Pengertian Manajemen Pemasaran Dan Konsep Pemasarannya

Pengertian Manajemen Dan Konsep Pemasarannya - Dalam sebuah badan usaha baik jenis usaha kecil, menengah , dan keatas tentunya keseluruhannya memiliki sebuah tujuan yang mana untuk mendapatkan sebuah hasil atau laba yang maksimal.  Dari kesemua jenis usaha sebuah konsep dan sistem pemasaran tentunya menentukan majunya sebuah perusahaan.  Perusahaan yang telah memiliki dan mengenal bahwa sebuah pemasaran adalah sebuah faktor yang sangat penting dalam mencapai sebuah kesuksesan dalam sebuah usahanya.

Berikut ini penjelasan tentang pengertian manajemen pemasaran menurut beberapa para ahli akutansi: 
  • Dharmmesta Dan Handoko,1982
Menurut Dharmmesta dan Handoko manajemen pemasaran merupakan sebuah kegiatan pokok yang mana dilakukan oleh sebuah badan usaha atau perusahaan untuk mempertahankan sebuah kelangsungan usahanya atau perusahaanya, berkembang, dan mendapatkan laba atau keuntungan. Dalam sebuah proses pemasaran dimulai jauh sebelum barang - barang yang akan dipasarkan di produksi, dan tidak berahir pada sebuah proses penjualan.  Pada sebuah proses pemasaran perusahaan atau badan usaha harus memberikan sebuah kepuasan dan nilai yang baik kepada konsumen agar usahanya tetap berjalan terus dan konsumen tetap memiliki pandangan yang baik terhadap barang dan perusahaan kita.


  • Kotler, 1980
Menyrut Kotler, 1980 secara definisi manajemen pemasaran merupakan penganalisaan, perencanaan , pelaksanaan dan pengawasan sebuah program yang berjalan yang tujuannya untuk menimbulkan sebuah pertukaran dengan pasar yang dituju dengan tujuan untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan.
  • Stanton, 1978
Menurut Stanton, 1978 secara definitif mengatakan bahwa konsep pemasaran merupakan sebuah falsafah bisnis  yang menyatakan pemuasan sebuah kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan

Konsep Pemasaran

Pada sebuah konsep - konsep inti sebuah pemasaran : kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi,hubungan pasar, pemasaran dan pasar.  Dalam hal ini dapat dibedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan .  Kebutuhan merupakan sebuah keadaan yang dirasakan ketidakanya kepuasan dasar tertentu.  Sedangkan keinginan merupakan sebuah keinginan atau kehendak yang kuat akan pemuas spesifik terhadap kebutuhan yang lebih mendalam.  Dan permintaan merupakan sebuah keinginan atau ketertarikan akan sebuah produk yang spesifik yang mana didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. 

Dalam sebuah konsep pemasaran menjelaskan bahwa konci sebuah keberhasilan dan tercapainya sebuah tujuan bentuk usaha terdiri dari sebuah penentuan kebutuhan dan keinginan pasar serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih baik, efektif dan efisien dibandingkan dengan para pesaing.  Berikut ini beberapa konsep pemasaran yang diungkapkan dengan berbagai cara :

  • Menemukan keinginan sebuah pasar dan memenuhi semua kebutuhannya
  • Cintailah pelanggan, bukan produk anda
  • Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan menjual apa yang yang dapat dibuat
  • Lakukan menurut cara anda
  • Andalah yang menentukan
  • Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan sebuah nilai , mutu dan sebuah kepuasan( JC. Penney)
Dalam sebuah pemasaran memiliki 6 konsep yang merupakan sebuah dasar pelaksanaan atau sebuah kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : Konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan sebuah konsep pemasaran global.

  • Konsep Produksi
Dalam sebuah konsep produksi mengatakan bahwa konsumen akan menyukai sebuah produk yang tersedia apabila harganya murah dan tersedia dimana- mana.  Pada konsep ini orientasi sebuah produksi dengan mengerahkan segala upaya untuk mencapai sebuah hasil yang efisien dan mencapai efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang luas.  Pada proses ini tugas sebuah manajemen merupakan memproduksi barang sebanyak mungkin karna konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
  • Konsep Produk
Pada konsep sebuah produk menjelaskan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan sebuah mutu, performasi dan sebuah ciri yang menarik dan terbaik.  Tugas sebuah manjemen pada proses ini adalah membuat sebuah produk yang berkualitas karna konsumen dianggap menyukai sebuah produk yang berkualitas baik dalam penampilan dangan ciri yang terbaik.
  • Konsep Penjualan
Dalam sebuah konsep penjualan menyatakan bahwa peluang untuk mencapai sebuah tujuan badan usaha atau organisasi harus melakukan sebuah upaya penjualan dan promosi yang baik dan agresif

Manajemen Pemasaran 

  • Konsep Pemasaran
Dalam sebuah konsep pemasaran sosial menyatakan bahwa tugas sebuah organisasi dan badan usaha adalah menentukan sebuah kebutuhan keinginan dan kepentingan pasar, sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari para pesaing dengan cara tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
  • Konsep Pemasaran Global
Dalam sebuah konsep pemasaran global seorang manajer eksekutif tetap berupaya memahami dari semua faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi sebuah proses pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap.  Dengan sebuah tujuan ahirnya adalah tetap berupaya untuk memenuhi keinginan senua pihak yang terlibat dalam perusahaan 

Inti Dari Sebuah Konsep Pemasaran :
  • Pasar, sasran dan sebuah strategi
  • Tempat pasar, ruang pasar dan matemarket
  • Pemasar dan Calon pelanggan
  • Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
  • Produk, tawaran dan merek
  • Nilai dan kepuasan 
  • Pertukaran dan sebuah transaksi
  • Relasional dan jaringan kerja
  • Saluran pemasaran
  • Rantai pasokan
  • Persaingan Pasar
  • Lingkungan Pemasaran
  • Program Pemasaran
Strategi Pemasaran

Terdapat dua jenis strategi pemasaran menurut Hellriegel dan Slocum JW :
  • Market penetration strategy : Berupaya untuk meningkatkan pemasaran pada pasar yang sekarang ada dengan melalui produk yang saat ini telah ada pula.  Dalam sebuah kegiatan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan jumlah pembelian dari produk, dan mencoba menarik konsumen saat ini unuk menggunakan produk dari kompetitor atau pesaing dan sekaligus membeli kompetitor tersebut
  • Market Devlopment Strategy : Sebuah upaya dalam mencari pasar baru dari produk yang sudah ada atau tersedia.  3 sebuah kegiatan mencari pasar baru ini adalah menemukan sebuah pasar secara geografis( contoh : membuka cabang di daerah lain  atau tempat baru), menentukan target market baru ( contoh : vidio yang tadinya digunakan sebagai bahan persentasi ilmiah digunakan sebagai hiburan dalam rumah tangga), serta menemukan sebuah penggunaan baru dari produk yang ada( contoh : mobil niaga di ubah menjadi mobil keluarga)

Fungsi sebuah manajemen pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan produk, komunikasi, promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service yang terbaik.  Semua kegiatan tersebut dilakukan guna mengettahui , melayani , mematuhi dan kebutuhan konsumen.

Arti Sebuah Fungsi Manajeman Pemasaran :\

Mana jemen pemasaran merupakan sebuah usaha untuk merencanakan , mengimplementasikan  ( kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan, mengkordinir ) serta mengawasi dan mengendalikan sebuah kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai sebuah tujuan organisasi secara efisien dan efektif.  Dalam sebuah fungsi manajemen pemasaran terdapat kegiatan menganalisis yaitu yang dilakukan guna mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya. sehingga dapat diperoleh sebuah hasil atau peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar hasil yang diharapkan.

Demikian pembahasan tentang manajemen pemasaran dan konsep pemasarannya. Semoga dengan berkembangnya sistem IT yang sangat pesat saat ini dapat membantu dalam sebuah manajemen pemasaran.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalangan pelajar dan pelaku usaha lainnya. Terimakasih
Pengertian Manajemen Pemasaran Dan Konsep Pemasarannya | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar