Pengertian Majas Alusio Dan Contoh Majas Alusio Lengkap

Pengertian Majas Alusio Dan Contoh Majas Alusio Lengkap - Bahasa Indonesia dikenal oleh dunia memiliki banyaknya bahsas istilah ( majas). Majas merupakan kata - kata yang mutlak untuk penulisan puisi dan cerita. Majas atau yang sering di sebut dengan kata kiasan memiliki arti yaitu bahasa indah yang kita gunakan baik itu secara lisan maupun tulisan yang berguna untuk memperindah susunan kalimat agar dapat menghasilkan efek bagi para pendengar atau pembaca.

Berdasarkan golongannya majas dibagi menjadi empat golongan yaitu majas perbandingan , majas pertentangan, majas pertautan dan majas perulangan atau penegasan.  Pada setiap jenis majas memiliki turunannya masing - masing.  Seperti pada golongannya atau jenis majas pertautan memiliki turunan yaitu majas sinekdode, majas metonimia, majas alusio, majas eufimisme.  Pada makalah saya kali ini saya akan membahas mengenai salah satu turunan dari majas pertautan yaitu majas alusio.

Majas Alusio Dan Contoh Majas Alusio

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian majas alusio.  Majas alusio adalah salah satu mjas turunan dari majs pertautan.  Pengertian majas alusio yaitu majs yang menggunakan kata - kata yang brkaitan dengan peristiwa umum yang terjadi atau juga bisa diartikan penggunaan kata umum yang bertujuan untuk menunjukan maksud.  Majas alusio sendiri sring disebut juga dengan majas kilatan.  Majas alusio sering menggunakan sampiran pantun yang isinya sudah diketahui dan sering menggunakan pribahasa yang sudah umum .  Seorang ahli berpendapat bahwa majas alusio yaitu majas yang memakai ungkapan yang tidak selesaikan hal ini dikarnakan sudah terkenal

Definisi lain mengatakan majas alusio adalah majas yang menggunakan kata yang saling berkaitan satu sama lain dengan kejadian umum yang terjadi atau suatu kata yang memiliki tujuan umum di dalam menunjukan maksud tertentu.  Pendapat lain mengatakanMajas alusio adalah majas yang secara tidak langsung menunjuk kepada tokoh , tempat atau peristiwa.

Contoh Majas Alusio
  • Apakah peristiwa di sampit akan terjadi lagi?
  • Ceritakan semua hal tersebut dengan jujur
  • kartini kecil itu sangat lucu sekali
  • Jogyakarta di kenal dengan kota gudeg
  • Budi jangan malu - malu kucing( mau - mau tapi malu)
  • Pencopet itu tak terlihat lagi batang hidungnya setelah dihakimi masa
Pengertian Majas Alusio Dan Contoh Majas Alusio - Demikian penjelasan tentang majas alusio. Telah di jelaskan majas alusio merupakan majas yang menunjukan tentang suatu peristiwa atau tokoh umum yang sudah diketahui orang.     Semoga bermanfaat untuk kita semua terimakasih.

Pengertian Majas Alusio Dan Contoh Majas Alusio Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar