Pengertian Dan Macam - Macam Akronim

Pengertian Dan Contoh Macam - Macam Akronim - Dalam bahasa indonesia kita mengenal dengan istilah akronim yang mana sebuah akronim dapat menyebabkan hilangnya kata yang di akronimkan. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas dengan istilah akronim,

Akronim adaalah singkatan dari dua kata atau lebih yang di perlakukan sebagai sebuah kata, penggunaan akronim sendiri bermacam - macam .  Berikut ini akan di jelaskan secara rinci berikut dengan contohnya.  Akronim sendiri di bagi menjadi berbagai macam yaitu :

  • Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal unsur - unsur nama diri.  Akronim ini di tulis secara kapital dan tanpa tanda titik
Contoh : 
1.  LIPI : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
2.  ABRI : Angkatan Bersenjata Republik Indonesia
3.  PASI : Persatuan Atletik Seluruh Indonesia
  • Akronim nama diri yang berupa singkatan dari beberapa unsur, di tulis dengan huruf awal kapital.
Contoh :
1.  Bulog : Badan Urusan Logistik
2.  Bappenas : Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
3.  Iwapi : Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia
  • Akronim bukan diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata, seluruhnya di tulis dengan huruf kecil
Contoh :
1.  Pemilu : Pemilihan Umum
2.  Rapim : Rapat Pimpinan
3.  Jurdil : Jujur dan Adil
4.  Cekal : Cegah dan Tangkal

Singkatan dan Akronim
Penulisan singkatan dan akronim sudah diatur dalam buku pedoman ejaan yang disempurnakan (EYD), Berikut pembahasan penulisan singkatan dan akronim yang sesuai aturan EYD.

Singkatan

  • Singkatan merupakan bentuk yang dipendekkan, yang terdiri atas satu huruf alias lebih, Macam-Macam Singkatan sebagai berikut :
  • Singkatan nama orang, nama gelar, sapaan, jabatan alias pangkat diikuti tanda titik. contoh: W.R. Supratman, Dr.
  • Singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan dan organisasi, dan nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tak diikuti tanda titik. Contoh: DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia)
  • Singkatan umum yang terdiri dari tiga huruf alias lebih diikuti satu tanda titik. Contoh: dll. (dan lain-lain), Yth. (Yang  terhormat)
  • Singkatan Lambang Kimia, singkatan satuan ukuran, takaran, timbangan, dan valuta tak diikuti tanda titik. Contoh: Cm (sentimeter), kg (kilogram)

Pengertian Dan Macam - Macam Akronim

Akronim

  • Akronim merupakan singkatan yang berupa perpaduan suku kata alias perpaduan huruf dan suku kata dari kata ditulis dengan huruf awal kapital. Macam-macam akronim sebagai berikut:
  • Akronim nama diri yang berupa perpaduan huruf awal dari kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital. Contoh: ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • Akronim nama diri yang berupa perpaduan suku kata alias perpaduan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal kapital. Contoh: Akabri ( Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), Kowani (Kongres Wanita Indonesia)
  • Akronim yang bukan nama diri yang berupa perpaduan huruf, suku kata, ataupun perpaduan huruf dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huruf kecil. Contoh: pemilu (pemilihan umum), rudal (peluru kendali)


Aturan Dalam Pembuatan Akronim :

Dalam pembuatan akronim terdapat beberapa aturan - aturan yang sebaiknya tidak di abaikan, beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan akronim :
  1. Jumlah suku kata dalam akronim tidak melebihi kata yang sudah lazim dalam bahasa indonesia.  Artinya tidak lebih dari tiga suku kata
  2. Akronim di bentuk dengan mengindahkan keserasian antara vokal dan konsonan yang sesuai dengan pola kata bahasa indonesia , yang lazim agar mudah di ingat
Terlalu banyak membuat akronim dapat menenggelamkan makna yang sudah ada terlebih dahulu.  Jika tidak benar - benar di butuhkan sebaiknya kita menghindari penggunaan akronim atau bisa menggunakan akronim yang sudah popular di masyarakat.


Pengertian Dan Macam - Macam, Akronim - Demikian beberapa contoh akronim dan jenisnya.  Semoga dengan artikel ini dapat membantu teman - teman semua. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Pengertian Dan Macam - Macam Akronim | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar