Pengertian Wirausahawan Dan Jenis Usaha Yang Dapat Dijalankan Secara Lengkap

Pengertian Wirausahawan Dan Jenis Usaha Yang Dapat Dijalankan Secara Lengkap - Dalam kehidupan sehari - hari kita sering menyaksikan berbagai aktifitas sebagai berikut. Seorang atau sekelompok orang mengeluarkan uang untuk membeli sejumlah barang kemudian barang tersebut di pajang di suatu lokasi tertentu untuk di jual kembali kepada konsumennya. Atau seseorang membeli sejumlah barang kemudian di olah menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi di banding bahan bakunya.

Secara sederhana arti wirausahawan ( entrepreneur ) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.  Berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan .  Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha tanpa di liputi rasa takut atau rasa cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti.  Kegiatan wirausaha dapat di lakukan seorang diri atau berkelompok .  Jiwa wirausahaan mendorong minat seseorang untuk mendirikan dan mengelola usaha secara profesional  .  Hendaknya minat tersebut diikuti dengan perencanaan dan perhitungan yang matang misalnya dalam hal memilih atau menyeleksi bidang usaha yang akan dijalankan sesuai dengan prospek dan kemampuan pengusaha.

Peter F.  Drucker mengatakan bahwa kewirausahaan  merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.  Pengertian ini mengandung maksud bahwa seseorang wirausahawan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru , berbeda dari yang lain.  Atau mampu mnciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

Sementara Zimmerer mengartikan kewirauahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan( usaha).

Jenis usaha yang di jalankan

Dapat bersifat komersil dan sosial atau kedua - duanya.  
  • Komersil artinya usaha yang dijalankannya memang diarahkan untuk mencari keuntungan semata.  
  • Sementara itu usaha yang bersifat sosial lebih menekankan pada pelayanan masyarakat, namun dalam prakteknya jarang di temukan usaha yang hanya melakukan kegiatan sosial.
Wirausahawan


Jadi untuk berwirausaha dapat dilakukan dengan cara  sebagai berikut:
  • Memiliki modal sekaligus menjadi pengelola
  • Menyetor modal sekaligus menjadi pengelola
  • Hanya menyerahkan tenaga namun dikonversikan kedalam bentuk saham sebagai bukti kepemilikan usaha.
Pengertian Wirausahaan Dan Jenis Usaha Yang Dapat Dijalankan Secara Lengkap - Demikian penjelasan singkat tentang pengertian wirausaha dan jenis - jenis usaha secara lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu teman - teman dalam belajar wirausaha.  Terimakasih
Pengertian Wirausahawan Dan Jenis Usaha Yang Dapat Dijalankan Secara Lengkap | widia muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar