini sedang gencar-gencarnya dikampanyekan, menjadi salah satu pertimbangan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Ketika suatu perusahaan memgang teguh etika dan aturan hokum dalam berbisnis, serta menerapkan kebijakan yang memberikan perhatian lebih untuk keselamatan pelanggan dan karyawan, lingkungan hidup, dan kesejahteraan masyarakat, maka pada umumnya masyarakat luas atau calon investor pada khususnya akan memberikan nilai lebih bagi perusahaan tersebut, sehingga citra positif yang dimiliki perusahaan akan berbanding lurus dengan tingkat permintaan akan saham perusahaan yang akhirnya berdampak pada peningkatan nilai saham itu sendiri.

12 Dasar Pengantar Keuangan Dalam Ekonomi Akutansi Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar