Pengertian Dan Contoh Kalimat Berita Positif Dan Berita Negatif

Pengertian Dan Contoh Kalimat Berita Positif Dan Berita Negatif - Dalam kehidupan sehari - hari pastinya kita sering mendengar dengan istilah berita.  Berita sendiri banyak jenisnya dari kriminalistas, ekonomi, politik,budaya, pendidikan dan masih banyak lagi.  Pada unsur - unsur yang terkandung dalam berita pastinya terdapat unsur kalimat yang mana memberikan informasi kepada masyarakat.  Dan dalam kalimatnyapun memiliki berita negatif dan berita positif. Untuk mengetahui lebih jelasnya saya akan membahasnya di pengertian dan contoh kalimat berita positif dan berita negatif

Pada kalimat berita positif dan berita negatif dalam penulisannya memerlukan variasi kata dan kalimat agar sebuah kalimat dapat dipahami dengan mudah,  Pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian dan contoh kalimat berita positif dan berita negatif.
  • Pengertian Kalimat Berita Positif 
Pengertian kalimat berita positif adalah kalimat berita yang didalamnya tidak terdapat pengingkaran. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh contoh kalimat beritta positif sebagai berikut :

Contoh :

1.  Saya selalu menyiram bunga setiap pagi
2.  Tampan sekali wajah pria itu
3.  Mereka adalah keluarga besar saya
4.  Saya sudah mendapatkan cara untuk bermain blogger
5.  Banjir tahun lalu lebih parah dibanding banjir tahun ini

Pengertian Dan Contoh Kalimat Berita Positif Dan Berita Negatif

  • Pengertian Kalimat Berita Negatif
Pengertian kalimat berita negatif berbeda dengan kalimat berita positif hal ini dikarnakan pada kalimat berita negatif terdapat pengingkaran yang dicirikan dengan kata tidak, bukan.  Hal ini merupakan kebalikan dari kalimat berita positif.  Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh kalimat - kalimat berita negatif.

Contoh kalimat berita negatif :

1.  Hari ini tidak jadi dilakukan bersih bersih kampung
2.  Adiku ingin berenang, tetapi ibu tidak mengijinkannya
3.  Ibuku bukan seorang dokter tapi seorang bidan
4.  Dia bukan seorang pilot tapi seorang polisi
5.  Saya ingin membeli buku, tapi ibu tidak memberiku uang

Sebelum saya mengahiri artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang berita kalimat positif dan kalimat berita negatif.  Dalam contoh kalimat diatas kita dapatmenyimpulkan bahwa perbedaan dari keduanya adalah kalimat berita positif tidak terdapat pengingkaran sedangkan pada kalimat berita negatif terdapat pengingkaran yang dicirikan dengan menggunakan kata tidak, tapi, bukan dan masih banyak lagi.  

Berikut ini sedikit catatan tentang kalimat berita negatif sebagai berikut :

1.  Bentuk ingkar tidak digunakan untuk predikat verba, adjektiva, numeralia tak tentu
2.  Bentuk ingkar bukan digunakan untuk predikat nomina dan numeralia tentu

Pengertian Dan Contoh Kalimat Berita Positif Dan Berita Negatif - Demikian pembahasan tentang pengertian dan contoh kalimat berita positif dan berita negatif. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebuah pedoman dalam proses belajar mengajar teman - teman semua.  Terimakasih
Pengertian Dan Contoh Kalimat Berita Positif Dan Berita Negatif | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar