Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Manajemen Keuangan

Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Manajemen Keuangan - Dalam dunia usaha sebuah sistem harus dirancang sebaik mungkin agar dapat memantai atau mengontrol semua jenis orprasional yang dilakukan dalam sebuah usaha.  Untuk dapat memantu sebuah perusahaan dalam menghitung present value, sumber dana, yang mana kesemua itu berguna untuk menghitung dalam sebuah bidang manajemen keuangan.  Berbicara tentang uang tentunya timbul sebuah pertanyaan dibenak teman - teman semua tentang apa itu manajemen keuangan, proposal keuangan dan proposal manajemen keuangan.  Saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian , fungsi, manajemen keuangan.

Manajemen Keuangan 

Manajemen keuangan adalah salah satu bagian yang utama dari ilmu manajemen.  Pengertian manajemen keuangan sendiri adalah semua aktivitas entitas dalam bisni atau organisasi dalam kerangka penggunaan serta pengalokasian dana entitas bisnis sebuah perusahaan dengan efisien.  Pengertian manajemen ini mengalami berbagai perkembangan yang berawal dari sebuah pengertian yang hanya sekedar mengutamakan kegiatan mendapatkan atau memperoleh dana saja sampai mencakup semua kegiatan,mendapatkan, penggunaan dana hingga pengelolaan aset atas (aktiva).

Manajemen Keuangan merupakan salah satu bagian utama dari ilmu manajemen. Pengertian Manajemen Keuangan adalah semua aktivitas entitas bisnis (organisasi) dalam kerangka penggunaan serta pengalokasian dana entitas bisnis (perusahaan) dengan efisien. pengertian ini mengalami berbagai perkembangan berawal dari pengertian yang hanya sekedar mengutamakan kegiatan mendapatkan / memperoleh dana saja hingga mencakup kegiatan mendapatkan, penggunaan dana hingga pengelolaan atas aset (aktiva).

Beberapa pihak juga menjelaskan bahwa manajemen keuangan merupakan aktivitas sebuah perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara dan memperoleh sebuah pendanaan modal kerja, dengan menggunakan atau mengalokasikan dana dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama sebuah perusahaan.


Berikut Ini Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :

  • James Van Horne
James Van Horne menyatakan bahwa manajemen keuangan merupakan semua kegiatan 

dan aktivitas yang berhubungan langsung dengan perolehan, pendanaan serta pengelolaan aset (aktiva) dengan tujuan yang menyeluruh.

  • Suad Husnan
Menurut Suad Husnan manajemen keuangan merupakan manajemen semua fungsi keuangan
  • Bambang Riyanto
Sedangkan Bambang Riyanto mendefinisikan bahwa manajemen keuangan merupakan semua aktivitas yang dilakukan dengan biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntungkan dan sebuah upaya untuk menggunakan dana yang diperoleh  secara efisien dan efektif
  • Liefman
Liefman sendiri mendefinisikan bahwa manajemen keuangan merupakan sebuah upaya penyediaan uang dan mempergunaka dana tersebut guna mendapatkan aset (aktiva)

Dari penjelasan dan pembahasan diatas dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa pengertian manajemen keuangan secara sederhana merupakan sebuah proses dalam aktiva keuangan perusahaan yang dimulai dari cara memperoleh sebuah dana dan menggunakanya, penggunaanyapun harus tepat pada sasaran, efisien, dan efektif agar tujuan keuangan perusahaan yang telah ditetapkan dalam sebuah perencanaan dapat terwujud.

Ruang Lingkup Manjemen Keuangan 
  • Keputusan pendanaan: Keputusan pendanaan ini meliputi sebuah kebijakan manajemen dalam pencairan dana perusahaan, ( kebijakan menerbitkan obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek dan panjang perusahaan yang bersumber dari internal maupun eksternal perusahaan)
  • Keputusan Investasi : keputusan investasi ini merupakan sebuah kebijakan penanaman modal perusahaan kepada aktiva tetap atau Fixed Assets seperti gudang, tanah, dan peralatan atau mesin ataupun aktiva finansial yang berupa surat - surat berharga seperti saham, dan obligasi atau aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  • Keputusan Pengelolaan: Keputusan pengelolaan aset yang dimiliki secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan
Prinsip - Prinsip Manajemen Keuangan
  • Manajemen keuangan tidak hanya sekedar pencatatan akutansi.  Manajemen keuangan merupakan sebuah bagian yang sangat penting dan tidak dapat dianggap sebagai kegiatan tersendiri yang menjadi bagian dari pekerjaan bidang keuangan.
  • Manajemen Keuangan dalam prakteknya adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dan muncul dalam menyehatkan keuangan perusahaan atau organisasi.  Hal ini yang menyebabkan dibentuknya sebuah sistem manajemen keuangan agar prinsip ini dapat dijadikan sebuah dasar .  Berikut ini dasar - dasar yang dijadikan sebuah prinsip manajemn keuangan :
Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Manajemen Keuangan 


Prinsip -Prinsip Dasar Manajemen Keuangan :
  • Consistency (Konsistensi)
Consistency adalah sebuah sistem serta kebijakan keuangan perusahaan yang harus konsisten, dan tidak berubah dari priode ke priode berikutnya, namun sistem keuangn bukan berati tidak dapat dilakukan sebuah penyesuaian apabila terjadi sebuah perubahan yang signifikan didalam perusahaan. Pendekatan keuangan yang tidak konsisten dapat menjadi sebuah tanda bahwa terdapat sebuah manipulasi pada pengelolaan keuangan perusahaan yang bersangkutan.
  • Accountability (Akuntabilitas)
Accuntability merupakan sebuah prinsip yang mana sebuah kewajiban hukum atau moral yang melekat pada individu atau kelompok ,perusahaan untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana dana atau kewenangan yang telah diberikan kepada pihak ke tiga dapat dipergunakan.  Pada pihak tertentu harus dapat memberikan penjelasan tentang penggunaan sumber daya dan sesuatu yang sudah dicapai kepada pihak - pihak yang berkepentingan agar semua tahu bagaimana kewenangan dan dana yang dimiliki itu dipergunaakan.

  • Transparancy (Transparansi)
Pada prinsip ini menjelaskan bahwa manajemen seharusnya terbuka terhadap pekerjaannya dan memberikan informasi tentang rencana dan segala aktivitas kepada pihak yang berkepentingan termasuk memberi laporan keuangan yang wajar, lengkap, tepat waktu dan akurat dan dapat diakses dengan mudah oleh pihak - pihak yang berkepentingan dan apabila tidak transparan maka hal ini dapat mengindikasikan manajemen tersebut telah menyembunyikan sesuatu.
  • Viability (Kelangsungan Hidup)
Dalam prisip viability ini bertujuan agar kesehatan keuangan perusahaan dapat terjaga, semua pengeluaran operasional harus disesuaikan dengan dana yang ada.  Kelangsungan sebuah entitas adalah ukuran sebuah tingkat keamanan serta keberlanjutan keuangan perusahaaan.  Manajemen keuangan harus menyusun rencana keuangan dimana menunjukan bagaimana suatu perusahaan dapat menjalankan renca dan strategisnya agar dapat memenuhi kebutuhan keuangan.
  • Integrity ( Integritas)
Pada prinsi integritas ini setiap individu harus mendapat sebuah tingkat integritas yang dapat menjalankan sebuah kegiatan operasional.  Catatan dan laporan keuangan harus terjaga integritasnya dengan kelengkapan dan tingkat sebuah keakuratan pencatatan keuangan.
  • Stewardship (Pengelolaan)
Pada prinsip pengelolaan manajemen keuangan harus dapat mengelola dengan memiliki dana yang telah didapat dan memberikan sebuah jaminan bahwa dana yang diperoleh tersebut akan dapat digunakan untuk merealisasikan sebuah tujuan yang telah ditetapkan dalam prakteknya.  Manajemen juga dapat berhati hati dalam membuat sebuah perencanaan strategis, mengidentifikasikan resiko keuangan yang ada serta menyusun dan membuat sistem pengendalian keuangan yang sesuai.
  • Accounting standart (Standart Akutansi)
Dalam prinsip ini sistem keuangan yang digunakan harus sesuai dengan prinsip dan standar aturan akutansi yang berlaku.  Agar laporan keuangan dapat dihasilan dengan mudah dipahami dan dapat dimengeti oleh semua pihak yang berkepentingan.


Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Manajemen Keuangan  - Alat ukut untuk mengetahui kondidi dan prestasi sebuah perusahaan tolak ukurnya bisanya dengan membandingkan kenaikan atau penurunan prestasi antara dua laporan posisi keuangan pada dua priode dalam waktu tertentu yang di inginkan :

Kelompok Rasio Keuangan :
  • Liquidity Ratio
Liquidity ratio merupakan nilai rasio yang berguna untuk menilai kemampuan sebuah perusahaan dalam memenuhi seluruh kewajiban finansial dalam jangka pendek.  Dan hasil laporannyapun berupa analisa Current Ratio dan Working Capital to Total Asset (WCTAR)
  • Laverage Ratio
Laverage ratio merupakan rasio yang digunakan untuk menilai berapa besar dana yang diberikan oleh pemegang saham atau owner dibandingkan dengan dana yang di peroleh melalui pinjaman dari pihak kreditur.  an hasil laporannya berupa Total Debt to Assets (DAR) Total Debt to Equity (DER)
  • Activity Ratio
Activity rasio adalah rasio yang dipergunakan untuk mengukur sebuah efektivitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya.  Semua rasio aktifitas melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan ivestasi pada berbagai jenis aset yang dimiliki.  Laporan analisa berupa  Total Asset Turn Over (ATO), Working Capital Turn Over(WCTO), Total Equity to Total Asset (EA).
  • Rentability Ratio
Rentability Ratio ini adalah ratio yang digunakan untuk menilai tingkat efektifitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap nilai penjualan dan investasi perusahaan.  Dan laporan analisanya berupa Return on Equity (ROE), Return on Asset(ROA), Earning Power of to Total Invesment(EPTI), Groos Profit Margin (GPM) dan Operating Incaome (OI)

Fungsi Manajemen Keuangan :
  • Planning atau Perencanaan Keuangan : meliputi perencanaaan Arus Kas dan Rugi Laba
  • Budgeting atau Anggaran : perencanaan dengan penerimaan dan pengalokasian anggaran secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki
  • Controlling atau Pengendalian Keuangan : Dengan melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan dalam sebuah perusahaan.
  • Auditing Atau Pemeriksaan Keuanagan ; Digunakan dengan melakukan pemeriksaan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar di dapatkan sebuah kesesuaian dengan kaidah standar akutansi dan tidak terjadinya sebuah penyimpangan.
  • Reporting atau Pelaporan Keuangan :  Hal ini menyediakan sebuah laporan tentang kondisi sebuah keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan
Konsep Manajemen Keuangan 

Manajemen keuangan merupakan manajemen menenai fungsi keuangan dan sebuah fungsi manajemen keuangan yang mempergunakan serta menempatkan dana yang ada.  Fungsi yang terdapat dalam perusahaan harus dilaksanakan dengan baik mengingat fungsi - fungsi yang ada saling berkaitansatu sama lain.

Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuanagan bertujuan untuk memaksimalkan nilai dari perusahaan.  Manajemen harus dapat menekan perputara uang yang dapat menghindarkan dari aktivitas yang tidak diinginkan.  Perlu untuk diingat, tujuan utama dari suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan atau menambah kesejahtraan para pemilik perusahaan.  Sebuah saham yang beredar merupakan sebuah bukti kepemilikan , kesejahtraan para pemilik direfleksikan dari harga pasar perusahaan itu, sebuah harga perusahaan tersebut merupakan sebuah hasil keputusan manajemen mengenai aktiva , keputusan yang akan berdampak pada harga saham para pemilik perusahaan 

Fungsi Manajemen Keuangan

  • Ivesmen decision ( Keputusan Investasi)
Ivestasi adalah penanaman modal pada asset rill ataupun aset finansial(surat berharga), keputusan investasi berarti ini adalah sebuah keputusan terhadap aset yang nantinya akan dikelola entitas atau perusahaan sendiri.  Sebuah keputusan yang strategis akan berpengaruh secara langsung terhadap besar kecilnya rentabilitas investasi serta aliran dana perusahaan pada masa mendatang.
  • Financing Decision ( Fungsi Pendanaan)
Keputusan mengenai sebuah pendanaan adalah dengan mempelajari berbagai sumber dana perusahaan dalam laporan keuangan berada dalam sisi pasiva.  Keputusan ini harus memperhatikan sumber dana dengan biaya yang seminimal mungkindan juga syarat yang bisa menguntungkan baik berasal dari internal perusahaan atau sumberdana yang berasal dari luar perusahaan( eksternal)
  • Deviden Decision ( Keputusan Deviden)
Dalam hal ini sebuah keputusan biasanya menyangkut beberapa hal sebagai berikut :
    • Besaran persentase laba yang akan dibagikan kepada pemilik dalam bentuk kas
    • Tingkat stabilitas deviden yang akan dibagikan oleh manajemen
    • Stock devidend (Deviden Saham)
    • Stock Split (Pemecahan Saham)
    • Penarikan saham yang telah beredar


Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Manajemen Keuangan -Demikian pembahasan singkat tentang manajemen keuangan beserta fungsi, konsep tujuan manajemen dan lain - lainnya.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman - teman semua.  Singkat kata Saya ucapkan Terimakasih dan apabila terdapat kesalahan penulisan ataupun sesuatu yang kurang berkenan saya ucap kan maaf yang sebesar - besarnya.  Good Luck
Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Manajemen Keuangan | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar