Pengertian Reduplikasi Dan Jenis - Jenisnya Lengkap


Pengertian Reduplikasi Dan Jenis - Jenisnya Lengkap - Bahsa Indonesia mengenal dengan istilah reduplikasi, apa itu reduplikasi atau kata ulang dan apa jenis - jenis reduplikasi ?  Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas istilah reduplikasi atau kata ulang, mungkin dibangku sekolah kita pernah di ajarkan tentang reduplikasi dan jenis - jenisnya. Untuk mengingat pengertian reduplikasi dan jenis - jenisnya marilah kita membahasnya bersama sama.  

Pengertian reduplikasi dan jenis - jenisnya.  Sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam jenis - jenis reduplikasi atau kata ulang  alangkah baiknya kita membahas pengertian reduplikasi terlebih dahulu.  Berikut ini pembahasan tentang pengertian reduplikasi dan jenis jenisnya sebagai berikut :

  • Pengertian Reduplikasi
Reduplikasi atau kata ulangyang mengalami pengulangan baik pada kata maupun unsur suatu kata. Dengan definisi lain reduplikasi adalah kata yang mengalami proses morfemis dengan mengulangi bentuk dasar atau sebagian dari bentuk dari suatu kata dasar.  Dalam bahasa indonesia terdapat beberapa jenis reduplikasi atau kata ulang sebagai berikut :

Jenis - Jenis Reduplikasi Atau Kata Ulang :
  • Kata Ulang sebagian
  • Kata Ulang utuh dan penuh
  • Kata ulang berubah bunyi
  • Kata ulang berimbuhan
  • Kata ulang semu
Pengertian Reduplikasi Dan Jenis - Jenisnya Lengkap

Penjelasan Tentang Jenis - Jenis Reduplikasi Atau Kata Ulang
  • Kata Ulang Sebagian
Pengertian kata ulang sebagian atau yang sering disebut dwipurna yang mana kata ulang sebagian adalah bagian dari reduplikasi adalah pengulangan pada awal sebuah kata.

Contoh :

1.  Bisik - bisik tetangga, yang selalu menghantuinya
2.  Pemain bernomor punggung 5 itu dapat bergerak leluasa
  • Kata Ulang Utuh Atau Penuh                        
Pengertian kata ulang utuh atau penuh atu sering disebut dwilingga yang mana kata ulang ini jenis - jenis dari reduplikasi adalah penggulangan seluruh bentuk dasar suatu kata termasuk kata berimbuhan

Contoh :

1.  Adikku sedang bermain motor - motoran
2.  Sinta sedang mengingat kejadian - kejadian yang menimpanya tahun lalu
  • Kata Ulang Berubah Bunyi
Pengertian kata ulang berubah bunyi atau yang sering disebut dwilingga salin suara adalah pengulangan seluruh bentuk dasar yang salah satunya mengalami perubahan suara pada suatu fonem atau lebih

Contoh :

1.  Gerak - gerik pemain itu membuat aku tertipu
2.  Dengan mengkonsumsi sayur - mayur diyakini dapat menjaga daya tahan tubuh
  • Kata Ulang Berimbuhan
Pengertian kata ulang berimbuhan adalah jenis reduplikasi yang mendapat imbuhan, baik pada kata pertama maupun pada kata kedua.

Contoh :

1.  Adik bermain - main di taman depan
2.  Dalam menyambut 17 agustus desa kami mengadakan lomba tarik - menarik
  • Kata Ulang Semu
Pengertian kata ulang semu adalah kata yang sebenarnya bukan kata ulang tetapi bentuk dasar kata ini menyerupai kata ulang.

Contoh :

1.  Burung - burung bernyayi dipagi hari
2.  Sapi - sapi berlarian dipadang rumput
3.  Dimusim hujan banyak lalat - lalat berterbangan

Pengertian Reduplikasi Dan Jenis - Jenisnya Lengkap - Demikian pembahasan tentang pengertian kata reduplikasi atau kata ulang dan jenis - jenisnya lengkap.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman semua.  Terimakasih
Pengertian Reduplikasi Dan Jenis - Jenisnya Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar