Pengertian Dan Contoh Paragraf Generalisasi Lengkap Dengan Ciri - Cirinya

Pengertian Dan Contoh Paragraf Generalisasi Lengkap Dengan Ciri - Cirinya - Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang dipergunakan oleh rakyat indonesia hingga kepelosok desa yang berada di Indonesia.  Selain menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari - hari tentunya mereka juga menggunakan bahasa daerahnya sendiri.  Berbicara mengenai Bahasa tentu hal ini erat hubungannya dengan yang dinamakan Paragraf.  Dalam pelajaran Bahasa Indonesia Pragraf sendiri memiliki beberapa macamnya seperti paragraf generalisasi, paragraf Argumentasi, Paragraf Eksplorasi, Paragraf persuasi, paragraf naratif dan lain - lain.  Topik pembahasan kali ini saya akan mencoba membahas tentang pengertian dan contoh paragraf generalisasi yang mana mungkin teman - teman semua pernah belajar tentang paragraf ini.

Paragraf Generalisasi merupakan sebuah penalaran induktif dengan caramenarik sebuah kesimpulan dari sebuah data yang ada.  Unsur terpenting dalam penulisan jenis paragraf ini adalah jumlah data yang cukup untuk mewakili dan membenarkan kesimpulan diahir paragraf.  Dalam paragraf generalisasi juga menyajikan fakta atau penjelasan pada kalimat yang akan menggiring kesimpulan pada ahir kalimat.  Oleh karnanya paragraf generalisasi juga menggunakan sistem pendekatan induksi umum, khusus dan memiliki ciri kgas dengan penyapain sebuah ide pokok pada ahir paragraf yang sebelumnya telah diberikan sebuah fakta pendukung.  Paragraf generalisasi dibedakan menjadi dua macam yaitu :

  • Loncatan Induktif
  • Tanpa Loncatan Induktif
Loncatan Induktif 

Paragraf ini menyajikan sebuah kalimat yang bertolak belakang dari bebrapa fakta pada kalimat awal yang mana fakta tersebut belum dapat mencerminkan keseluruhan sebuah fenomena yang terjadi. Maka dari itu kalimat jenis ini adalah kalimat generalisasi yang lemah hal ini dikarnakan pada kalimat awal mengandung fakta yang tidak seutuhnya mencerminkan keseluruhan fenomena yang terjadi.

Pengertian Dan Contoh Paragraf Generalisasi


Tanpa Loncatan Induktif

Pada Paragraf jenis ini adalah kebalikan dari paragraf generalisasi loncatan induktif karna pada paragraf jenis ini memberikan kalimat fakta yang sangat lengkap dan menggambarkan keseluruhan fenomena yang terjadi.  Pada paragraf ini menyajikan data yang sangat lengkap.

Ciri - Ciri Paragraf Generalisasi
  • Adanya fakta data da keterangan yang menjelaskan dengan lengkap kesimpulan yang terjadi pada ahit paragraf.
  • Adanya hubungan antara informasi yang digunakan dalam paragraf tersebut.  
  • Terdapat kesimpulan pada ahir paragraf, dan kesimpulannyapun bersifat umum dan kesimpulannya mencakup semua yang telah dijelaskannya.
  • Fakta atau peristiwa jumlahnya banyak atau memadai
  • Konklusi atau kesimpulan dapat bersifat universal afirmatif dan menyeluruh
Contoh Paragraf Generalisasi 
  • Setelah diadakannya sebuah evaluasi menegenai prestasi apa saja yang ada dikota Lampung, didapat sebuah hasil yang pernah diraih adalah lampung meraih kota terbersih yang dengan di dirikannya sebuah tugu adipura di kota lampung.  Tidak hanya itu saja pelajar - pelajar Kota Bandar lampung juga meraih prestasi dalam bidang seni dan olahraga.  Baik itu O2SN dan FLS2N yang diadakan di Palembang dan selanjutnya akan diadakan di provinsi Medan. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa kota Bandar Lampung termasuk kedalam kota yang memiliki banyak prestasi yang didapat 
  • Pada Ujuan Bahasa Indonesia yang diadakan dikelas 3C, hampir semua siswa mendapatkan nilai diatas 90, Hanya 3 siswa yang mendapatkan nilai 80 dan seorang siswa mendapat nilai 70. Tetapi cukup banyak siswa yang mampu menjawab dengan benar keseluruhan pertanyaan yang diujikan sehingga mereka mendapat nilai 100.  Hal ini dapat dikatan bahwa kelas 3C mempunyai kemampuan yang baik dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Pengertian Dan Contoh Paragraf Generalisasi Lengkap Dengan Ciri - Cirinya-Demikian pembahasan tentang paragraf Generalisasi, semga artikel ini dapat membantu teman - tem,an semua.  Terimakasih Semoga Membantu..Good Luck
Pengertian Dan Contoh Paragraf Generalisasi Lengkap Dengan Ciri - Cirinya | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar