Tanggung Jawab Dan Tugas Seorang Sales Marketing Dalam Sebuah Perusahaan

Tanggung Jawab Dan Tugas Seorang Sales Marketing Dalam Sebuah Perusahaan - Dalam sebuah perusahaan pembagian tugas sangat diharuskan hal ini untuk mendapatkan potensi hasil yang baik.  Dalam sebuah perusahaan pemasaran dan pengenalan sebuah produk kepada konsumen sangatlah penting sehingga dalam sebuah perusahaan selalu membagi tugasnya untuk menjadi seorang sales marketing. Seorang marketing sendiri memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda - beda tergantung dimana mereka bekerja.  Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tugas dan tanggung jawab marketing.  Pada umumnya tugas seorang marketing adalah sama, sales marketing bank, sales marketing hotel, dan tugas sales marketing sebuah perusahaan lainnya.

Tugas Seorang Sales Marketing 
  • Membuat Program Marketing Dalam Perusahaan
Pada umumnya, seorang marketing executive bakal merencanakan serta membikin program pemasaran dengan tim marketing, yang nantinya bakal dijalankan bersama tim marketingnya.
  • Menawarkan Produk Dan Jasa Perusahaan Terhadap klien
Tugas marketing executive adalah menawarkan produk kepada pelanggan atau konsumen, dalam konteks lebih terhadap bagaimana sebaiknya memperperbuat produk alias jasa perusahaan dalam kaitannya dengan konsumen.
  • Mempromosikan Produk Dan Jasa Perusahaan Kepada Konsumen Atau Klien
Marketing executive wajib tahu bagaimana Prosedur mempromosikan produk dan jasa perusahaannya supaya bisa memenangkan hati konsumen serta diterima baik oleh para konsumen, jadi bisa terjalin hubungan kerja sama bisnis dalam mencapai sasaran penjualan.
  • Memasarkan Produk Dan Jasa Perusahaan
Marketing executive harus dapat mencari serta memperoleh konsumen baru, guna memperbaharui serta meningkatkan kualitas konsumen bagi perusahaan yang bakal menjalin hubungan bisnis baru untuk kemajuan perusahaan, jadi bisa memasarkan produk alias jasa perusahaan tempatnya bekerja. 
  • Mencapai Target Penjualan
Kemajuan perusahaan sangat ditentukan oleh tim marketing, dimana tim marketing wajib dan sanggup mencapai target penjualan sesuai yang di inginkan perusahaan. Dimana marketing executive bertanggung jawab atas tercapainya target penjualan
  • Mempertahankan Konsumen - Konsumen lama
Sales Marketing executive harus dapat menjaga hubungan komunikasi dan kerja yang baik terhadap kunsumen, hal ini berguna untuk menjaga citra perusahaan terhadap kualitas yang diberikan kepada konsumen.

Tahap - Tahap Prosmosi Sales Marketing
  • Peran sebagai promosi 
Sebagai tahap yang menawarkan perusahaan terhadap masyarakat, melewati produk yang dibangun oleh perusahaan tersebut.
  • Peran sebagai sales 
Pemasaran yang bertugas menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan tutorial menjual produk perusahaan tersebut.
  • Peran dalam konsep komunikasi pemasaran : 
Organisasi pemasaran berperan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat dan menjembatani antara perusahaan dan lingkungan eksternal.
  • Peran dalam bidang pengembangan dan riset : 
Pemasaran mempunyai tugas untuk menyerap info dan memberi tau terhadap perusahaan mengenai segala sesuatu yang berguna untuk menambah nilai dan penjualan produk.

Proses Pemasaran Dalam Dunia Marketing
  • Menentukan Misi Perusahaan
Hal yang pertama dari setiap Tugas Marketing merupakan penentuan misi perusahaan. Pernyataan misi didasarkan pada analisis yang cermat mengenai kegunaaan yang diharapkan oleh pelanggan yang ada sekarang maupun calon pelanggan dan analisis kepada kondisi lingkungan yang ada. Pernyataan misi sewajibnya berfokus pada pasar yang ingin dilayani oleh perusahaan dan bukannya berfokus pada produk yang ditawarkan.
  • Menentukan Tujuan Dan Sasaran
Sebelum rincian pemasaran dibuat, tujuan dan sasaran dalam rencana pemasaran wajib ditetapkan.  Tanpa sasaran, tak bakal ada dasar untuk pengukuran kesuksesan sebuahkegiatan rencana pemasaran. Penetapan sasaran wajib memenuhi berbagai kriteria yaitu sasaran wajib realistis, bisa diukur dan berjangka waktu dan sasaran wajib konsisten.
  • Menentukan Situasi
Sebelum meperbuat aktivitas pemasaran, para pemasar wajib memahami lingkungan yang ada pada sekarang maupun lingkungan dimana sebuahproduk dan jasa yang bakal dijual. Analisis dalam situasi ini biasanya disebut analisis SWOT, dalam faktor ini perusahaan wajib mengidentifikasikan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities) dan ancaman (threats). Dengan cara internal, lingkungan perusahaan memperhatikan persoalan-persoalan semacam kesetiaan kerja, sentralisasi dalam pengambilan keputusan, kriteria promosi dan teknik pembagian persoalan. Sedangkan dengan cara eksternal, lingkungan perusahaan diungkapkan perusahaan melewati tutorial dalam beraksi kepada persoalan dan kesempatan.
  • Merancang Trik Pemasaran
Strategi pemasaran meliputi kegiatan menyeleksi berbagai sasaran pasar, mengembangkan dan merawat bauran pemasaran yang bakal menghasilkan kepuasan bersama dengan pasar yang dituju. Taktik pemasaran yang dituju merupakan mengelompokkan segmen-segmen pasar yang bakal dilayani, dimana perusahaan bisa menentukan satu alias lebih segmen sebagai sasaran pemasaran. Sedangkan bauran pemasaran mencakup pada taktik produk (product), distribusi promosi (promotion), penentuan harga (price) dan tempat (place) biasa disebut dengan 4P di mana yang bakal dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang ditujukan.

Tanggung Jawab Dan Tugas Seorang Sales Marketing 

Tips Menjadi Seorang Sales Marketing
  • Kenali market Anda
Pada musim apa Kamu ingin memasarkan produk alias jasa tersebut, serta siapa saja yang menjadi sasaran jual Anda. Pastikan Kamu menjual produk alias jasa pada orang yang cocok.
  • Have a good appearance
Kesan pertama bakal terkesan dari penampilan Anda. Berbagilah kesan baik serta meyakinkan ketika sasaran menonton Anda, sebab dengan penampilan Kamu yang nampak rapih serta meyakinkan maka sasaran Kamu bakal menilai bahwa produk alias jasa yang ditawarkan mempunyai nilai yang baik.
  • Perluas koneksi alias kenalan Anda. 
Kembangkan sayap Anda, jangan hanya terbatas lingkup kecil saja. Butuhas wawasan Kamu untuk memasuki dunia yang belum sempat Kamu tahu. Terus tak sedikit koneksi serta wawasan yang Kamu miliki maka terus besar peluang Kamu untuk memperoleh client baru.
  • Kuasai produk alias jasa yang ditawarkan (product knowledge)
Bagaimana mungkin Kamu memperkenalkan produk alias jasa yang ditawarkan terhadap calon konsumen tetapi Kamu belum menguasai dengan cara penuh tentang keunggulan, ketidak lebihan, harga, nilai, sasaran konsumen alias client, serta faktor lainnya.
  • Keluar Dari Comfort Zone (Zona Nyaman)
Kamu bekerja dengan target, apabila Kamu bisa untuk memperoleh yang lebih maka tak ada argumen bagi Kamu untuk berhenti. Beranikan diri Kamu untuk melangkah keluar dari zona enjoy untuk memperoleh tantangan baru, umpama memperoleh client dari kalangan yang sempat Kamu masuki sebelumnya. Faktor ini bakal menuntut Kamu untuk mempunyai performa kecepatan beradaptasi.
  • Ciptakan Antusiasme Dalam Diri Anda
Menciptakan antusiasme diperlukan usaha serta kerja keras, intensionalitas, serta tindakan. Antusiasme adalah perbuatan alias aksi bukan hanya suatu  impian. Maka berusahalah untuk mewujudkan apa yang telah Kamu impiankan.
  • Catat Testimonial
Client Kamu merasa puas dengan produk alias jasa yang Kamu jual, catat testimoni dari mereka. Suatu  testimoni sangat berarti sebagai bukti keunggulan produk Anda. Mereka mungkin bakal berbicara hal-hal yang tak sempat terpikirkan oleh Anda.
  • Bergulat Dengan Kenyataan
Dunia Marketing adalah dunia yang penuh dengan persaingan dalam bentuk barang maupun jasa, mental yang baik sangat diutamakan dalam diri seorang sales marketing. Penolakan merupakan hal wajar dalam dunia Marketing, maka diperlukan kesabaran serta ketahanan mental yang baik. Dengan mental yang baik kesuksesan akan menyertai anda

Tanggung Jawab Dan Tugas Seorang Sales Marketing Dalam Sebuah Perusahaan - Demikian penjelasan singkat tentang sales marketing sebuah perusahaan.  Semoga artikel ini dapat digunakan sebagai sebuah panduan dalam belajar dan bekerja.  Terimakasih

Tanggung Jawab Dan Tugas Seorang Sales Marketing Dalam Sebuah Perusahaan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar