PengertianDan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap

PengertianDan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap - Paragraf argumentasi merupakan salah satu tipe paragraf yang sering sekali kami temui dalam perbincangan sehari-hari, seperti di dalam esai, tajuk wacana, serta teks-teks diskusi lainnya. 

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjabarkan dan membahas kalimat argumentasi dan bagianya.   Berikut ini pengertian dan macam - macam kalimat argumentasi sebagai berikut :
  • Pengertian Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan tutorial menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, alias ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk menyakitkan, alias mempengaruhi pembaca supaya mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat penulis. 

Supaya tujuan tersebut bisa tercapai, paragraf ini wajib disertai dengan fakta-fakta aktual semacam data, hasil research,teori ahli, contoh, serta lain-lain. Faktor ini diperbuat untuk menguatkan pendapat-pendapat yang dijabarkan dalam paragraf tersebut, jadi pendapat Kamu tidaklah sekedar omong kosong serta pembaca bakal merasa yakin serta sependapat dengan pemikiran Anda. 
  • Perbedaan Antara Paragraf Argumentasi serta Paragraf  Eksposisi

Sering sekali tak sedikit orang salah paham antara paragraf argumentasi serta paragraf eksposisi. Terbukti, kedua paragraf ini mempunyai kesamaan, yaitu mempunyai data-data actual di dalamnya. Tetapi, paragraf eksposisi memakai data-data tersebut hanya untuk membahas. Sedangkan pada argumentasi, data-data tersebut dipakai untuk membuktikan bahwa pendapat kami tersebut adalah benar.  

Lain halnya dengan paragraf argumentasi yang menginginkan pembaca mempercayai apa yang disampaikan di dalam paragraf, jadi dibagian akhir paragraf sering kami menemukan satu kesimpulan utuh dari hal-hal yang telah dijabarkan sebelumnya.

 Paragraf Argumentasi

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Berdasarkan arti di atas, sebuahparagraf bisa dikatakan paragraf argumentasi apabila mempunyai ciri-ciri berikut ini.
  • Mengemukakan ide tentang suatu permasalahan yang sedang hangat – hangatnya terjadi di dalam masyarakat.
  • Berisi tentang pendapat – pendapat penulis yang dijabarkan dengan sangat jelas dan disertai dengan bukti berupa data, fakta, maupun contoh.
  • Pendapat – pendapat yang disampaikan harus jernih, sehat, kritis atau logis.
  • Data – data yang disajikan berupa hasil dari sebuah observasi atau pengamatan. Dengan kata lain, bukan data asal – asalan.
  • Menyajikan kesimpulan di akhir paragraf berupa inti dari permasalahan tersebut.
Jenis serta Contoh Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi dikelompokkan menjadi dua berdasarkan tutorial pengembangan topik utamanya, yaitu paragraf argumentasi sebab-dampak, serta paragraf argumentasi dampak-sebab. 
  • Paragraf Argumentasi Sebab-Dampak
Paragraf ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa sebab-sebab dari sebuahperpersoalanan tertentu yang pada akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum yang disebut juga dengan dampak dari sebab-sebab tersebut.

Contoh 

ini sampah berserakan di mana – mana. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita. Sampah – sampah tersebut biasanya berasal dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan malas membuang sampah pada tempatnya. Sampah – sampah yang berkumpul itu menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mencemarkan udara. Selain itu, tumpukan sampah tersebut menjadi sarang berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Sumber penyakit tersebut akan terbawa dengan udara sehingga akan terhirup oleh kita. Akibatnya, kita akan menjadi sakit dan tentunya juga akan menular kepada orang lain yang menghirup udara yang sama tersebut.

  • Paragraf Argumentasi Dampak-Sebab
Paragraf argumentasi ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa dampak dari sebuahperpersoalanan tertentu serta dibagian akhir paragraf dijabarkan apa yang menjadi penyebab dampak-dampak tersebut.

Contoh 

Jumlah kecelakaan di jalan raya tahun ini melonjak tajam. Bahkan lebih parah dari lima tahun terbaru. Menurut data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu jumlah permasalahan kecelakaan di jalan hanya mencapai 3.500 permasalahan, bandingkan dengan tahun ini yang telah mencapai 4.300 permasalahan pada H + 3 lebaran, jadi dipastikan bakal terus bertambah jumlahnya. Dari 4. 300 permasalahan tersebut, persentase yang paling tak sedikit adalah kendaraan bermotor. Melonjaknya angka kecelakaan ini dikarenakan oleh bertambahnya jumlah pemudik yang memakai kendaraan bermotor. 

Cukup sampai disini pembahasan mengenai paragraf argumentasi, semoga penjelasan  hari ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan Kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dan permasalahan dalam bahasa Indonesia. Terimakasih
PengertianDan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar