Pengertian dan Contoh kalimat Majemuk setara, Rapatan, bertingkat dan campuran


Pengertian dan Contoh kalimat Majemuk - Dalam Bahasa indonesia sering kita temui istilah kata,dan jenis jenis Kalimat. Dari kalimat tanya,perintah Kalimat langung , kalimat majemuk dan lain lain. Kalimat  majemuk adalah kalimat yang yang terdidiri dari dua gabungan pola kalimat atau lebih yang di gunakan dengan kata penghubung.

Kalimat majemuk sendiri di bagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

  1. Kalimat Majemuk setara 
  2. Kalimat Majemuk Rapatan
  3. Kalimat Majemuk Bertingkat
  4. Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat Majemuk setara : 
  • kalimat majemuk setara merupakan gabungan dari kalimat yang kedudukannya setara. Adapun kata penghubung yang di gunakan dapat berupa dan,atau, sedangkan, lalu, kemudian dan bahkan
Pengertian dan Contoh kalimat 

Contoh Kalimat Majemuk setara :
  • Ibu pergi ke kantor sedangkah ayah pergi ke kebun. Jadi di dalam kalimat tersebut terdapat 2 buah kalimat yang di hubung kan dengan kata atau, antara ibu pergi ke kantor vs ayah pergi ke kebun.

Kalimat Majemuk Rapatan : 
  • Kalimat majemuk rapatan adalah kalimat majemuk yang berupa gabungan dari beberapa kalimat dengan cukup menyebutkan sekali saja pada bagian yang sama.
Contoh  Kalimat Majemuk rapatan :
  • Ayah membeli rumah, mobil dan motor dalam satu tahun. Terdapat beberapa gabungan kata yang terdiri : ayah membeli rumah, mobil, dan motor.

Kalimat Majemuk Bertingkat : 
  • kalimat majemuk bertingkat adalah gabungan kalimat yang kedudukannya tidak setara. Dalam kalimat majemuk bertingkat terdapat induk dan anak kalimat di dalam nya
.
Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat :
  • Jika dian banyak uang, dia akan membeli mobil baru.  Ayah pulang dari kebun ketika dian sedang tidur.

Kalimat Majemuk Campuran :  
  • Kalimat majemuk campuran adalah kalimat gabungan dari kalimat majemuk setara,  rapatan , dan bertingakat . Kalimat Majemuk campuran paling harus tidak memiliki tiga kalimat tunggal.

Contoh kalimat Majemuk campuran: 
  • ketika ayah pulang dari kebun, ibu sedang memasak dan adik sedang bermain di taman..dalam kalimat di atas terdapat tiga kalimat tunggal yaitu : 1 ketika ayah pulang dari kebun, 2 ibu sedang memasak, 3adik sedang bermain di taman.
Pengertian dan Contoh kalimat Majemuk setara, Rapatan, bertingkat dan campuran - Demikian pembahasan singkat pengertian dan contoh beberapa jenis kalimat .  Semoga pembahasan diatas dapat memberikan manfaat bagi teman - temnan semua.  Terimakasih

Pengertian dan Contoh kalimat Majemuk setara, Rapatan, bertingkat dan campuran | Widia Muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar