Struktur Dan Fungsi Sel Pada Tumbuhan

                                                       
Struktur dan fungsi sel Pada Tumbuhan  - Pada musim kemarau, daun daun pada tumbuhan mulai menguning, dan ahirnya meningggal kan rantingnya , hal ini memnbuktikan bahwa sel sel yang ada sudah mati sehinga daun tidak dapat memproses zat makanan yang ada. Cara sell menysun organisme ? secara structural , sel merupakan mahluk hidup, baik mahluk hidup bersel satu maupun banyaktumbuhan aataupun hewan.

Sel merupakan unit terkecil dari mahluk hidup.  hal ini karna sel tidak dapat di bagi bagi lagimenjadi bagian yang lebih kevcil. sel ,merupakan kesatuan  fungsional kehidupan.barati sel dapat melakukan proses kehidupan seperti perombakan. 

A. sejarah penemuan sel : Pada tahun 1665 , Robert Hooke mengamati sayatan gabus dari batang Quercus suber menggunakan microskop.  dalam pengamatan nya ia menemukan adanya ruang ruang kosong yang di batasi dinding tebal. dia menyebutnya ruang ruang kosong tersebut dengan istilah Cellulae yang artinya sel.  Sel yang di temukan Roobert Hooke sel gabus yang telah mati.semenjak itu banyak ilmuan berlomba lomba untuk mengetahui lebih banyak tentang sel

Seorang ahli mikroskop asal belanda bernama Antonie Van Leeuwenhoek (1632-1723) meranang sebuah mikroskop kecil berlensa tunggal . mikroskop itu di gunakan untuk mengamati air rendaman jerami.  dssana ia menemukan organisme bergerak gerak.  Antoni orang pertama yang menemukan sel hidup.
Struktur Dan Fungsi Sel Pada Tumbuhan 

A.  sel merupakamn kesatuan atau unit struktural mahluk hidup.  Jacob Scheleiden ( 1804 - 1881 ) dan Theodor Schwan (1810 -1882 ) tahun 1839, schleiden ahli boani berkebangsaan jerman mengadakan pengamatan mikroskoppis terhadap sel tumbuhan .  Dari hasil pengamatan di tarik sebuah keimpulan :
1, Tiap Mahluk hidup terdiri dari sel
2. sel merupakan unit structural terkecil pada mahluk hidup
3. organisme bersel tunggal terdiri dari sebuah sel , organisme lain yang terdiri lebih dari satu sel di sebut bersel banyak.

B.  Sel sebagai fungsional Mahluk hidup
Max Schultze (1825 - 1874 ) menyatakan bahwa protoplasma merupakan dasar fisik kehidupan , photoplasma bukan hanya bagian struktural sel, tetapi juga merupakan bagian penting sel sebagai tempat berlangsung reaksi kimia kehidupan.
C.  Sel sebagai unit pertumbuhan mahluk hidup (Rudolph Virchow  1821 -1902)
D.  Sel merupakan Unit hereditas makhluk hidup.

pertemuan pertemuan yang m,endukung perkembagan teori sel sebagai berikut :

1.  Robert Brown (1812), Biologi Skotlandia, menemukan benda kecilterapung dalam cairan sel yang ia sebut Nukleus.
2.  Felix Durjadin (1835) bagian terpenting sel adalah cairan yang sekarag di sebut Protoplasma
3.  Johanes Purkinye (1787 - 1869 ) orang pertama yang mengajukan istilah pratoplasma untuk menamai bahan embrional sel telur .

Struktur Dan fungsi Sel Pada Tumbuhan  - Dari Pembahasan diatas tentunya kita semua dapat memahami jenis - jenis sel dan fungsinya. Semoga artikel Ini dapat bermanfaat bagi teman - teman semua.  Terimakasih
Struktur Dan Fungsi Sel Pada Tumbuhan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar