Pengertian Dan Macam - Macam Citraan Dalam Puisi

Pengertian Dan Macam - Macam Citraan Dalam Puisi - Kegemaran dalam menulis puisi dan membacakaanya adalah hal yang terindah bagi beberapa orang. Kata - kata yang mengungkapkan keindahan, kesedihan , kegembiraan dan kebahagiaan semua di curahkan dalam penulisannya.  Hal ini semua tidak luput dari keterkaitannya dengan yang dinamakan Citraan.  Citraan sendiri memiliki jenis dan maksit tertentu.  Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang pengertian citraan dan macam - macam citraan.  Berikut ini penjelasan tentang pengertiancitraan dan macam - macam citraan dalam puisi sebagai berikut .

Pengertian Dan Macam - Macam Citraan Dalam Puisi
  • Pengertian Citraan Dalam Puisi
Citraan adalah gambaran angan atau kesan yang tertangkap dalam kalimat atau baris - baris puisi , Gambaran atau kesan ini adalah sebuah efek dalam pikiran yang sangat menyerupai gambaran atau kesan yang dihasilkan oleh penangkapan kita terhadap sebuah objek yang dapat dilihat oleh mata. Citraan sendiri tidak membuat kesan baru dalam puisi.  Citraan digunakan dalam puisi dengan tujuan untuk memperkuat kesan puisi sehingga ketika membaca puisi seolah - olah kita bisa melihat , mendengar , mencium, dan meraba apa yang tertulis dalam puisi secara nyata.

Macam - Macam Citraan Puisi
  • Citraan Pengelihatan (Visual)
  • Citraan Pendengaran ( Auditit)
  • Citraan Perabaan ( Tactile Imagery)
  • Citraan penciuman
  • Citraan gerak
  • Citraan Pengecapan
Penjelasan  Macam - Macam citraan :
  • Citraan Pengelihatan ( Visual)
Citraan Pengelihatan adalah citraan yang memberikan atau ditimbulakan oleh indra pengelihatan sehingga seolah - olah kita dapat melihat hal yang tertulis secara nyata.  Citraan pengelihatan mampu memberi rangsangan kepada indra pengelihatan sehingga hal - hal yang tidak terlihat seolah olah terlihat.
Pengertian Dan Macam - Macam Citraan Dalam Puisi

Contoh Citraan pengelihatan (Visual)

1.  Padang ilalang membentang sepanjang jalan
2.  Sayang berulang padamu jua
3.  Pepohonan yang hijau memeluk ruas jalan
  • Citraan pendengaran ( Auditit)
Citraan Pendengaran (auditit) adalah citraan yang dihasilkan dengan menyebutkan atau menggunakan bunyi suara.  Citraan yang dihasilkan dengan menyebutkan atau menguraikan bunyi suara dengan munculnya diksi sunyi, tembang, dendang, dentum dan sebagainya. Citraan pendengaran kesan dan gambar yang diperoleh melalui indra pandangan ( Auditit)

Contoh Citraan Pendengaran (Auditit)

1.  Menarik Menari seluruh aku
2.  Semerdu burung di pucuk cemara
3.  Suaramu memasuki kesepian jiwaku
  • Citraan taktil (Tactile Imagery)
Citraan Perabaan ( Tactile Imagery) adalah citraaan yang menimbulkan kesan yang dapat dihayati dengan indra peraba atau perasaan. Citraan yang dapat dirasakan oleh indra peraba pada saat membacakan atau mendengarkan larik - larik puisi .  Kita dapat menemukan diki yang dapat dirasakan misalnya dingin, panas, lembut, kasar, dan sebagainya.

Contoh Citraan Perabaan ( Tactile Imagery)

1.  Selembut Tudung Cedawan
2.  Cintamu selembut sutra
3.  Kelembutan jiwamu 
  • Citraan Penciuman (Olfactory)
Citraan Penciuman adalah citraan yang dapat dirasakan melalui indra pencium atau Citraan yang berhubungan dengan kesan atau gambaran yang dihasilkan oleh indra penciuman .  Citraan ini tampak saat kita membaca atau mendengar kata - kata tertentu.

Contoh Citraan Penciuman ( Olfactory)

1.  Semerbak melingkupi ruang hati
2.  Tercium aroma panasnya mentari
3.  Ketika kau hembuskan nafas cintamu
  • Citraan Gerak
Citraan gerak adalah citraan yang menggambarkan sesuatu yang bergerak ataupun tidak bergerak tetapi dilukiskan dapat bergerak dapat berupa benda hidup atau benda mati. 

Contoh Citraan Gerak 

1.  Pohon - pOhon cemara menari - nari di bibir pantai
2.  Sang penari menyibak tirai 
3.  Membasuh luka - luka lamanya
  • Citraan Pengecapan ( gustatory)
Citraan Pengecapan adalah gambaran angan pada indra pengecapan atau citraan yang berhubungan dengan kesan atau gambaran yang dihasilkan oleh indara pencecap sehinga pembaca seolah olah mencicipi sesuatu yang menimbulkan rasa tertentu , pahit, manis, enak, pedas, pahit dan lain - lain

Contoh Citraan Pengecapan

1.  Segar terasa air kelapa muda
2.  Cintamu mampu membunuhku
3.  Pahitnya hidup tetap ku hadapi

Pengertian Dan Macam - Macam Citraan Dalam Puisi - Demikian penjelasan singkat tentang pengertian citraan dan macam - macam citraan dalam puisi, semoga pembahasan tentang citraan dapat membantu teman - teman semoa dan menambah wawasan baru dalam puisi. Terimakasih
Pengertian Dan Macam - Macam Citraan Dalam Puisi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar