Pengertian Dan Contoh Paragraf Argumentasi


Pengertian Dan Contoh Paragraf Argumentasi - Dalam sebuah penulisan sebuah teks, esai, tajuk dan renjaca dan lain - lain kita pastinya memberikan sebuah unsur, yang mana pada sebuah kalimat selalu mengandung unsur - unsur paragraf seperti pada topik pembahasan kita kali ini yaitu pengertian, contoh dan ciri - ciri paragraf argumentasi.   Mungkin sebagian besar dari kita semua telah memahami pengertian, contoh dan ciri - ciri paragraf argumentasi sendiri. Sebelum kita beranjak pada materi pengertian, contoh , dan ciri - ciri paragraf argumentasi sebaiknya kita memahami paragraf argumentasi sendiri.

Paragraf argumentasi sering kita jumpai dalam percakapan sehari hari yang kita lakukan dilingkungan masyarakat.  Berikut ini pengertian,contog dan ciri - ciri paragraf argumentasi sebagai berikut.
  • Pengertian Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi merupakan sebuah paragraf yang gagasan utamanya di kembangkan dengan cara menjabarkan pendapat , ulasan atau sebuah ide pribadi penulisnya , yang bertujuan agar meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulisnya.  Agar maksut dan tujuan dapat tersampaikan paragraf ini di sertakan dengan fakta - fakta aktual seperti data hasilresearch ,teori ahli , contoh dan masih banyak lagi.  Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat - pendapat agar yang di jabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat anda bukanlah sekedar omong kosong dan pembacapun akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran pembaca.
  • Ciri - Ciri Paragraf Argumentasi
Bisa kita dapatkan inti dari sebuah pengertian paragraf argumentasi yaitu berdasarkan pengertiannya suatu paragraf dapat dikatakan paragraf argumentasi jika memiliki ciri - ciri sebagai berikut :
  1. Diakhiri dengan kesimpulan
  2. Berisi pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
  3. Memiliki data - data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca
  4. Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali topik utama
  5. Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan
  6. Alasan Kuat
  7. Menggunakan Bahasa denotatif
  8. Bertujuan pembaca menerima pendapatnya
  9. Analisis yang kuat dan rasional
  10. Isi berupa gagasan padat
  11. Menggunakan data dan bukti
Pengertian Dan Contoh Paragraf Argumentasi

Paragrap argumentasi sendiri di bagi menjadi dua jenis yaitu paragraf argumentasi sebab akibat dan paragraf argumentasi akibat sebab.
  • Penegertian Paragraf Argumentasi sebab akibat
Paragraf argumentasi sebab akibat diawali dengan pendapat - pendapat yang berupa sebab - sebab dari suatu permasalahan tertentu yang pada ahirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum yang disebutjuga dengan akibat darii sebab - sebab tersebut.
  • Pengertian Paragraf Argumentasi Akibat Sebab
Paragraf argumentasi ini diawali dengan pendapat - pendapat yang berupa akibat dari suatu permasalahan tertentu dan pada bagian ahir paragraf dijabarkan apa yang menjadi penyebab akibat - akibat tersebut

Contoh Kalimat Paragraf Argumentasi :
Contoh 1
Menurut saya pemerintah belum dapat bertindak tegas terhadap para koruptor yang saat ini menduduki korsi pejabat.  Terbukti dengan meningkatnya angka korupsi di indonesia.  Pemerintah belum dapat memberikan efek jera kepada pelaku korupsi, kolusi dan nepotisme.  Apabila hal ini terus menerus dan berkelanjutan dapak yang besar akan di terima bagi generasi penerus dan hal ini pun akan memberikan dampak buruk bagi generasi rakyat indonesia

Contoh 2
Bencana kabut asap yang marak terjadi di negara kita tercinta  yang meresahkan masyarakat indonesia telah memakan banyak korban jiwa sebanyak 10.000 dengan penderita infeksi saluran pernapasan akut( ISPA) 85.000 orang , Pneumenia 1,500 asma 3,000 orang iritasi kulit 5000orang. Tidak hanya warga negara indonesia yang mengalami keresahan yang diakibatkan kebakaran ini , namun negara tetanggapun terkena dampak dari kebakaran ini.  Penyebab dari bencana tersebut adalah ulah dari orang - orang yang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja membakar hutan untuk kepentingan pribadi

Pengertian Dan Contoh Paragraf Argumentasi - Demikian penjelasan singkat tentang pengertian, contoh dan ciri - ciri paragraf argumentasi, semoga artikel tentang pengertian, contoh dan ciri - ciri paragraf argumentasi dapat bermanfaat bagi kita semua.  Terimakasih semoga bermanfaat


Pengertian Dan Contoh Paragraf Argumentasi | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar