Pengertian Struktur Dan Kaidah Text Cerita Pendek

Pengertian Struktur Dan Kaidah Text Cerita Pendek - Dalam bahasa indonesia kita banyak di kenalkan dengan istilah cerita yang sering di sebut sebut novel, komik, dan lain - lain. Dari kesemua cerita memiliki nama tersendiri , seperti halnya pada topik pembahasan kita kali ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang struktur dan kaidah text cerita pendek. Cerita pendek atau cerpen adalah cerita yang wujud atau struktur fisiknya pendek, Ukuran panjang pendeknya suatu cerita memang relatif namun pada umumnyacerita pendek merupakan cerita yang habis di baca sekitar sepuluh menit atau setengah jam dengan jumlah kata sekitar 500 - 5000 kata. Oleh karna itu cerita pendek sering di ungkapkan sebagai cerita yang habis di baca dalam sekali duduk secara umum. Struktur alur cerita pendek di bentuk oleh :

  • Bagian pengenalan cerita
  • Penanjakan menuju konfik
  • Puncak konflik
  • Penurunan
  • Penyelesaian
Namun tidak semua tahap tersebut ada dalam cerpen karna ruang yang tersedia sangat terbatas , biasanya alur cerita dalam cerpen langsung tertuju pada penanjakan , puncak, dan penyelesaian .  Kesederhanan struktur cerpen tidak hanya dinyatakan dalam alurnya tetapi juga pada tema penokohan dan latar.  Tema cerpen lebih berfukus langsung menuju pada masalah tertentu tidak bercabang seperti novel .  Tokoh dalam cerpen melibatkan dua atau tiga tokoh , latar yang tertera dalam juga terbatas biasanya latar dalam cerpen mencakup satu atau dua tempat dengan waktu hanya beberapa saat.  Sementara itu kaidah kebahasaan yang berlaku dalam cerpen pada umumnya menggunakan bahasa tidak baku atau tidak formal .  Selain mengetahui definisi dan ciri umum sebuah cerpen penting juga kita mengetahui struktut di dalam sebuah cerpen.  

Pengertian Struktur Dan Kaidah Text Cerita Pendek

Secara garis besar struktur cerpen adalah sebagai berikut : 
  • Tahapan abstrak
 Tahapan abstrak merupakan ringkasan atau inti cerita, abstrak pada sebuah texs cerita pendek bersifat opsional  yang artinya sebuah texs cerpen bisa saja tidak melalui tahapan ini.
  • Tahapan Orientasi 
Tahapan orientasi merupakan struktur yang berisi pengenalan tokoh dan latar cerita , pengenalan tokoh berkaitan dengan pengenalan pelaku terutama pelaku utama yang meliputi apa yang di alami. Pengenalan latar berkaitan dengan waktu ,ruang dan suasana yang terjadi peristiwa dalam cerpen.  Latar di gunakan oleh pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca, denmgan kata lain latar merupakan sarana pengekpresian watak baik secara fisik maupun psikis. 
  • Tahap Komplikasi 
Tahap komplikasi yang muncul diakibatkan konflik ini di tandai dengan reaksi pelaku dalam cerpen terhadap konflok.  Tahapan penjalinan konfik di mulai  dari munculnya konflik peningkatan konflik hingga konflik memuncak (klimaks),.
  • Tahap Evaluasi
Tahap evaluasi ditandai dengan adanya konflik yang mulai di arahkan pada pemecahannya .  Setelah konflik mencapai puncaknya tokoh (penulis) akan mengupayakan solusi bagi pemecahan konflik sehingga mulai tampak penyelesaiannya .  
  • Resolusi
Resolusi adalah suatu keadaan di mana konflik terpecahkan dan menemukan penyelesainnya.  Pada tahapan ini di tandai dengan upaya pengarang yang menggunakan solusi dari berbagi konflik yang di alami tokoh .  
  • Koda 
Koda yang merupakan bagian ahir cerita pendek yang di berikan oleh pengarang yang menyuarakan pesan moral sebagai tanggapan terhadap konflik yang terjadi, ada juga yang menyebut koda dengan istilah lain yaitu reorientasi.  Koda merupakan nilai - nilai atau pelajaran yang dapat di petik oleh pembaca dari sebuah texs sama halnya dengan tahapan abstrak  koda bersifat opsional

Pengertian Struktur Dan Kaidah Text Cerita Pendek - Demikian penjelasan tentang  Pengertian Struktur Dan Kaidah Text Cerita Pendek semoga bermanfaat buat teman - teman semua.  Terimakasih
Pengertian Struktur Dan Kaidah Text Cerita Pendek | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar