Jenis - Jenis Kata Kerja Dalam Bahasa Indonesia

Jenis - Jenis Kata Kerja Dalam Bahasa Indonesia - Bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional Rakyat Indonesia yang mana Bahasa Indonesia ini sudah di ajarkan sejak kita duduk dibangku Sekolah.  Kata - kata dalam bahasa indonesia pada umumnya di dasari sebuah kata yang mempunyai tipe yang tak sama beda.  Dalam bahasa indonesia tersedia berbagai jenis kata kerja semacam kata kerja transitif, kata kerja dasar dan kata kerja intrnsitif.  Berukut ini penjelasan mengenai kata kerja dalam bahasa indonesia :
  • Kerja Transitif
Kata kerja transitif merupakan jenis kata kerja yang selalu memerlukan objek
  • Kata Kerja Intransitif
Kata kerja Intransitif merupakan sebuah kata kerja yang tak memerlukan objek hal ini dikarnakan adanya objek, kalimatdengan kata kerja ini tidak dapat dipasifkan
  • Kata Kerja Aktif
Pengertian kata kerja aktif merupakan kata kerja yang subjeknya berperan sebagai pelaku. Kata kerja aktif ini umumnya bercirikan dengan adanya awalan me- dan ber-.  Contoh kata kerja aktif : memukul, melempari, berlari.
  • Kata Kerja Pasif
Pengertian kata kerja pasif adalah bentuk kata kerja yang subjeknya berperan sebagai penderita. Kata kerja pasif umumnya bisa dilihat dari ciri ciri adanya awaln di- dan ter-..  Contoh kata kerja pasif : dipukuli, dinasihati, terlempar
  • Kata Kerja Refleksi
Pengertian kata kerja refleksi ini adalah kata kerja yang objeknya adalah diri sendiri.  Contoh kata kerja refleksi umpama : bercermin, berhias, berpakaian.
  • Kata Kerja Resiprok
Pengertian kata kerja resiprok adalah bentuk kata kerja yang dilakukan oleh dua orang dan lakukanan tersebut sifatnya berbalasan alias ‘saling’.  Contoh kata kerja resiprok umpama : bergandengan, bersalaman, bertinju.
Jenis - Jenis Kata Kerja Dalam Bahasa Indonesia
Jenis - Jenis Kata Kerja Dalam Bahasa Indonesia
  • Kata Kerja Dasar
Kara kerja dasar adalah kata kerja yang belum memperoleh sebuah imbuhan.  Dalam kata kerja ini menjadi sebuah dasar pembentukan kata yang baik.  Kata – kata ini bisa diartikan sebagai saling menggandeng, saling salaman, dan saling tinju.
  • Kata kerja berbentuk kata dasar
Kata kerja berbentuk kata dasar juga disebut sebagai kata kerja aus. Contoh kata kerja berbentuk kata dasar alias kata kerja aus ini adalah tidur, mandi, duduk, makan.
  • Kata kerja berbentuk kata berimbuhan
Kata kerja berimbuhan berarti bentuknya telah memperoleh kata imbuhan dari kata dasarnya. Umpama semacam menyiangi, dilewati.
  • Kata kerja berbentuk kata ulang
Kata kerja berbentuk kata ulang ini terdiri dari kata dasar yang diulang, umpama semacam kata : bermain – main, berlari – larian.
  • Kata kerja berbentuk perpaduan kata
Kata kerja berbentuk perpaduan kata berarti kata ini menggabungkan dua kata dasar sehingga satu. Semacam umpama pada kata : ‘menandatangani’ yang berupa perpaduan dari kata ‘tanda’ dan tangan’, dan pada kata ‘bertanggungjawab’ yang berasal dari perpaduan dua kata dasar yakni ‘tanggung’ dan ‘jawab’.

Jenis - Jenis Kata Kerja Dalam Bahasa Indonesia - Setelah memahami beberapa contoh jenis kata diatas diharapkan, teman - teman semua dapat menggunakan kata sesuai dengan jenisnya.  Semoga bermanfaat dan Terimakasih

Jenis - Jenis Kata Kerja Dalam Bahasa Indonesia | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar