Pengertian Dan Contoh Makna Denotatif Dan Konotatif Lengkap

Pengertian Dan Contoh Makna Denotatif Dan Konotatif Lengkap - Dalam Bahasa indonesia kita di kenalkan dengan istilah makna denotatif dan konotatif. Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi mari kita pahami bersama sama tentang pengertian makna denotatif dan konotatif.

Pengertian Dan Contoh Makna Denotatif Dan Konotatif.

Makna denotatif adalah makna dalam alam wajar secara eksplisit.  Yang di maksut dengan makna wajar adalah makna yang sesuai apa adanya.  Sedangkan makna konotatif addalah suatu pengertian yang di kandung oleh sebuah kata secara objektif.  Makna denotatif juga sering di sebut dengan makna konseptual.  Kata makan, misalnya bermakna memasukan sesuatu ke dalam mulut , di kunyah, dan di telan, jadi makna makan seperti itu adalah denotatif

Makna konotatif adalah makna asosiatif , makna yang timbul dari sikap sosial, sikap pribadi, dan kreteria tambahan yang di kenakan pada sebuah makna konseptual.  Kata makan dalam makna konotatif untung atau pukul.

Makna - makna konotatif sifatnya lebih profesional dan operational dari pada makana denotatif.  Makna denotatif adalah makana yang umum .  Dengan kata lain , makna konotatif adalah makna yang di kaitkan dengan suatu kondisi dan situasi tertentu.

Contoh kalimat konotasi

1. Sertau menjadi anak emas di kelas.
2. Maria adalah anak kesayangan di dalam keluarganya.

Contoh kalimat nomor satu adalah kalimat konotasi, sebab kalimat tersebut mempunyai makna yang tersirat, yang dimaksud “anak emas” dalam contoh tersebut  bukan anak yang terbuat dari emas jadi tidaklah masuk akal. Maka, kalimat nomor satu adalah kalimat konotasi.

Contoh – contoh kalimat konotasi :
Fara nasib sebatang kara di kota rantau.
Sebatang kara = Sendirian

Tidak ada yang tahu bahwa Hamid adalah serigala berbulu domba.
Serigala berbulu domba = penjahat yang berpura – pura baik.

Wasapadalah terhadap musuh di dalam selimut!
Musuh dalam selimut = musuh yang berpura – pura menjadi kawan.

Banu tak menyadari bahwa dia telah jadi sapi perah oleh kawan – kawannya.
Sapi perah = Orang yang hanya dikegunaaankan saja

Pengertian Dan Contoh Makna Denotatif Dan  Konotatif Lengkap

Aku tak percaya dengan berita angin yang terdengar sekarang.
Berita angin = berita yang tak jelas informasinya

Vivi rela menjadi kambing hitam ketika ada persoalan itu.
Kambing hitam = orang yang rutin disalahkan

Budi besar kepala, itulah mengapa kawan – kawan menjauhinya.
Besar kepala = arogan
Kalimat Denotasi
Kalimat denotasi adalah kalimat yang merujuk terhadap makna yang sebetulnya. Maka yang dimaksud di sini adalah, kalimat denotasi tak menyembunyikan makna khusus alias mempunyai pengertian lain, sebab kalimat denotasi adalah memberi tau apa yang sebetulnya tertulis di dalam kalimat.

Kalimat denotasi tak sedikit dipakai pada teks ilmiah semacam jurnal, laporan ilmiah, laporan penelitian, serta lain – lain. Faktor tersebut sebab kalimat denotasi tak mempunyai ambigu alias tafsir ganda yang hanya terjadi pada kalimat konotasi.

Untuk membedakan apakah sebuahkalimat adalah kalimat konotasi alias bukan, adalah dengan menonton ke dalam konteks kalimat tersebut, apakah kalimat tersebut mempunyai makna ganda alias tidak. Jika mempunyai makna ganda, maka kalimat tersebut adalah kalimat konotasi.

Contoh Kalimat Denotasi

1. rama menyeret tetangganya ke meja hijau guna memperoleh pengadilan.
2. uri menaruh buku di atas meja hijau yang ada di ruangan itu.

Kalimat pertama yang ada di contoh di atas mempunyai makna ganda alias ambiguitas, apakah “meja hijau” adalah meja berwarna hijau ataukah sebetulnya ada faktor yang lain yang dimaksud. Sedangkan pada kalimat nomor dua, tak ditemukan keambiguitasan,
Maka, kalimat nomor dua adalah kalimat denotasi.

Contoh – Contoh Kalimat Denotasi :
1.    Aya mempunyai tangan yang panjang, lebih panjang dari tangan manusia umumnya.
2.    Kumbang Banteng mempunyai kepala yang keras jika dibandingkan dengan kumbang lainnya.
3.    Menonton pembantunya sedang mengepel lantai, Rani membawa kaki ke atas meja.
4.    Ular, kadal, serta berbagai tipe fauna reptil lainnya adalah fauna berdarah dingin.
5.    walikota meresmikan sebuah lapangan sepak bola baru yang diberi nama Lapangan Dada.

Contoh Makna Denotatif Dan Konotatif.

  • Penonton : pemirsa, pemerhati
  • Rumah : Gedung , wisma ,, graha
  • Kendaraan : Motor , mobil, kereta
  • Dibuat : dirakit, di buat,di ciptakan


Makna konotatif dan denotatif berhubungan erat dengan kebutuhan pemakai bahasa.  Makna denotatif adalah arti harfiah suatu kata tanpa ada satu makna yang menyertainya , sedangkan makna konotatif adalah makna kata yang mempunyai pikiran , perasaan dan lain lain yang dapat menimbulkan nilai rasa tertentu .  Dengan kata lain makna denotatif adalah makna yang bersifat umum, sedangkan makna konotatif lebih bersifat pribadi dan khusus

Kalimat di bawah ini menunjukan hal itu :
  • Saya adalah wanita cantik (denotatif)
  • Saya adalah wanita cantik (konotatif)

Kata cantik lebih umum di gunakan daripada kata manis.  Kata cantik akan memberikan gambaran umum tentang seorang wanita akan tetapi dalam kata manis terkandung suatu maksud yang lebih bersifat memukau perasaan kita.  Nilai kata - kata dapat bersifat baik dan dapat pula bersifat jelek. Kata - kata yang berkonotasi jelek dapat kita sebutkan seperti kata tolol(lebih jelek dari bodoh. Gubuk lebih jelek dari rumah.  Pada pihak lain kat kata itu dapat pula mengandung arti kiasan yang terjadi dari makna denotatif referan lain.makna yang di kenakan kepada kata itu dengan sendirinya akan ganda konteks yang lebih berperan dalam hal ini.
  • Sejak lima tahun yang lalu dia membanting tulang untuk memperoleh kepercayaan masyarakat
Kata membanting tulang (makna denotatif adalah membanting sebuah tulang ,mengandung makna bekerja keras yang merupakan sebuah kata kiasan.  Kata membanting tulang dapat kita masukan ke dalam golongan kata yang bermakna konotatif.  Kata - kata yang di pakai secara kiasan pada suatu kesempatan penyampaian seperti ini di sebut idiom atau ungkapan.  Semua bentuk idiom atau ungkapan .  Semua bentuk idiom atau ungkapamnn tergolong dalam kata yang bermakna konotatif. 
  • Keras Kepala, Panjang tangan, sakit hati
Pengertian Dan Contoh Makna Denotatif Dan  Konotatif Lengkap - Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian dan contoh makna denotatif dan konotatif semoga bermanfaat, Terimakasih
Pengertian Dan Contoh Makna Denotatif Dan Konotatif Lengkap | widia muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar