jenis jenis laporan keuangan dalam akutansi dan pengertiannya secara lengkap

jenis jenis laporan keuangan dalam akutansi dan pengertiannya - Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang laporan keuangan pada perusahaan dagang. pada laporan keuangan memiliki chiri khas yaitu adanya akun persediaann barang dagang , perdedian barang dagang muncul akibat oembelian barang dagang dan penjualan barang dagang.
jenis jenis laporan keuangan dalam akutansi dan pengertiannya
  1. Laporan Laba dan Rugi adalah laporan yang berisi tentang informasi pemasukan atau pendapatan dan pengeluaran biaya dari transaksi keuangan suatu perusahaan dalam priode tertentu dengan total pendapatan yang lebih besar dari total biyaya atau bebean.  Laporan laba dan rugi di bentuk untuk mengetahui laba atau rugi yang di terima oleh perusahaan .  Laporan laba dan rugi dapat di bentuk dalam bentuk singgle step dan multiple step.  Laporan laba dan rugi perusaaan dagang berbentuk singgle step adalah laporan laba dan rugi yang di sajikan tanpa membedakan pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha.  sedangkan perusahaan dagang berbentuk multi step adalah laporan laba dan rugi yang di sajikan dengan cara memisahkan pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha serta memisahkan beban usaha dan beban di luar usaha.
  2. Laporan Perubahan Modal adalah iktisar tentang perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi selama priode tertentu yang di tentukan.  Laporan perubahan modal merupakan pelengkap atas penyajian laporan keuangan secara keseluruhan .  Dalam laporan perubahan terdapat modal awal,laba an rugi, dan modalll akhir.  Laporan perubahan modal biasanya di susun ketika terjadinya kenaikan modal karna perusahaan menerima laba atau pengurangan modal karna perusahaan mengalami rugi sehingga dapat di ketahui moodal ahir,
Contoh : 
                                                                 PD Asoka Lampung
Laporan Perubahan Modal 
per 32 Deember 2015
(dalam ribuan rupiah)

                                                                                                                                                                   

Modal Awal                                                                                                         171.025
Saldo Laba Bersih                                                  13.160
Pengambilan Prive                                                    1.000
                                                                                                
Pertambahan Modal                                                                                               12.160
                                                                                                                                                +
Modal , 31 Desember 2015                                                                                  183.185

                                                                                                                                                                   

Berdasarkan Laporan keuangan perubahan modal tersebut, PD asoka Lampung memiliki modal ahir ( 31 Desember 2015 ) sebesar Rp 183.185.000,00 .PD Asoka Lampung Menerima tambahan modal sebesar Rp 12.160.000,00 selam periode berjalan.


3.  Neraca adalah
laporan keuangan yang menunjukan posisi keuangan perusahaan pada ahir priode.  Neraca bermanfaat untuk mengetahui besarnya harta uang dan modal perusahaan pada priode tertentu , selain itu pengguna informasi keuangan dapat mengambil kebijakan terkait masa depan perusahaan.
   
 Bagian utama dalam neraca adalah harta, utang, dan modal . penyajian laporan neraca di lakukan dengan mencatat harta lancar terpisah dari hata tetap.  Laporan neraca dapat di sajikan dalam bentuk stefel dan skontro , neraca bentuk stefel menyajikan harta utang secara berurutan dari atas ke bawah.  Neraca bentuk skontro adalah lporan keuangan tentang harta dan utang yang di sajikan secara bersebelahan.

jenis jenis laporan keuangan dalam akutansi dan pengertiannya - Demikian pembahasan singkat tentang laporan keuangan akutansi semoga bermanfaat bagi teman - teman semua. Terimakasih
jenis jenis laporan keuangan dalam akutansi dan pengertiannya secara lengkap | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar