Fungsi Dan Pengertian Hemoglobin Pada Tubuh Manusia Lengkap

Fungsi Dan Pengertian Hemoglobin Pada Tubuh Manusia Lengkap - Fungsi dan pengertian hemoglobin pada tubuh manusia. Hemoglobin adalah jenis protein yang terkandung dalam darah yang memiliki zat besi yang tinggi.  Hemoglobin dapat menggabung kan oksigen oksigen dalam darah menjadi oxihemoglobin dalam darah.  Dan kemudian darah mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh yang membutuhkan yang bermula dari paru - paru. Hemoglobin merupakan molekul darah yang terdiri dari heme(zat besi) dan rantai polipepitida globin(alfa,beda,dan deta) yang berada dalam sel darah merah tang berfungsi mengangkut oksigen.

Hemoglobin merupakan pigmen pemberi warna merah dalam darah sekaligus media pembawa oksigen dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

  • Jumlah Hemoglobin Dalam Darah 
Dalam tubuh manusia Harus terdapat -+ 15 gram hemoglobin per 100 gram daram atau sekitar 5 juta sel hemoglobin per satu sel per mililiter sel darah merah.  Pengukuran hemoglobin secara reaksi kimia yang berjumlah Hb per ml darah dapat di gunakan sebagai petunjuk kadar oksigen yang ada di dalam darah.  Apabila tubuh mengalami kekurangan hemoglobin bisa menyebabkan kekurangan darah atau anemia yang biasanya di tandai dengan sesak nafas , puing , letih dan wajah pucat.  Namun apabila kelebihan hemoglobin akan mengakibatkan pengentallan dan menyumbat pembuluh darah ateri.  Penyubatan pembuluh darah dapat meneyebabkan stroke atau jantung.
  • Kadar Heemoglobin
hemoglobin merupakan suatu ukuran pigmenrispiratorik yang terdapat di dalam butiran - butiran sel darah merah.  Kadar hemoglobin tang ada di dalam tubuh normal bisanya kurang lebih 15 gram pada tiap 100 ml sel darah merah atau biasanya juga dsebut sebagai kadar hemoglobin 100%.  Namun perbedaan suku bangsa juga mempengaruhi kadar hemoglobin di dalam tubuh manusia. 
Fungsi Dan Pengertian Hemoglobin Pada Tubuh Manusia Lengkap

  • Struktur Hemoglobin
Hemoglobin merupakan metaloprotein yang ada di dalam sel darah manusia dan mamalia yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen.  Struktur hemoglobin terdari dari molekul hemoglobin yang di susun dari globin , apoprotein , dan empat gugus home yang merupakan satu satuan melekul organik di dalam zat besi. Dan jika terjadi mutasi sel hemoglobin akan menyebabkan tingkat hemoglobin turun dan membuat tubuh akan terkena penyakit hemoglobinapati seperti penyakit anemia dan talesemia.
  • Fungsi Hemoglobin
Fungsi hemoglobin dalam sel darah merah adalah hal yang sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.  Apabila tubuh kekurangan hemoglobin akan menjadi lemas karna tidak mendapatkan oksigen sedangkan jika terdapat kelebihan hemoglobin akan membuat penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan penyakit stoke.
  1. Membawa zat kabondiaksida yang terdapat dalam tubuh untuk kemudian di buang ke udara bebas melalui paru - paru
  2. Hemoglobin yang ada di sel darah merah juga berfungsi sebagai pengambil oksigen dari paru paru membawanya keseluruh bagian tubuh untuk memberikan energi pada tubuh.
  3. Mengatur pertukaran oksigen dengan kabondioksida pada seluruhjaringan tubuh
Fungsi Dan Pengertian Hemoglobin Pada Tubuh Manusia Lengkap - Demikian sedikit tentang fungsi dan oengertian hemoglobin pada tubuh manusia.  Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi teman teman semua tentang fungsi dan pengertian hemoglobin bagi tubuh.  Terimakasih.
Fungsi Dan Pengertian Hemoglobin Pada Tubuh Manusia Lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar