Ciri Ciri, contoh Prosa dan Pengertian Lengkap dan jelas

Ciri Ciri, contoh Prosa dan Pengertian Lengkap - Dalam bahasa indonesia kita mengenal dengan istilah Prosa yang memiliki arti karya puisi bila di lihat secara detail prosa adalah suatu karya yang sejenis dengan puisi. Disini saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri , contoh prosa dan pengertian prosa secara lengkap. Dalam istilah sastra prosa di sebut dengan fiksi, sedangkan fiksi sendiri memiliki arti yaitu sebuah cerita rekayasa yang memiliki arti kebenarannya tidak terbukti.

Ciri Ciri, contoh Prosa dan Pengertian Lengkap dan jelas

Ciri Ciri, contoh Prosa dan Pengertian Lengkap dan jelas

Secara umum prosa di bagi menjadi beberapa jenis dan memiliki turunan sendiri.  Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan Ciri Ciri, contoh Prosa dan Pengertian Lengkap dan jelas.

     1.  Prosa Lama
Prosa lama adalah prosa yang belum terdapat pengaruh dari budaya luar atau barat.  Pada dasarnya prosa lama adalah prosa yang masih alami atau murni.  Pada prosa lama biasanya berbentuk lisan karna pada jaman dahulu belum memiliki alat tulis senhingga prosa lama di buat dengan bentuk lisan. Seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu teknologi prosa lama dapat di jumpai dengangn bentuk tulisan.  Prosa lama sendiri memiliki beberapa turunan yaitu :

Hikayat adalah merupakan tulisan yang memiliki arti tentang kehidupan dari para raja raja , dewi dewi dan lain lain,  pada cerita yang terdapat dalam hikayat merupakan hikayat nabi sulaiman , hikayat raja bijak bijak, dan lain lain.
  1. Sejarah (tambo ) adalah orosa lama yang berisikan tentang peristia peristiwa tertentu. Pada prosa lama(sejarah) biasanya berisikan tentang bumbu-bumbu makanan sebagai penyedap dalam cerita sehingga menghasilkan cerita yang lebih menarik untuk di baca dan di dengarkan . Contoh dari sejarah dalam prosa lama adalah sejarah melayu yang di tulis oleh tun sri lanang pada tahun 1612  
  2. Kisah adalah cerita pendek, bisasanya berisikan tentang sebuah petualangan , perjalanan orang orang pada jaman dahulu. Contoh dari kisah : Kisah Raja Abdullah menuju kota mekkah. Dongeng merupakan tulisan yang berisikan tentang khayalan masyarakat pada jaman dulu. Dongeng sendiri memiliki benerapa jenis yaitu : mitos, legenda, sage, jenaka atau pendir. Salah satu contohh dari dongeng adalah Dongeng Abunawas, Dongeng si Pendir, merupakan 
  3. Prosa Baru adalah prosa yang sudah mendapat tambahan tambahan atau pengaruh dari budaya luar.  [rosa baru muncul setelah prosa lama di anggap sudah tidak sesuai dengan jaman atau atau kuno.  Prosa lama memiliki tutunan atau jenis yaitu : Prosa yang menceritakan tentang kehidupan seseorang, prosa roman ini menceritakan tentang kehidupan yang secara utuh dan menyeluruh di mulai dari lahir sampai kematiannya.  contoh prosa baru : Layar Tak Terkembang Karya Sultan Takdir Ali Syahbana.
  • Novel adalah tulisan yang panjang. yang berisikan tentang kehidupan yang secara utuh dah menyeluruh dari lahir sampai kematian. Contoh Prosa jenis roman ini adalah Laskar pelangi, Sang Pemimpin 
  • Cerpen adalah tulisan yang menceritakan sebuah pengalaman , contoh dari cerpen adalahRobohnya suara kami karya A.A Navis, Keluarga Gereliya karya Pramoedya Ananta yang berisikan kisah pengalaman hidup seseorang yang bersumberkan dari kisah nyata . Bisanya nya tokoh di buat dari sorang tokoh yang terkenal yang dapat menginspirasikan banyak orang dan pembaca. 
     4.  Esai adalah prosa yang bersifat pendapat pribadi terhadap sesuatu yang menjadi pokok                         pembahasan

Ciri Ciri, contoh Prosa dan Pengertian Lengkap dan jelas - Dari hasil penjelasan yang telah saya jabarkan di atas kita bisa dapatkan kesimpulan bahwa prosa adalah sebuah tulisan yang berbentuk cerita yang sifatnya bebas dan tidak terikat oleh rima, irama dan memiliki bunyi selayaknya puisi.  Prosa sendiri memiliki dua buah jenis yaitu prosa lama dan prosa baru.  Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi teman teman semua.
Terimakasih telah berkunjung


Ciri Ciri, contoh Prosa dan Pengertian Lengkap dan jelas | widia muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar