Pengertian Dan Cara - Cara Penyerbukan Atau Reproduksi Generatif(seksual)

Pengertian Dan Cara - Cara Penyerbukan Atau Reproduksi Generatif(seksual)  - Dalam pelajaran biologi mungkin kalian semua dikenalkan dengan istilah reproduksi.  Reproduksi sendi banyak jenisnya dari reproduksi generatif dan jenis - jenis nya.  Kenapa saya hanya memberi

satu contoh reproduksi generatif, karna pada kesempatan kali ini saya akan cb menjelaskan tentang pengertian reproduksi generatif (seksual) dan jenis - jenisnya.  Reproduksi generatif di bagi menjadi beberapa jenis.  Untuk lebih jelasnya berikut pengertian dan jenis - jenis reproduksi generatif (seksual).

Reproduksi generatif (seksual) gimnospermae pada tumbuhan tingkat tinggi atau spermatophyta(tumbuhan berbiji) diawali terjadinya penyerbukan dan pembuahan kelompok gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka)berbeda dengan agiospermae(tumbuhan berbiji tertutup).  Penyerbukan pada tumbuhan merupakan peristiwa jatuhnya erbuk sari (polen)pada liang pangkal biji (mikrofil) yang berhubungan langsung dengan bakal biji.  Sedangkan penyerbukan pada tumbuhan angiospermae  merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari dari benang sari (stamen) ke kepala putik(stigma).  Cara penyerbukan dipengaruhi cara penyerbukan dan perantara penyerbuka.

http://www.katantra.com/2016/04/pengertian-dan-cara-cara-penyerbukan.html
Cara - Cara Penyerbukan Atau Reproduksi Generatif

Cara -cara penyerbukan berbiji di bagi menjadi 4 kelompok yaitu : 

  • Penyerbukan Sendiri (autogami).
Penyerbukan sendiri atau Autogami adalah jika serbuk sari yang jatuh di liang bakal biji atau kepala putik berasal dari bunga itu sendiri.
  • Penyerbukan Tetangga(geitonogami)
Penyerbukan tetangga(geitonogami adalah jika serbuk sari yang jatuh diliang bakal biji atau kepala putik berasal dari bunga lain pada tumbuhan itu juga.
  • Penyerbukan Silang (allogami atau xenogami) 
Penyerbukan silang (allogami atau xenogami) adalah jika serbuk sari yang jatuh diliang bakal biji atau kepala putik berasal dari bunga tumbuhan lain tetapi masih tergolong dalam jenis yang sama.
  • Penyerbukan Bastar (hibridogami)
Penyerbukan bastar (hibridogami) adalah jika serbuk sari berasal dari bunga pada tumbuhan lain yang berbeda jenisnya atau sekurang kurangnya mempunyai satu sifat beda.

Perantara penyerbukan memerlukan perantara atau vektor.  Berdasarkan beberapa vektor penyerbukan di golongkan menjadi anemofili, hidrofili, dan zoidiofili.  

Pengertian Dan Cara - Cara Penyerbukan Atau Reproduksi Generatif(seksual)  - Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian dan cara - cara penyerbukan atau reproduksi generati(seksual), semoga dengan di pahaminya penyerbukan atau reproduksi generati(seksual) dapatt membantu teman teman dalam proses belajar .  Terimakasih semoga bermanfaat
Pengertian Dan Cara - Cara Penyerbukan Atau Reproduksi Generatif(seksual) | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar