Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengendalikan Inflasi

Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengendalikan Inflasi - Kata inflasi sendiri sering kita dengar dalam ilmu ekonomi yang mana inflasi sendiri  sebelumnya diartikan sebagai banyaknya jumlah uang yang beredar.  Pendapat ini di tuliskan oleh Chisholm, Hugh, pada tahun 1922.  Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian inflasi dan jenisnya. 

Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus - menerus dan saling berpengaruh dan mempengaruhi.  Istilah inflasi sendiri juga dihunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang mana terkadang di lihat sebagai dampak meningkatnya harga.
  • Menutut Bambang dan Arisanti 2007
Menutut Bambang dan Arisanti 2007 Inflasi diartikan sebagai proses kenaikan harga - harga secara terus menerus yang mana dampak terjadinya inflasi ini akan mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat .  Hal ini disebabkan karna dalam inflasi akan terjadi penurunan tingkat pendapatan.
  • Sukwiaty, dkk 2009
Menurut Sukwiaty dkk mengartikan Inflasi sebagai suatu keadaan yang mengakibatkan naiknya harga secara terus menerus dan berkesinambungan .  Inflasi dengan kata lain merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara berkelanjutan.  Inflasi terjadi apabila proses kenaikan yang terus menerus dan saling berpengaruh dan mempengaruhi.

3 Poin Penting Dalam Pengartian Inflasi :
  • Dalam inflasi terjadi kecenderungan peningkatan harga
  • Peningkatan harga dalam inflasi terus menerus bukan hanya beberapa kali peningkatan dalam suatu waktu saja.
  • Berhubungan dengan pengertian tingkat harga umum, tidak terbatas pada beberapa komoditas saja ataupun pada satu waktu saja.
Inflasi di Indonesia sendiri meningkat pesat dari tahun ke tahun yang mana dampak inflasi yang terjadi diindonesia ini memiliki dampak yang besar pada perekonomian di Indonesia.  Penyebab inflasi sendiri disebabkan oleh beberapa sebab, berikut beberapa penyebab terjadinya inflasi :

Penyebab Terjadinya Inflasi :
Inflasi sendiri terjadi dikarnakan kenaikan permintaas dan kenaikan biaya produksi.
  • Inflasi yang di sebabkan oleh kenaikan permintaan menurut Demand Pull Inflation
Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengendalikan Inflasi - Inflasi yang disebabkan oleh kenaikan permintaan suatu jenis barang, seperti permintaan yang terjadi pada masyarakat yang meningkat secara agregar ( agregat demand ).  Peningkatan ini terjadi dikarnakan peningkatan permintaan belanja pada pemerintah yang mana permintaan peningkatan barang untuk di exspor dan peningkatan barang bagi kebutuhan swasta.  Peningkatan permintaan di pasar mengakibatkan harga - harga naik dikarnakan adanya penawaran.
  • Inflasi dikarnakan biaya produksi (Cosh Pull Inflation)
Inflasi seperti ini terjadi dikarnakan kenaikan biaya produksi.  Naiknya biaya produksi terjadi dikarnakan naiknya harga - harga bahan baku .Kenaikan biaya produksi mengakibatkan harga naik dan terjadilah inflasi.
  • Inflasi yang disebabkan bertambahnya peredaran uang
Teori ini diajukan oleh kaum klasik yang menyatakan bahwa ada hubungannya antara jumlah uang yang beredar dan harga.  Apabila jumlah barang itu tetap sedangkan uang yang beredar bertambah maka harga - harga akan naik

Setelah anda mengetahui apa itu inflasi berikut ini adalah penjelasan tentang jenis - jenis Inflasi yang dibedakan berdasarkan tingkat keparahan , sumber dan penyebabnya

Jenis - Jenis Inflasi:

Inflasi berdasarkan tingkatanya

Tingkatan inflasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu  : Ringan, sedang, berat, dan sangat berat
  1. Inflasi  Ringan : Inflasi ringan adalah inflasi yang masih belum begitu mengganggu keadaan ekonomi .  Inflasi ini dapat dengan mudah dikendalikan . Inflasi ringan berada dibawah 10% per tahunnya
  2. Inflasi sedang ; Inflasi sedang adalah inflasi yang belum membahayakan kegiatan ekonomi namun inflasi ini dapat menurunkan kesejahteraan orang - orang berpenghasilan tetap.  Infalasi sedang berkisar 10% sampai 30% per tahunnya.
  3. Inflasi Berat : Inflasi berat adalah inflasi yang sudah mengacu pada kondisi perekonomian.  Pada inflasi berat ini orang - orang cenderung lebih memilih menyimpan barang untuk menyimpan uangnya.  Inflasi berat berkisar antara 30% sampai 100% per tahun.
  4. Inflasi Sangat Berat adalah Inflasi yang sering disebut dengan Hyperinflation ini sudah mengacaukan kondisi perekonomian dan sudah sangat susah untuk dapat dikendalikan walaupun dengan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.  Inflasi yang sangat berat berada pada 100% keatas setiap tahunnya.
Kata inflasi sendiri sering kita dengar dalam ilmu ekonomi yang mana inflasi sendiri  sebelumnya diartikan sebagai banyaknya jumlah uang yang beredar.  Pendapat ini di tuliskan oleh Chisholm, Hugh, pada tahun 1922.  Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian inflasi dan jenisnya.
Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengendalikan Inflasi

Inflasi Berdasarkan Sumbernya

Inflasi berdasarkan sumbernya dibedakan atas inflasi yang bersumber dari luar negri dan inflasi yang bersumber dari dalam negri.

1.  Inflasi Yang bersumber Dari 

Inflasi yang terjadi dikarnakan kenaikan harga diluar negri pada perdagangan bebas.  Apabila suatu negara mengimpor barang kepada negara yang mengalami inflasi otomatis akan mengalami kenaikan harga 

2.  Inflasi Yang Bersumber Dari Dalam Negri

Inflasi yang dikarnakan dari dalam negri terjadi dikarnakan pencetakan uang baru oleh pemerintah atau penerapan anggaran defisit.  Inflasi dalam negri disebabkan oleh beberapa faktor contohnya terjadinya banjir yang menyebabkan gagal panen dan kebakaran hutan yang menyebabkan gagal panen di bidang perkebunan.  Hal ini menyebabkan penawaran pada suatu jenis baang berkurang, sedangkan permintaan tetap sehingga akan menjadikan peningkatan harga barang
  • Inflasi Berdasarkan Sebab
Inflasi berdasarkan sebab dapat dibedakan atas inflasi kenaikan permintaan dan inflasi biaya produksi

1.  Inflasi dikarnakan permintaan adalah inflasi yang terjadi dikarnakan kenaikan permintaan yang tidak dapat dipenuhi produsen.  Hal ini akan menyebabkan terjadinya kenaikan harga barang .  ( Hukum Ekonomi)

2.  Inflasi Yang disebabkan oleh biaya produksi adalah kenaikan biaya produksi yang mengakibatkan penawaran barang naik dan menimbulkan inflasi

Dampak Inflasi 

Dampak inflasi tidak selalu berpengaruh buruk bagi perekonomian.  Inflasi yang dapat dikendalikan justru akan meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat.  Dampak inflasi sendiri dibagi menjadi bebrapa jenis :
  • Dampak inflasi terhadap pendapatan : 
Dampak inflasi terhadap pendapatan dapat bersifat menguntungkan atau merugikan.  Inflasi dapat mendorong perkembangan ekonomi yang mana para pengusaha dapat memperluas produksinya yang akan berdampak pada kesempatan bekerja bagi masyarakat atau mebuka lowonganm kerja.  Namun bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap akan menyebabkan mereka rugi karna penghasilan yang tetap jika ditukarkan dengan barang dan jasa akan semakin sedikit.
  • Dampak Inflasi Terhadap Exspor : 
Berkurangnya daya saing yang disebabkan harga barang exspor semakin mahal yang mana akan berpengaruh pada para exsportir dan negara.  Hal ini dsebabkan oleh daya saing barang exspor berkurang yang akan mempengaruhi tingkat penjualan berkurang dan devisa negara yang diperolehpun akan berkurang
  • Dampak Inflasi terhadap minat untuk menabung
Keadaan inflasi menyebabkan perhitungan untuk menetapkan harga pokok dapat terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Oleh karna itu persentase dari inflasi tidak teratur.  Hal ini yang menyebabkan penetapan harga pokok dan harga jual sering tidak tepat.  Keadaan ini membuat kacau perekonomian


Cara Mengendalikan Inflasi
  • Kebijakan Moneter
Kebijakan moneter dapat dilakukan bank sentral dengan mengurangi peredaran uang dengan cara menetapkan persedian uang yang beredar.  Dengan mengurangi jumlah uang yang beredar inflasi dapat ditekan 
  • Kebijakan Diskonto
Dengan meningkatkan nilai suku bunga  yang bertujuan untuk menetapkan kebijakan diskanto yang tujuannya adalah agar masyarakat terdorong untuk menabung sehingga uang yang beredar dapat berkurangsehingga dapat menekan tingkat inflasi.
  •  Kebijakan Oprasi Pasar Terbuka
Melalui kegiatan ekonomi yang terjadi dipasar terbuka bank sentral dapat mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menjual surat - surat berharga, misalnya surat utang Negara.  Semakin banyak surat berharga yang terjual , makan jumlah uang yang beredar akan semakin berkurang.
  • Kebijakan Fiskal
Kebijakan fiskan mempengaruhi penerimaan dan pengeluaran pemerintah, dengan menghemat pengeluaran pemerintah dapat menekan tingkat inflasi yang terjadi.  Dengan meningkatkan tarif pajak juga dapat menekan peningkatan inflasi. Naiknya tarif pajak untuk rumah tangga dan perusahaan akan mengurangi tingkat konsumsi.
  • Kebijakan Lain Dluar Kebijakan Moneter Dan Kebijakan Fiskal
Dengan meningkatkan produksi dan menambah jumlah barang dipasar, Untuk menambah produksi pemerintah dapat mengeluarkan produksi.  Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberi premi atau susidi pada perusahaan yang dapat memenuhi target tertentu.



Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengendalikan Inflasi - Demikian Penjelasan secara singkat tentang pengertian, jenis, dampak dan penyebab inflasi secara detail.  Semoga artikel ini dapat dipergunakan sevaik - baiknya sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar dan Bisnis.  Terimakasih
Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengendalikan Inflasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar