Pengertian Membaca Intensif Dan Membaca Exstensif

Pengertian Membaca Intensif Dan Membaca Exstensif - Membaca sepertinya sebuah hal biasa bagi beberapa orang yang mana mengartikan sebuah kata dan mengucapkannya hanyalah hal yang biasa.  Sebeuah orasi yang selalu dikumandangkan oleh mentri pendidikan yang mana selalu menghimbau warga indonesia untuk menyelesaikan wajib belajar 9 tahun dan cintai membaca.  Ternyata membacapun memiliki tekniknya masing seperti membaca cepat, membaca lambat, membaca intensif, membaca exstensif.  Dari beberapa contoh yang saya berikan ternyata membaca memiliki arti sendiri sendiri.  

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang teknik - teknik membaca intensif dan membaca exstensif alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian membaca intensif dan membaca exstensif sebagai berikut :

Pengertian membaca intensif dan membaca exstensif 

Membaca sendiri merupakan kegiatan untuk memahami  isi dari sebuah teks.  Membaca dapat dilakukan secara intensif dan membaca secara exstensif.  Menurut buku bahasa indonesia yang ditulis oleh Ratna Purwaningtyastuti pengertian membaca intensif dan membaca exstensif adalah membaca secara sungguh - sungguh dalam jangkauan yang luas.  Maka dari ini dalam membaca exstensif diperlukan setidaknya dua buah bacaan .

Teknik Membaca Intensif Dan Exstensif

  • Menggunakan teknik baca tetap yaitu membaca untuk memperoleh informasi dengan cepat seperti dalam membaca kamus, membaca buku telefon, membaca daftar produk dan masih banyak lagi.
  • Membaca hanya pada bagian yang dianggap tidak penting atau bagian yang tidak diinginkan
  • Melompati bagian yang dianggap tidak penting atau bagian yang tidak diinginkan
Pengertian Membaca Intensif Dan Membaca Exstensif

Tujuan Membaca Intensif

Tujuan membaca intensif adalah untuk mengembangkan keterampilan membaca secara detail dengan menekankan pada pemahaman kata, kalimat, pengembangan kosakata dan juga pemahaman keseluruhan isi wacana.

Karakteristik membaca intensif mencakup:
  • Membaca untuk mencapai tingkat pemahaman yang tinggi dan dapat mengingat dalam waktu yang lama.
  • Membaca secara detail untuk mendapatkan pemahaman dari seluruh bagian teks
  • Cara membaca sebagai dasar untuk belajar memahami secara baik dan mengingat lebih lama.
  • Membaca intensif bukan menggunakan cara membaca tunggal (menggunakan berbagai     variasi teknik membaca seperti scanning, skimming, membaca komprehensif, dan teknik lain).
  • Tujuan membaca intensif adalah pengembangan keterampilan membaca secara detail dengan menekankan pada pemahaman kata, kalimat, pengembangan kosakata, dan juga pemahaman keseluruhan isi wacana.
  • Kegiatan dalam membaca intensif melatih siswa membaca kalimat-kalimat dalam teks secara cermat dan penuh konsentrasi. Kecermatan tersebut juga dalam upaya menemukan kesalahan struktur, penggunaan kosakata, dan penggunaan ejaan/tanda baca.
  • Kegiatan dalam membaca intensif melatih siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.
Pengertian Membaca Intensif Dan Membaca Exstensif - Demikian penjelasan singkat tentang pengertian membaca intensif dan membaca exstensif.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman - teman semua. Terimakasih
Pengertian Membaca Intensif Dan Membaca Exstensif | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar