Pengertian Sistem Ekskresi Pada Manusia


Sistem Ekresi Ginjal Pada Manusia : Suatu proses pengeluaran zat sisa metabolisme, Baik berupa zat gas maupun zat cair.  Zat zat ini dapat menggangu bahkan meracuni tubuh kita apabila tidak di keluarkan. Ada juga yang di beri nama sekresi dan defaksi : pengeluaran oleh sel dan juga  kelenjar yang berupa getah . sedangkan defeksi adalah sisa hasil proses pencernaan yang ebrupa fasess melalui anus.

Ginjal
Bagian Bagian Ginjal : setiap manusia memiliki masing masing spasang ginjal yang mana terdapat pada rongga perut sebelah kanan dan kiri ruans tulang belakang. Pada umumnya letak ginjal sebelah kanan lebih rendah dari pada sebelah kiri, karna di bagian sebelah kanan terdapat hati yang berukuran lebih besar.. Ginjal berbentuk seperti biji kacang yang berwarna merah agak ke ungu unguan yang panjang nya 10 cm dan beratnya 200 gr. Ginjal di bungkus oleh sejenis selaput yang di sebut dengan kapsul. 

Fungsi fungsi Ginjal :
Mengatur dan juga mempertahankan keseimbangan air di dalam tubuh
Untuk menjaga tekanan osmosis dengan mengatur konsentrasi garam di dalam tubuh.
Zat zat metabolisme dari dalam darah yang di keluarkan dalam bentuk urine akan di saring oleh ginjal
Mengeluarkan kelebihan aasam ataupun basa melalui urine yang dapat mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa

Bagian Bagian Ginjal :
Medula(sumsum Ginjal ) terdiri atas beberapa badan yang berbentuk seperti piramida( kerucut) .  Di daerah ini terdapat lengkung henle yang alkan menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal
Korteks(kulit Ginjal ) yang terdiri dari badan malphigi ini terdapat jutaan nefron. Badan ini tersusun oleh glomerulus yang telah di selubungi kapsula bowman da joug tubulus atau saluran yang terdiri dari tubulus , kontortus, tubulus proksimal dan yang yang terahir tubulus kolektivus
Rongga(pelvis ) tempat mearanya tubulus yaitu penampungan urine untuk sementara yang nantinya akan di alirkan menuju kandung kemih dilalui utera dan akan di keluarkan tubuh melalui utera

Zat zat yang terdapat dalam Urine:
Asam Urat, dan amonia merupakan sisa pembongkaran protein
Yang memberikan Warna  Kuning pada urine itu empedu
Air kurang lebih 95%
Zat yang berlebihan bersifat racun
Garam
Untuk enjelasan tentang ginjal saya rasa cukup, anda bisa melihat gambar dan fungsi kerjanya, saya harap ini dapat membantu.terimakasih telah mengunjungi 

kulit 
Google Image

Fungsi kulit untuk manusia:
Sebagai indra peraba.
Untuk mengatur suhu badan.
Tempat untuk menyimpan kelebihan lemak.
Alat yang digunakan untuk pengeluaran atau ekskresi dalam bentuk keringat.
Pembentukan Vitamin D dari provitamin D dibantu dengan sinar matahari.


1. Lapisan Kulit Ari ( Epdermis )

Ini merupakan bagian yang paling luar yang sangat tipis. Bagian ini terdiri dua lapisan, apa saja?
a.  Stratum korneum atau lapisan tanduk.
Lapisan ini lapisan paling luar dan tersusun oleh sel-sel yang telah mati atau mudah terkelupas. Tidak memiliki pembulu darah dan juga syaraf, jika lapisan ini mengelupas tidak akan terasa sakit dan juga tidak akan mengeluarkan darah.
b. Lapisan malphigi
Tersusun oleh sel-sel hidup, terdapat pigmen (pijmen) yang mampu memberikan kecerahan atau warna kulit dan akan melindungi dari sengatan sinar matahari, yang terdapat di ujung syaraf

Paru Paru :
Google Image

Fungsi paru-paru:
Sebagai pertukarannya oksigen dan juga karbon dioksida . fungsi dari paru-paru ini diantaranya untuk menjaga keseimbangan asam basa didalam tubuh kita. Apabila terjadi acidosis, tubuh akan mengkompensasi dengan mengeluarkan banyak sekali karbon dioksida yang bersifat asam keluar tubuh.

Apa biasanya gangguan pada paru-paru ini?
Sesak nafas ataupun asma ini disebabkan karena alergi terhadap benda-benda yang masuk kedalam lubang hidung seperti debu misalnya.
Kanker paru-paru ini disebabkan oleh kebiasaan orang yang merokok atau juga terlalu banyak menghirup debu asbes, produk petroleum, dan juga radiasi ionisasi yang akan memperngaruhi pertukaran das di paru-paru kita.
Emfisema, emfisima ini adalah penyakit pembekakan alveolus yang dapat menyebabkan saluran pernafasan menyempit

Hati 
Google Image

Hati ini dapat mengeluarkan Urea dan anomia jadi hati ini termasuk salah satu alat ekskresi manusia, hati ini berwarna merah kecoklatan dengan berat sekitar 2 Kg, dan terletak dirongga perut bagian kanan dibawah diafragma.

Fungsi hati
Menyimpan glikogen atau gula otot, dari hasil glukosa karena hormon insulin.
Dapat menetralkan racun didalam tubuh.
Mengubah provitamin A menjadi Vitamin A.
Untuk pembukuan darah.
Tempat pembentukan janin dan sel darah merah.
Sebagai organ ekskresi yang tugasnya untuk memodifikasi eritrosit atau sel darah merah.
Tempat untuk pembentukan anomia dan urea yagn asalnya dari pemecahan protein yang telah rusak kemudian dikeluarkan melalui urin.
Pengertian Sistem Ekskresi Pada Manusia | widia muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar